Ambient on/off

Sign up

 

Continue

Continue By creating an account you agree to the Terms of Service & Privacy Policy

[eINDONESIA]Laporan Pertanggung Jawaban Presiden Periode November-Desember 2012

Day 1,843, 04:52 by Eraclev


Assalamualaikum Wr. Wb.
Salam Sejahtera bagi seluruh Rakyat eIndonesia

PEMBUKAAN
Semangat eIndonesia,,

Pertama-tama, saya ucapkan selamat kepada Presiden eIndonesia terpilih periode Desember - Januari 2012/2013 yang masih dalam penyeleksian admin http://www.erepublik.com/en/main/presidential-elections dan kemungkinan besar si bujel, selamat bertugas dan semoga bisa membawa eIndonesia ke arah yang lebih baik lagi..

Tidak lupa juga saya mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh anggota kabinet periode November - Desember 2012, saya merasa senang & bangga bisa memiliki kesempatan untuk bekerja sama dengan kalian kerja kalian walau tanpa gaji dan dana yang minimal dapat membuat perubahan yang signifikan terhadap eIndonesia.

Terimakasih kepada seluruh rakyat eIndonesia yang telah mendukung, mengkritik dan memberikan saran kepada saya baik langsung maupun tidak langsung.. Tidak lupa saya meminta maaf yang sebesar-besarnya jika melakukan kesalahan-kesalahan dalam pemerintahan saya kali ini..
Dan tidak lupa kembali meminta maaf secara personal kepada semua yang merasa dirugikan atas blunder akhir bulan di pencalonan miss eIndonesia untuk CoT..


Berikut akan saya paparkan Laporan Pertanggung Jawaban sebagai presiden eIndonesia periode November - Desember 2011.

Untuk program kerja dapat dilihat disini

6 Desember 2012
Demon war
President of eIndonesia


LUAR NEGERI DAN MILITER
A. LUAR NEGERI
Pada periode November-Desember 2012, saya menginginkan agar eIndonesia diterima menjadi full member CoT bukan lagi menjadi trial member. Tujuan bergabungnya kita ke dalam salah aliansi adalah agar kita memiliki kejelasan sikap dan tujuan. Namun walau menjadi bagian dari suatu aliansi saya juga tidak mau meninggalkan kawan lama seperti Hungary dan Serbia oleh sebab itu saya membuat kerjasama militer dengan Hungary dan Serbia dengan membuat IHSM (Indonesia Hungary Serbia dan Macedonia) Hal ini saya lakukan dengan mengadakan pembicaraan intensif dengan perwakilan dari tiap negara dan sebelumnya mereka juga sudah memberitahu bahwa akan membuat aliansi baru yaitu TWO yang baru dalam tahap pembentukan dan menawarkan LiGAP namun keteguhan hati LiGAP tetap bertahan pada keputusan sebelumnya..

Menteri Luar Negeri memainkan peranannya dengan baik, mulai dari berdiskusi dengan seluruh perwakilan pemerintahan negara lain, aliansi maupun dengan musuh yang sedang berperang dengan teman lama atau kawan kita.. MoFA berperan aktif baik dalam kebijakan politik luar negeri kita juga dalam membuat event Internasional dan ikut andil dalam dunia Internasional baik dalam cara artikel, penyelesaian masalah dan lain-lainnya..
Untuk kembali membuka kedutaan besar di negara lain terlaksana dengan kesiapan dari calon duta besar kita yang sangat mapan. Untuk kedepannya saya tetap berharap program kerja pembentukan kedutaan besar luar negeri tetap diperlukan sehingga Menteri Luar negeri tidak bergerak secara one man show, yang akan membuat siapapun orang yang diberi jabatan kewalahan dalam melaksanakannya..

Persahabatan dengan negara-negara lain pun terlaksana dengan cukup baik dengan menambah beberapa MPP yang lama tak dipunyai seperti South Korea dan Japan.. Terimakasih dari berbagai negara diterima eIndonesia pada periode ini, sehingga membuat hubungan eIndonesia dengan negara lain jauh lebih dekat.. Berkat jalur diplomasi dan koordinasi dengan luar kita berhasil, Mempertahankan negara kesatuan republik eIndonesia dari gempuran negara lain yang mencoba menyerang dan mengganggu (USA, Croatia, Philiphina, dan jika ada negara lain yang menyerang)..

