Ambient on/off

Sign up

 

Continue

Continue By creating an account you agree to the Terms of Service & Privacy Policy

Catatan si emon - 2030 - Ketika Lambang Negeri Ini Berganti

Day 2,030, 19:05 Published in Indonesia Indonesia by o0n3m00o

Dear Diary,
Saat ini lagi ramai di gagas lambang baru negara ini, well, gw sendiri sih gak pro or kontra, netral-netral saja lah. Sebagai warga yang sudah ikut ehidup di negeri ini ketika negeri ini awal-awal berdiri, gw hanya bisa mencoba memahami bila negera ini akan selalu berubah mengikuti apa yang diinginkan oleh generasi penerusnya. Lagian yang aktif main juga mereka ini, bukan orang kek gw wkwkkwkw.

Namun demikian, entah kenapa hati ini semakin lama semakin ada rasa gundah ketika melihat percakapan dan komentar-komentar yang ada. Pembicaran mengenai lambang negeri sepatutnya bukan sekedar membicarakan keberanian, tantangan, dare or not to dare, kuno dan norak, jelek dan dan bagus, sayap seperti bebek kecebur got atau ribuan kata lainnya, tapi ini adalah sebuah nilai yang terkandung dibalik sebuah lambang.

Dear diary, adakah mereka tahu bila gw pun waktu pertama kali masuk ke erep ini, ketika melihat gambar itu perasaan yang muncul pertama kali adalah "Wow!", lambang apaan tuh? bingung dan gak jelas banyak kerancuan. Tapi, gw yang baru lahir beberapa bulan setelah negeri ini berdiri, berusaha memahami nilai dari lambang itu...

Tahukah anda, bila ketika negeri ini berdiri, para pendahulu kita habis-habisan berusaha untuk bertahan hidup? kurangnya SDM, kurangnya makanan, kekurangan resource. Segala daya dan upaya dikerahkan para pendahulu kita untuk meletakan dasar-dasar kenegaraan untuk kelangsungan hidup ebangsa ini. Dengan terbatasnya sdm, gw pikir yah logo inilah yang terbaik yang bisa diberikan pendahulu kita dengan segala keterbatasan sarana prasarana dan sdm.

Tapi nyatanya, dengan dibawah lambang ini, kami berhasil lolos dari badai v1 ketika negara-negara lain terpuruk. Berhasil menjadi negara super power di beta, berhasil hampir meratakan eUSA, berhasil pernah menyebrang ke 5 benua, berhasil menjadi rumah bagi koran internasional terlaris di dunia, berhasil memiliki telik sandi yang paling ditakuti dunia, dan banyak lagi keberhasilan-keberhasilan lainnya.

Yup, lambang norak dan gak jelas itu penuh dengan kenangan dan sejarah yang telah mengawal negeri ini terus berjalan sehingga sampai kepada masa kini melewati berbagai rintangan.

Seiring dengan berjalannya waktu, meskipun negeri ini dibawah bayang kelam persatuan semu, bila generasi kini menghendaki perubahan, itu adalah syah-syah saja. Namun patut kiranya generasi yang ada saat ini untuk lebih mendalami lagi makna dibalik sebuah lambang yang tidak hanya kiasan arti dibalik jumlah bulu atau semboyan yang maaf saja, belum muncul di awal negara ini berdiri. Beberapa buah arti yang saat ini menurut gw baru sekedar hitam di atas putih, masih kosong dan belum terbukti.

Contoh saja yang bisa gw kritik adalah semboyan, "We are not afraid, we are indonesian", apakah semboyan ini mewakili para pendahulu kita yang dari pagi ke pagi lagi mikirin gimana caranya negeri ini aktif? Waktu itu boro-boro lawan musuh, mo makan aja susah! wkwkwwk

Dibalik sebuah lambang, secara tidak langsung gw sih merasa dituntut untuk memberikan hasil yang paling tidak seimbang atau sukur-sukur lebih baik daripada ketika dibawah lambang yang lama.
Bila ternyata lambang baru disetujui dengan membawa semangat yang lebih cetar membahana dari sebelumnya, gw pikir kita akan mendapatkan energi baru yang juga adalah tanggung jawab yang lebih berat untuk menunjukkan bila lambang ini patut diperjuangkan.

Hati kecil gw sih tetap penuh keraguan, apakah kami bisa konsisten dengan semangat yang ada sekarang ini? ataukah kami hanya menjadi bagian dari generasi galau yang beberapa bulan atau beberapa tahun kedepan sudah tidak lagi kumpul disini.

Dear diary, terlepas dari itu semua gw sih berharap perubahan ini akan memberikan semangat baru bagi komunitas ini, namun tentunya mudah-mudahan mereka tidak lagi menganggap remeh lambang sebelumnya dari negeri ini yang telah tegar melewati berbagai konflik berdarah-darah dari dalam dan luar negeri.

