Ambient on/off

Sign up

 

Continue

Continue By creating an account you agree to the Terms of Service & Privacy Policy

Geopolitik Asia Pasifik, China, dan Brotherhood Maphilindo

Day 1,980, 21:28 Published in Indonesia Indonesia by Bond Guevara


Good morning, afternoon, evening, whenever you read this



Привет!



Indonesia merupakan negara yang terletak di Asia Tenggara. Secara geopolitik, Indonesia tergolong sebagai negara Asia Pasifik yang mencakup negara-negara, mulai dari Manchuria dan Hokkaido di utara hingga Tasmania dan Otago di selatan, dari Balochistan di barat hingga Kepulauan-kepulauan Pasifik di timur



Di region ini, setidaknya ada 4 pemain besar, Indonesia, China, Kroasia, dan Chile. 2 negara terakhir merupakan negara pendatang dari regional lain, sehingga walau secara teknis mereka mempunyai wilayah di Asia Pasifik, praktiknya 2 negara ini masih terikat pada percaturan politik wilayah aslinya masing-masing, Kroasia di Balkan, dan Chile di Amerika Selatan yang notabene merupakan region ramai dengan perang. Otomatis hanya Indonesia dan China yang merupakan pemain besar asli di wilayah ini dan jarang terlibat kontak fisik secara serius. Selain itu terdapat sejumlah negara-negara medioker seperti Australia, Selandia Baru, Taiwan, Jepang, Korea Selatan, Thailand, dan pemain terbaru seperti Bosnia dan Montenegro.

Region ini cenderung damai dan tidak banyak terjadi pertempuran serius. , berbeda dengan region-region mainstream seperti Balkan dan sekitarnya serta Amerika Selatan. Kalaupun ada petempuran serius, biasanya datang dari kawasan lain, baik dari serangan langsung maupun airstrike.



Indonesia sebagai negara yang gila perang dan membutuhkan perang-perang besar untuk memperluas wilayahnya yang saat ini terbentang dari Filipina hingga Australia barat terjebak dalam situasi dimana mereka tak dapat melakukan perang langsung secara serius. Semua opsi selain airstrike saat ini tertutup. War dengan AS pun saat ini hanya sebatas TW, apalagi AS sudah bergabung dengan CoT sehingga potensi konflik antara Indonesia dan AS seperti pada masa sebelumnya tertutup. Potensi konflik dengan Kroasia dan Brazil dihalangi oleh kepentingan aliansi-aliansi Indonesia. Praktis Indonesia tidak bisa menikmati peperangan langsung dan saat itu terjadi banyak rakyatnya yang menyalahkan pihak yang berkuasa padahal secara geopolitik hal tersebut tidak mungkin terjadi.

"Pada masa damai, Indonesia cenderung ribut di dalam daripada melakukan kontribusi lebih terhadap aliansi yang akhirnya melemahkan diri sendiri sekaligus melemahkan citra Indonesia di mata dunia"






Kembali ke peta geopolitik Indonesia, berhubung potensi konflik yang terbuka hanya ke satu target, yaitu China yang kita kenal sangat alot dan sulit untuk ditalklukan di region aslinya, bahkan untuk negara sekelas Serbia dan Polandia yang kita tahu memiliki damage sanagt tinggi diatas rata-rata, semua karena China mendapat full support dari seluruh EDEN dan pendukungnya untuk mempertahankan region aslinya ibarat semua region aslinya bahkan jajahannya adalah tembok-tembok Western Siberia, Lionking, Hello Kitty, Karnataka, Western Australia, Podolia, Rhone Alps pada masa beta dan v1 yang ditumpuk dalam satu negara bernama China.