...SARAN...
1. Pemerintah bulan ini sudah diterima penuh menjadi anggota CoT sehingga tugas presiden berikutnya untuk menjaga kondisi ini..
2. Diplomasi dengan USA dan Brazil telah dilakukan tinggal presiden berikutnya memutuskan ingin mendekat atau menjauh
3. Seluruh negara CoT dan TWO sudah siap membantu eIndonesia berperang jika eIndonesia ingin berperang (hal ini sudah ditanyakan dengan semua pihak dan LiGAP, Bulgaria-Chile dan TWO lah yang paling semangat ingin membantu)

B. MILITER
Di bidang militer, saat ini TNeI tengah dalam masa perbaikan dalam sistem transparansi, order dan sistem manajemen.. Dalam tubuh TNeI sendiri saat ini terdiri dari Kurang-lebih 500 member terbagi dalam 4 Divisi, Jumlah yang tidak sedikit dan sangat membahagiakan untuk sebuah MU Nasional.. Perang besar kemarin dengan croatia yang tertunda karena tidak adanya dukungan dana membuat harus mengagalkan proker ini..
Order pemerintahan yang di UPDATE S.E.R.I tidak pernah telat terimakasih kepada Head MoD eIndonesia yang telah bekerja sebaik-baiknya agar dapat melakukan update koran order..

Total dana TNeI yang sangat besar sebesar 500000 IDR dimana lebih dari 50% total pemakaian anggaran pada bulan ini memang tak terelakan walau sudah dikurangi 100000 IDR masih tetap tidak bergerak dari sisi lebih dari 50% dana anggaran..

Untuk pembagian logistik #lograk, langkah yang dilakukan adalah dengan pembagian logistik hanya dilakukan di IRC, sehingga akan terlihat para pemain yang aktif dan tidak, cukup banyak yang datang..

Pembuatan AMC dan Brigade Mobile pada periode ini dilakukan agar para tentara muda ini disiplin dan sudah mengetahui segala bentuk informasi yang harus diketahui dengan mulai mengikuti jenjang AMC dan mulai belajar untuk berkoordinasi di IRC. Untuk order, langkah yang dilakukan adalah set order dari commander TNeI, sehingga dengan demikian diharapkan bahwa order terfokus..

1. Meningkatkan kerja TNeI sebagai MU Nasional Negara
2. Gagalnya Pengusiran croatia dari asia tenggara
3. Berhasil Mempertahankan negara kesatuan republik eIndonesia dari gempuran negara lain yang mencoba menyerang dan mengganggu (USA, Croatia, Philiphina, dan jika ada negara lain yang menyerang) dengan jalur diplomasi
4. Koordinasi aktif dari MoD terkait militer negara
5. Mendapatkan Mindanao untuk resourcess kita
6. TW dengan negara-negara tetangga
7. Aktif di Militer Luar Negeri

...SARAN...
1. Terus tingkatkan transparansi dan kerja dari TNeI sebagai MU Nasional Negara, selalu tanya apa kendala dan masalah yang di dapat..
2. Karena anggaran dana yang di tabung sudah cukup banyak maka silahkan pergunakan untuk pengusiran ini..
3. Ada NAP dengan Croatia-Malaysia-China dan RoC yang dapat di perpanjang atau di batalkan..
4. Sudah dilakukan pembicaraan dengan Chile untuk memberikan Northern Teritory kepada eIndonesia pada bulan ini secepatnya untuk mengambil resourcess SaltPetter..


EKONOMI
Di bidang ekonomi, saya akui periode ini mengalama masa yang mengecewakan.. Melesunya market ditambah dengan sempat naiknya gaji pegawai dan sepinya job market mewarnai masa periode saya.. Hal ini disebabkan oleh tidak adanya perang besar yang menyedot raw, tank, food dan lain-lain di pasaran eIndonesia untuk biaya tangking dan logistik, selain untuk war harian. Meskipun di 10 hari terakhir beberapa masalah mulai dipecahkan dengan cara
1. Intervensi Pasar
2. Kerjasama dengan pengusaha untuk mengisi job market

Pada bulan ini dilakukan dana penghematan dan transparansi dana dimana dari awalnya Anggaran http://tinyurl.com/AnggaranNov12 diminta dana sebesar 1740000 IDR namun hanya di realisasikan sebesar 1530000 yang dikirim ke NBeI melalui donate proposal..

dan dari 1530000 hanya digunakan 899894 IDR atau 58,82% dari keuangan yang dipakai sehingga sisa di NBeI adalah sebanyak 630106 IDR dan sisa 50000 IDR pada bulan sebelumnya di NBeI tertera http://www.erepublik.com/en/economy/citizen-accounts/1206160 435106 IDR dan sisa 200000 IDR ada di dalam Monex..

Dari sini artinya di NBeI kita mempunyai 635106 IDR dan didalam treasury ada 524998 IDR yang artinya kita sudah memiliki tabungan 635106 + 524998 IDR = 1160104 dari total 2060000 Pendapatan kotor Indonesia pada bulan ini dari perhitungan (150000(dipakai memperbaiki MPP)+1530000(didonate ke NBeI)+524998(Ada di Treasury))..

Total simpanan dana :: 1160104 IDR
Total dana NBI terakhir dipegang ::
- IDR 635106 (435106 IDR di Dalam NBI dan 200000 IDR di Monext)
- Gold 544,60

1. Gagal memperbaiki ekonomi
2. tax tetap (sambil diamati dan dikaji ulang jika bermasalah atau kurang maksimal)
3. Melakukan dana penghematan pemakaian dalam RAPBN dengan total simpanan dana 1160104 IDR
4. Gagal meningkatkan ekonomi dengan cara langsung dan tidak langsung
5. Membuka keran sumbangan demi meningkatkan kas negara baik langsung maupun tidak langsung

...SARAN...
1. Pilihannya adalah menggunakan dana tersebut atau tetap menghematnya namun karena sudah cukup banyak penghematan dan apa lagi dibulan inipun kita akan mendapatkan dana dengan asusi 60000 IDR perhari dikali 30 hari = 1.800.000 jika tax tetap kalau tax diganti maka bisa naik bisa turun tergantung situasi dan perhitunga.. maka sudah cukup untuk kembali menyisakan minimal 500000 IDR pada pemerintahan selanjutnya artinya memakai 2960104 IDR(termasuk memperbaiki 15 MPP) pada bulan ini kalau memang perang yang benar-benar besar terjadi..

2. Untuk kedepannya diharapkan metode ini tetap dijalankan demi menjamin transparansi dan meminimalkan terjadi nya kebocoran dana pemerintah, dan pemegang akun NBI sebaiknya hanya presiden dan gubernur NBI sehingga jika terjadi sesuatu lebih mudah melacaknya. Pertanggung jawaban secara detail dapat dilihat di artikel ini


SOSIAL, POLITIK, DALAM NEGERI, KOMUNIKASI-INFORMSASI DAN PENDIDIKAN-IPDN dan ReRI
A. Sosial, Politik dan Pemuda
Sosial dan Politik berisikan proker membuat event sosial untuk mendekatkan diri sesama warga negara eIndonesia melalui event narsis dari mensospol walau peminatnya cuma 7 orang tapi acara ini berhasil dilaksanakan tanpa kendala..

Kemudian mensospol juga membuat room #ketua-partai untuk digunakan pada masa pemerintahan berikutnya sebagai dasar untuk berkonsultasi jika ada masalah yang harus diselesaikan bersama dengan ketua-ketua partai di eIndonesia namun belum sukses dilaksanakan karena telat di publikasikan oleh MensosPol..

Menteri pemuda melaksanakan tugasnya dengan baik dengan selalu melakukan PM ke pemain baru untuk mengarahkan dan memberikan tutorial-tutorial terkait game eRepublik dan juga mengkoordinasikan pemuda-pemuda eIndonesia untuk ikut andil dalam pemerintahan, kongres dan maupun aktif di partainya sendiri..

B. Dalam Negeri dan Komunikasi-Informasi
Didalam negeri sendiri timbul banyaknya artikel kritikan dan saran terhadap pemerintahan ini, sesungguhnya memang banyak masalah yang terjadi karena memang manusia apapun tidak luput dari kesalahan baik di RL dan Game.. Namun, bekerja tanpa kenal lelah dan selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk eIndonesia dan komunitasnya itulah hal yang utama.. Kepemimpinan siapapun pasti ada pro dan kontra karena manusia itu adalah mahluk yang dinamis.. Saya ucapkan terimakasih untuk semua masukan, kritikan dan sarannya semoga bermanfaat untuk saya kedepannya baik di RL ataupun di game ini..

Menteri dalam negeri membuat perlombaan dan sensus penduduk yang selesai dilaksanakan dan hanya tinggal dilakukan publikasi terkait masalah ini terkait pemain-pemain erepublik.. Mendagripun tidak gentar menyuarakan untuk politik sehat dan persatuan eIndonesia..