Menaklukan China sangat tidak mudah walau kita berada di satu regional yang sama yang memiliki keuntungan geografis lebih tinggi dibanding semua China-haters lainnya dan mendapat full support sekalipun dari aliansi, karena pasti negara-negara EDEN akan melakukan counter, biasanya RW di region-region strategis negara aliansi atau serangan dari negara-negara supporting China seperti Kroasia dan Taiwan sehingga kita dan mereka tidak fokus menggilas China yang pada akhirnya kita akan digilas balik.



Pada akhirnya, kembali ke kesimpulan bahwa Indonesia tidak akan kembali disegani oleh seluruh dunia sebelum mengalahkan China dan EDEN dan Indonesia tidak akan bisa mengalahkan China dan kembali menjema sebagai raksasa lama di Asia sebelum Indonesia tidak mau melakukan hal-hal ini:

1. Indonesia harus menjadi lebih kuat dari sebelumnya, tidak lagi menjadi negara dengan damage no.17

2. Indonesia harus lebih percaya diri dan tidak mudah ciut dengan reputasi seluruh pemain besar dunia

3. Indonesia harus setidaknya harus punya 2 brothers di region Asia Tenggara yang mau membela mati-matian Indonesia sebagai saudaranya seperti halnya Kolombia dan Uruguay pada Argentina dan ikut mempertahankan Indonesia saat Indonesia dilanda distracting wars saat Indonesia sedang menyerang China.



Untuk hal yang pertama sudah pasti jawabannya adalah babyboom karena meningkatkan Strength dan Gold Player adalah hal yang sangat sulit di
Indonesia



Untuk hal yang kedua, seiring terjadinya babyboom, maka tingkat kepercayaan Indonesia akan kembali sama seperti 1000 hari yang lalu dan semangat 5 benua tentu akan kembali tercapai.



Untuk hal yang ketiga, ini lebih sulit. Seperti yang kita tahu, Chile akan sangat sulit membantu Indonesia untuk menangkis serangan dari Kroasia dan taiwan andaikata Indonesia benar-benar menyerang China karena sudah barang tentu mereka akan teralihkan oleh CUA. Thailand sebagai negara buffer Indonesia akan diharapkan tentunya untuk menahan Kroasia di India, namun potensi Thailand untuk berkembang lebih jauh sangat sulit karena aturan internet di Thailand yang membatasi penggunanya mengakses internet. Pada akhirnya kita harus membangun brotherhod itu dari awal pada negara-negara kecil yang masih bisa berpotensi untuk menjadi besar. Terutama sekali Malaysia dan Filipina





Mengapa mesti mereka, bukankah mereka merupakan negara musuh?

- Betul, memang negara ini pernah berperang dengan Indonesia. Namun:



1. Malaysia merupakan trial member NaN, tapi mereka masih menganggap Indonesia sebagai sahabatnya walau saat ini, mereka menganggap Indoensia saat ini sebagai imperialis. Saat ini politik luar negeri Indonesia cenderung mengabaikan Malaysia, padahal potensi Malaysia adalah 30 juta orang di RL.

Dan mereka musuh atau bukan:

1. Andai mereka babyboom dan mereka berbalik memusuhi kita, secara otomatis akan memicu babyboom di Indonesia karena bagi orang Indonesia, isu Malaysia sangat sensitif

2. Andai mereka babyboom dan mereka mendukung Indonesia, percayalah bahwa Malaysia akan jadi saudara terbaik untuk Indonesia sejak zaman beta hingga sekarang


Lagipula, admin sudah mengeluarkan eRepublik versi bahasa Malaysia, jadi kesempatan ini jangan dibuang begitu saja untuk mengembangkan brotherhood baru di regional kita.



2. Filipina memang lebih sulit untuk dikembangkan ketimbang Malaysia, dan memang saat ini Filipina merupakan negara netral yang cenderung ke EDEN. Walaupun demikian, pemain lama mereka masih sedikit dan potensi mereka lebih besar ketimbang Malaysia dan Filipina punya generasi internet yang sama majunya dengan kita + kebanggaan terhadap identitas nasionalnya yang tinggi. Lagipula orang Filipina paham bahasa Inggris melebihi bahasa Inggris orang Asia Tenggara pada umumnya selain Singapura.