Dalam segi komunikasi dan Informasi belum ada perbaikan dalam twitter admin erepindo karena focus dari Menkominfo saat ini adalah meningkatkan media dengan analisis dan poster-poster acaranya berlangsung meriah hanya di analisa pertahanan dan cukup meriah di poster namun mengecewakan di lomba kepahlawanan..

C. Pendidikan, IPDN dan ReRI
Pemerintahan bulan ini sudah melakukan pembangunan infrastruktur (#mentornubi dan fasilitas tutorial) untuk menyambut nubi-nubi baru eIndonesia..

Sudah mengganti “welcome message” untuk nubi dengan membuat format bersama ditambahkan dengan tutorial dan link ke IRC yang baru serta link registrasi penduduk agar subsidi makanan gratis dari baki nantinya tepat sasaran ..

Pengadaan kembali IPDN dengan menggabung bersama Akademi MoFA karena terlalu sibuk dan mengajak partai bekerja aktif dan tanggap.. Semoga didapat bibit bibit unggul pemerintahan dari IPDN dan akademi MoFA ini..

ReRI akhirnya dibulan ini bernaung dibawah pemerintahan lagi dengan mendapatkan anggaran dana dari pemerintah untuk memajukan ReRI walau tanpa jadwal tetap seperti biasa karena memang penyiarnya terkadang memiliki kesibukan tersendiri sehingga harus maklum namun kita tetap harus mendukung hal ini dan mengapresiasinya..
Sedang berbenah dengan banyaknya acara-acara yang ditawarkan juga membuat ReRI menjadi primadona sempat beberapa hari ada 15 orang yang mendengarkan walau dulu waktu eIndonesia masih sangat aktif pernah sampai 50 orang namun sekarang berbeda 7 orang saja sudah banyak apa lagi 15.. Maka saya mengajak, ayo dengarkan terus ReRI Radio eRepublik Indonesia


GATHERING DAN BABYBOOM
A. Babyboom
Babyboom eIndonesia pada bulan ini ternyata terjadi dalam 3 cara dan semuanya sebenarnya tanpa dimotori pemerintah namun hanya di koordinasikan bersama,
1. Babyboom dari koran radar
2. Babyboom dari danisltu yang berasal dari lithuania dari game travian
3. Dan Babyboom dari Facebook ads Arfan-Khan

Sampai saat ini cuma nomer 1 dan 2 yang sudah jalan dengan baik dan selalu di cover dengan langsung di PM in game dan orang-orang yang sudah masuk IRC mereka akan di mentori oleh Deputi-deputi menteri dan menteri sendiri jika Online oleh sebab itu kami melakukan tim penjaga #mentornubi untuk menjaga #mentornubi..

Sekali lagi, Saya mengajak kepada seluruh rakyat eIndonesia, untuk bekerjasama mensukseskan babyboom ini..

B. Gathering
Seperti yang dijelaskan dikoran istana negara, saya akan berada dibekasi selama 5 hari dari hari rabu, sampai Senin.. Oleh sebab itu sesuai proker saya, saya mengajak seluruh rakyat eIndonesia yang dapat dan bisa datang untuk mengikuti Gathering ini saya mengundang seluruh partai eIndonesia, MU dan Siapapun kalian yang bersedia untuk ikut dalam gath ini..

Gath akan diadakan pada hari Jumat tempatnya dipasar festival kuningan.. detailnya bisa dilihat di artikel ini http://www.erepublik.com/en/article/-eindonesia-gathering-kecil-kecilan-jumat-16-november-2012-2157625/1/20

Dan, Telah diadakan gath kecil-kecilan yang dihadiri oleh beberapa warga komunitas eIndonesia (hanya sedikit).. Memang yang datang sedikit namun kebersamaannya yang erat itulah sebuah komunitas.. Terkait hal ini akan di bicarakan dan di publish oleh perwakilan yang mengikuti gath, selesai sudah proker gath yang saya inginkan..


LPJ KABINET EKASILA
Dari 13 kepala kabinet beberapa LPJ transparansi sudah dikirimkan,
1. MoCI http://www.erepublik.com/en/article/pengumuman-pemenang-lomba-lomba-moci-dan-lpj-moci-2168157/1/20
2. MoD http://www.erepublik.com/en/article/-mod-laporan-pertanggung-jawaban-periode-november-desember-2169050/1/20
3. MoFA http://www.erepublik.com/en/article/-mofa-lpj-mofa-larasdea-periode-november-desember-2012-2169051/1/20
4. ReRI http://www.erepublik.com/en/article/-reri-lpj-november-2012-ikut-reri-yukkk--2166499/1/20
5. MoE http://www.erepublik.com/en/article/lpj-moe-november-desember-2012-2169087/1/20
6. Gub NBI dan MoF http://www.erepublik.com/en/article/-secretary-of-the-treasury-laporan-akhir-periode-sot-dan-gov-nbei-2169190/1/20
7. Gub IPDN http://www.erepublik.com/en/article/-ipdn-lpj-rektor-ipdn-nov-des-12-2169740/1/20
8. vCP http://www.erepublik.com/en/article/-wapres-eindonesia-3-laporan-pertanggung-jawaban-2169707/1/20
9. MenSesNeg http://www.erepublik.com/en/article/-mensesneg-lpj-life-goes-on-2170206/1/20
10. MenSosPol http://www.erepublik.com/en/article/-kemensospol-lpj-periode-november-2012-2172561/1/20
11. Mendagri http://www.erepublik.com/en/article/-kemendagri-lpj-mari-bersatu-kawan--2170812/1/20

Tinggal,
1. Chief Joint of Commander TNeI :: prekzz2 (Dapat diwakilkan oleh MoD)
2. Menteri Pemuda eIndonesia :: Bopal

3 kementerian yang belum mengeluarkan LPJ semoga dapat direalisasikan secepatnya..

Terimakasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh kabinet EKA SILA yang sudah mengorbankan waktunya, kerjanya, dan seluruhnya untuk eIndonesia.. Semoga ada sedikit kontribusi yang bisa kita berikan baik secara langsung maupun tidak langsung..

PENUTUP
Terimakasih kepada seluruh rakyat eIndonesia
Terimakasih kepada seluruh MU Swasta eIndonesia
Armada Garuda
TOP
BG ULeT
Laskar Bocil
ABeRI
PETA
RGA
RG
Batavia Bridge
ISF
UnitOne
BBH
ReARM
COBRAoI
IHA
KulBat
AKABeRI
etc..

Terimakasih kepada Seluruh Partai eIndonesia
Terimakasih kepada Seluruh Kabinet eIndonesia periode November-Desember 2012
Terimakasih kepada TNeI
Terimakasih kepada Keluarga saya
Terimakasih kepada Seluruh mantan presiden eIndonesia sebelum saya
Thank you CoT, ABC (RIP), and TWO .. (Chile, Bulgaria, Hungary, Serbia, Spain, Poland, Mexico, Belgium, Paraguay, Maldova, Japan, South Korea, United Kingdom, Slovenia, Slovakia, Estonia, Latvia, Lithuania, Switzerland, Slovakia and Malaysia)
Thank you to all of our friends country..,
And the last our beloved Brother LiGAP (Macedonia)
Hail eIndonesia
Hail CoT
Hail TWO
Hail Brother, Friend, and Ally
Hail LiGAP


Tertanda,
Presiden eIndonesia November-Desember 2012

Demon War

Jadilah nubi yang aktif, handal dan mandiri.
eIndonesia memerlukan bibit-bibit baru seperti kalian.
Bersemangat, percaya diri dan mementingkan komunitas dari pada kepentingan pribadi serta cerdas dan kreatif

KAMI MASIH ADA !!
PERJUANGAN TANPA BATAS


Like a Cloud
like a Rain
Like a Snow
Together in Sky..

 

Comments

vosakz
vosakz Day 1,843, 04:54

pertamaxxx.. thx DW

Eraclev
Eraclev Day 1,843, 04:57

Tumben om Pojak comment-comment : D

Makasih juga om,

Satria Pandawa
Satria Pandawa Day 1,843, 05:13

thanks om DW, selamat tidur yg nyenyak..

Kucing Imut
Kucing Imut Day 1,843, 05:14

o7

Crash and Burn
Crash and Burn Day 1,843, 05:23

Great working with you. Thank you Indonesia for all your support!