Andai kita berhasil merangsek masuk kedalam forum Filipina dan memicu babyboom disana, sudah pasti babyboom selanjutnya akan terjadi di sana. Dan Indonesia pada saat itu terjadi harus bertindak sebagai brother yang berjuang mati-matian untuk para bayi-bayi pinoy sehingga mereka akan berbalik ke kita membela Indonesia mati-matian sebagai seorang saudara



Dan dengan dikembangkan Malaysia dan Filipina, Indonesia mengembangkan wilayahnya ke selatan, Malaysia ke barat dan Filipina ke timur, 1 lagi brotherhood tangguh (Maphilindo) akan lahir di eRepublik, dan bisa saja dengan babyboom di Malaysia dan Filipina akan memicu admin emngeluarkan negara Asia selatan dan tenggara serta negara kepulauan Pasifik yang lebih banyak lagi sehingga pilihan negara yang dapat dijajah akan lebih banyak dan brotherhood baru ini dapat menantang para pemain lama di Balkan dan Amerika Selatan dan Asian Aliance akan segera lahir dengan semua negara Asia di dalamnya maju menentang Eropa dan Amerika.



Demikian Analisis dan Ide saya, semoga bermanfaat

Regards,



Bond Guevara
 

Comments

Lizar14
Lizar14 Day 1,980, 21:33

pertamax..

meutuah
meutuah Day 1,982, 02:48

Punya ide perang?
Ikuti kompetisi ini.

http://goo.gl/hb3D7

IDR & TANKS INSIDE

/me numpang iklan xD

Mr.Anonymous 69
Mr.Anonymous 69 Day 1,980, 21:34

V+ S !!!

si petung
si petung Day 1,980, 21:34

kecil jadi besar.. kk bond mesuumm! :kyaaa:

walikotakendariJr Day 1,980, 21:34

Comment deleted

MR Anonymous98
MR Anonymous98 Day 1,980, 21:37

VOTED

Nimrod Harris
Nimrod Harris Day 1,980, 21:53

Bond , GUE parah !

Elucidator
Elucidator Day 1,980, 22:14

pinoy?

Sang Jahus Jarzani
Sang Jahus Jarzani Day 1,980, 22:47

Arcelven
Arcelven Day 1,980, 22:54

Filipina... jauh-jauh-jauh lebih sulit dirangkul ketimbang Malaysia bahkan Australia.

Bond Guevara
Bond Guevara Day 1,981, 01:12

sepuhnya doang yg impossibru..
apa jasa NGEDEN ma mereka..? mereka cuma peduli damage,, mereka gak ambil kesempatan kita yg ambil,, biarkan nubi2 hasil cuci otak kita pto sepuh2 itu..

klo pun mereka balik lawan kita, kita punya daftar enemy baru yg bisa kita serang tanpa perlu diomelin ally..

that's my style of PTO

Arcelven
Arcelven Day 1,981, 04:51

Kemarin kayaknya setelah "Mensejahterakan (PTO)" Malaysia, PTOer kita main main ke filipina dan gatot.

Arcelven
Arcelven Day 1,981, 04:53

Tapi semoga kali ini berhasil!

Kucing Imut
Kucing Imut Day 1,980, 23:34

Dulu pernah ada wacana mo ngasih citizenship buat warga malaysia, selama masih rata. Sayang cuma wacana.

Yoshino Sakurai
Yoshino Sakurai Day 1,981, 00:17

Kenapa tidak bebasin sabah aja ?
Toh katanya saudara
kalau saudara pasti mau dong mengorbankan sesuatu demi saudaranya
atau hanya demi Bonus saja ?

Bond Guevara
Bond Guevara Day 1,981, 01:15

setujah..
are we a brother, or imperialist,? you decide

Yoshino Sakurai
Yoshino Sakurai Day 1,981, 02:43

mau gagas ini tidak ?