HAIL Indonesia
HAIL Macedonia
HAIL LiGAP

nubiunyu
nubiunyu Day 1,843, 05:24

apapun kebaikan dan keburukan pemerintahannya thx beratt buat gov november

o7

Raihan Tatuhey
Raihan Tatuhey Day 1,843, 05:25

maho war

TheMarko
TheMarko Day 1,843, 05:26

o7

L A D A S
L A D A S Day 1,843, 05:27

yuhuu o7

imobil
imobil Day 1,843, 05:28

selain masalah dana Tnei yang lancar, yang lain biasa2 aja

Canester
Canester Day 1,843, 05:29

o7
what can i say??
Nice & Boring this month... ^^

NamaSaya
NamaSaya Day 1,843, 05:30

thanks om DW, selamat tidur yg nyenyak.. 2x

AronMacedon
AronMacedon Day 1,843, 05:41

HAIL LiGAP

RyGnwn
RyGnwn Day 1,843, 06:05

Terima kasih atas LPJnya

Magnanimous
Magnanimous Day 1,843, 06:17

Mantap

si petung
si petung Day 1,843, 06:27

thanks kepada seluruh jajaran gov o/

bravo013
bravo013 Day 1,843, 06:34

The maho force is with you!!!

Predsjednik Republike SrBske
Predsjednik Republike SrBske Day 1,843, 06:46

Pleseure working with you

Si Barda
Si Barda Day 1,843, 06:52

Terima kasih kepada seluruh jajaran gov bulan Nov \o/

Bolodewo
Bolodewo Day 1,843, 07:06

o7

def0
def0 Day 1,843, 07:43

o7

S T R A N G E R S
S T R A N G E R S Day 1,843, 07:50

o7

Revip
Revip Day 1,843, 08:03

o7
Thanks untuk DW dan seluruh jajaran kabinetnya
Salut

Blakasuta
Blakasuta Day 1,843, 08:44

o7 dari Laskar Bocil

neo_Ryan
neo_Ryan Day 1,843, 08:54

voted

Radigast
Radigast Day 1,843, 09:05

o7

akmalaputra
akmalaputra Day 1,843, 09:13

o7

PutinPOWER
PutinPOWER Day 1,843, 10:02

o7

RaviMirza
RaviMirza Day 1,843, 10:10

o7

Aikarov
Aikarov Day 1,843, 12:44

o>

In name of the late eChilean Goverment and on be half of the eChilean citizens, we thank you for all your support and help gather in the event of returning to our homeland in southamerica.

Thank you eIndonesia, our brothers Always!!

Hail eIndonesia!!
Hail eChile!!
Hail CoT !!
Hail Brothers!!

m0stwant3d
m0stwant3d Day 1,843, 12:57

o7

husainfams
husainfams Day 1,843, 13:28

terima kasih sudah mengabdikan diri buat eindonesia om dw

kokan p
kokan p Day 1,843, 14:46

o7

Nonconformist mkd
Nonconformist mkd Day 1,843, 14:47

o7

Hail eIndonesia
Hail CoT
Hail TWO
Hail LiGAP

Phantom Pain
Phantom Pain Day 1,843, 15:03

jgn pernah kapok yah... wkwkwk


o7

o0n3m00o
o0n3m00o Day 1,843, 15:06

vote, selamat liburan

Eraclev
Eraclev Day 1,843, 15:17

Kayaknya tetap bakalan sibuk : |

Tj 9
Tj 9 Day 1,843, 15:46

o7
terima kasih pak pres

irvan permana
irvan permana Day 1,843, 17:41

o7

IndoMy
IndoMy Day 1,843, 18:07

baguslah ada LPJ,,ada bagusnya dikit ...

thx DW

GadjahMadaa
GadjahMadaa Day 1,843, 19:49

o7 matur nuwun

mukio
mukio Day 1,843, 21:03

sip.. o7

i n s a n e
i n s a n e Day 1,843, 21:29

o7

barbar
barbar Day 1,844, 02:21

o7

Setto Mx
Setto Mx Day 1,844, 02:54

Demon War mau liburan berapa lama?
ayo, jangan lama2 . . .

Kalisari
Kalisari Day 1,844, 08:27

o7

Bora Stojsin
Bora Stojsin Day 1,844, 10:58

makasih dana TNeI nya lancar gans (: (:

Ksatria Pinandita
Ksatria Pinandita Day 1,844, 17:14

o7

den xiii
den xiii Day 1,844, 20:56

sip ada LPJ


o7

peran dibalik layar msh diperlukan gan he2

 
Post your comment

What is this?

You are reading an article written by a citizen of eRepublik, an immersive multiplayer strategy game based on real life countries. Create your own character and help your country achieve its glory while establishing yourself as a war hero, renowned publisher or finance guru.