BEBASKAN SABAH
FOR OUR BROTHER
eMALAYSIA
LENYAPKAN MONTENEGRO DI ASIA
DUKUNG ALIANSI TWO ATAU MALAYSIA ?

Bond Guevara
Bond Guevara Day 1,981, 03:36

tunjukkan pada mereka bahwa kita adalah saudara
bukan bangsa serakah

Arcelven
Arcelven Day 1,981, 04:55

Kalau sabah dikasih, toh nantinya bakal diambil negara lain juga.

Yoshino Sakurai
Yoshino Sakurai Day 1,981, 05:13

bikin aja ancaman

DO YOU DARE TO ATTACK MY BROTHER ?
IF YOU DARE YOU MUST ATTACK ME FIRST !
(dengan begitu rakyat kita bakal tertantang buat jaga tuh sabah + negara lain buat attack sabah, dengan itu juga bakal ada perang di kita tanpa pergi kemana-mana dan juga mengangkat nama eIndonesia yang peduli ama Brothernya)

Tidak perlu pusing mikirin airstrike ke mana tapi pusing mikirin jaga sabah


ANOTHER CHALLANGE RIGHT ?

Mr.Anonymous 69
Mr.Anonymous 69 Day 1,981, 09:01

masalah Montenegro ???
suruh mereka geser ke Thailand, lagian Thailand cuma negara boneka
ya sesama TWO berbagi lah

Yoshino Sakurai
Yoshino Sakurai Day 1,981, 15:07

@Snowing Hill
komen kayak gini yang aku tunggu
lo bisa lihat apa yang tidak bisa aku lihat
bermanfaat banget bagi aku
thanks ya

Bond Guevara
Bond Guevara Day 1,981, 03:41

jika aku malay kau indo, gw pasti minta jatah cong dan ganti rugi atas kas negara yg gak bisa diambil krna rata,

Warank
Warank Day 1,980, 23:34

mantab nih artikel \o/ mpotedmax

~~~~~~~~~~~`\o

Blakasuta
Blakasuta Day 1,980, 23:49

halangan terbesar rencana jangka panjang seperti ini adalah di rakyat eIndonesia sendiri. Jika bisa bersabar menebar benih ke negara lain, sabar TPnya gak gerak, insya Allah bisa tercapai.

Bond Guevara
Bond Guevara Day 1,981, 01:22

permasalahan kita terbesar adalah kita gak punya plan jangka panjang yg jelas yg diketahui oleh seluruh rakyat... kita punya plan kita punya tujuan, semangat jadi meningkat

Yoshino Sakurai
Yoshino Sakurai Day 1,981, 00:15

Serbia bagaimana kk ?
Thailand kan negara boneka serbia sehingga mereka bisa dianggap negara terkuat
Bahkan kalau mereka mau Serbia bisa NE eIndonesia lewat Thailand

Bond Guevara
Bond Guevara Day 1,981, 01:19

nice klo gitu,, kita targetin nubi muda mereka,, pto para imigran,, imigran tak bakal tau bahasa thai

Yoshino Sakurai
Yoshino Sakurai Day 1,981, 02:31

emang mereka tidak tau sudah kucoba pakai salam di bahasa thai di ss ke pulo biar mereka tidak pakai translate
/me tau orang asli thai cuma dia mah sudah dewasa susah kalau mau bujuknya main game butuh 1001 cara bujuknya

def0
def0 Day 1,981, 00:41

well said...voted max

YosafatSamuel
YosafatSamuel Day 1,981, 05:15

jgn pernah berharap ada babyboom, klo eIndo masi betah maen liga curut
maenannya RW doank.

klo babyboom sukses, harus ada trigger nya. macam perang lawan US ato yg berat2

simicers
simicers Day 1,981, 05:39

mpoted om...kereeenn analisisnya

Allea230112
Allea230112 Day 1,981, 06:15

Voted

jenderal kancil
jenderal kancil Day 1,981, 06:37

Kalo ama malay... kelihatannya susah karena di RL sendiri kita adu mulut..
Kalo ama FIlipina... ada kemungkinan walau kecil..

Mr.Anonymous 69
Mr.Anonymous 69 Day 1,981, 09:03

RL cuma oknum
mereka juga nganggep kita Big Brothernya. sebelum mereka dicuci otak ama NaN

Bond Guevara
Bond Guevara Day 1,981, 10:37

itulah cara media mencuci otak para pemirsanya, mengarahkan suatu bangsa pada stereotip tertentu

baba ili deda
baba ili deda Day 1,981, 06:47

voted o7

AudiiduA
AudiiduA Day 1,981, 07:40

analisisnya mantap om o/ voted o7

Indo Treasure
Indo Treasure Day 1,981, 08:03

peendapat: menurut ane mendingan kita perundingkan bener2 dan permasalahn CoT ribut semenjak tawaran brazil kita musyawarah atau klo bisa sampe voting negara CoT.. pilih brazil yang hanya menjanjikan akan masuk CoT atau indonesia... eLife is simple, just let it go and permanent banned

Mr.Anonymous 69
Mr.Anonymous 69 Day 1,981, 09:06

Diego Tugiyo
Diego Tugiyo Day 1,981, 09:58

Orang malay udah telanjur kecewa karna kita diem aja waktu montengro airstrike
Mereka kira dengan diberikan sabah scr gratis, mk kita sbg big brother wajib kasih mereka perlindungan

Mt negro itu apa kok dikasih prioritas lebih, heran brani nantangin brazil tp sama negara antah berantah takut

kodobeast
kodobeast Day 1,981, 10:32

mereka anggap kita big brother, agak kecewa waktu monte dateng kita gak ngapain2
http://www.erepublik.com/en/article/some-secret-that-should-not-be-told-to-public-2238772/1/20

Hermeneutic
Hermeneutic Day 1,981, 17:26

kl gitu cari cara aj buat singkirin monte ama thai..wkwkwkwk
kl memang kita akan jadiin emalay sodara..hehe

ulumzz99
ulumzz99 Day 1,981, 22:27

gue suka ini !!

Lazio16
Lazio16 Day 1,982, 00:37

sumpah terkadang saya salut sekali dengan ide2 kk Bond Guevara ini... mantab kk, baru OL lagi setelah berbulan bulan ketemu artikel begini... salute... o7

OdagiriJoe
OdagiriJoe Day 1,982, 01:04

jd intinya yg ane tangkep
damage, babyboom, maphilindo, echina

dan

GATHNASSS

Rombotter
Rombotter Day 1,982, 05:38

x
Rombotter wrote 36 minutes ago
Ada yg mau GOLD? Ada tugas sedikit kalau anda mau gold, silahkan PM saya buat jika tertarik. TERBATAS!

Naga Toba
Naga Toba Day 1,982, 13:27

asli keren ini idenya, hrsnya bs di follow up nih.
usul, lempar aja di forum bro Bond Guevera.
biar bisa dikupas, secara menyeluruh.

...votemaxx...

Bond Guevara
Bond Guevara Day 1,982, 20:28

sepertinya gw mesti jadi pres dulu baru bisa jalan..

tpi sorry, it's impossibru
study is more important than worship plato :p

Gentleboys
Gentleboys Day 1,982, 18:10

analisanya keren banget ni gan, pemikiran tingkat dewa perang. hehehe
klw mmg bisa direalisasikan, mungkin butuh waktu lama, tp efeknya jg bakal jangka panjang, Mantap deh

 
Post your comment

What is this?

You are reading an article written by a citizen of eRepublik, an immersive multiplayer strategy game based on real life countries. Create your own character and help your country achieve its glory while establishing yourself as a war hero, renowned publisher or finance guru.