Mudah-mudahan dengan adanya curhat ini bisa menyadarkan kami untuk lebih bertanggung jawab dan lebih menyiapkan mental bahwa gw, anda, kita semua dituntut untuk konsisten mewujudkan maksud dari lambang ini. Jangan sampai lambang ini tercipta hanya sebagai gambar pajangan saja.

n3m0
 

Comments

Canester
Canester Day 2,030, 19:08

vertamaxxx~

Lick32
Lick32 Day 2,030, 19:20

keduaaxxx ~
keren curhatnya :')

theant
theant Day 2,030, 19:21

o7

Si Barda
Si Barda Day 2,030, 19:22

intinya yuk mari bersatu...lambang hanya simbol...semangat,sejarah dan makna dibaliknya lah yang jauh lebih penting...kedekatan erepindo yang bisa terbangun sebagai satu keluarga besar..enak loh banyak temen ; )

@ts: so kapan om touringnya...motor dah siap ini : D

o0n3m00o
o0n3m00o Day 2,030, 19:24

ntaar, masih belom pada balik kandang anak2x wkwkwk masih pada sibuk heuheuheu

elsyon
elsyon Day 2,030, 19:23

voted.

OdagiriJoe
OdagiriJoe Day 2,030, 19:31

ketika lambang yang lama sudah tidak bisa membawa semangat yang sama lagi

ll Mr.Smile ll
ll Mr.Smile ll Day 2,030, 19:44

/me nubi
/me turut prihatin

Altalis
Altalis Day 2,030, 19:57

aish pura pura prihatin, biar di gebet sama om nemo... :p

ll Mr.Smile ll
ll Mr.Smile ll Day 2,030, 20:27

baaah
ane bukan maho om =="

Akiyama Shinichi
Akiyama Shinichi Day 2,031, 07:29

alibi maho xD

Zooky Van Hook
Zooky Van Hook Day 2,030, 19:48

o7

BillyBat
BillyBat Day 2,030, 19:55

:o

Buthek Kuchel
Buthek Kuchel Day 2,030, 19:56

masih suka curhat juga neh aki-aki.. wkwkwk

tuahtora jr
tuahtora jr Day 2,030, 20:08

hahaaa

Altalis
Altalis Day 2,030, 19:58

om, kalo curhat dikasi gambar dunk... biar ga pedes bacanya... bacanya pedes, ceritanya haru, mata berkaca-kaca... T_T pas sudah...

Altalis
Altalis Day 2,030, 20:09

salam JASMERAH

Kucing Imut
Kucing Imut Day 2,030, 20:00

mbah nemo lagi gawaw

Phantom Pain
Phantom Pain Day 2,030, 20:12

wew

eindo kykny hrs bikin panti jompo bwt aki" yg masih berkeliaran dijalan

Sionk van Guloon
Sionk van Guloon Day 2,031, 18:17

udah ada om panti jomponya, makanya buruan jadi jompo biar tau :p

Naga Toba
Naga Toba Day 2,030, 20:19

Bila ternyata lambang baru disetujui dengan membawa semangat yang lebih cetar membahana dari sebelumnya, gw pikir kita akan mendapatkan energi baru yang juga adalah tanggung jawab yang lebih berat untuk menunjukkan bila lambang ini patut diperjuangkan.

..votedmaxx..

Fission Mailed
Fission Mailed Day 2,030, 20:23

bendera emang bagian dari sejarah,
tapi IMHO, mau bendera nya seperti apapun, gak akan jadi masalah semestinya. Asalkan nilai-nilai yang terkandung masih bisa diterapkan dan di sadari.

/me gak tau ngomong apa

Reds Army
Reds Army Day 2,030, 20:24

:o

Henk Sneevliet
Henk Sneevliet Day 2,030, 20:25

respect

neo_Ryan
neo_Ryan Day 2,030, 20:33

nice..

Yoshino Sakurai
Yoshino Sakurai Day 2,030, 20:49

Cuma numpang pertanyaan aja

"Pertanyaan ini cuma buat orang yang lebih mengutamakan eIndonesia daripada Indonesia"

Jika eIndonesia menjadi negara superpower di sini melebihi Indonesia di RL, apa manfaatnya buat orang Indonesia ? Saya cuma minta 3 manfaat aja

(Balik ada yang mau diurus dan terpaksa gara2 kalah taruhan di sepak bola )

Fission Mailed
Fission Mailed Day 2,030, 21:17

halo nikitooo

threesecond
threesecond Day 2,030, 22:37

ohh...jd ini nikitooo?

Arctic Ray Day 2,030, 00:23

Comment deleted

simicers
simicers Day 2,031, 04:57

ohh...jd ini nikiMaho? x2

ooIII AlezaBIG IIIoo
ooIII AlezaBIG IIIoo Day 2,030, 21:08

hmm....
Pencerahan

Matahari Day 2,030, 21:55

Comment deleted

regen
regen Day 2,030, 21:56

:o

n3m0 curhat =p

Matahari
Matahari Day 2,030, 21:57

Comment deleted

Matahari
Matahari Day 2,030, 21:57

Comment deleted

o0n3m00o
o0n3m00o Day 2,030, 23:52

curhat apaan dudul wkwkwk
@renago, anrjit pake acara hapus comment aja loe go wkwkwkwk

Matahari
Matahari Day 2,030, 21:56

Ganti yah ganti aja , kalo emang majority mau , that's what democracy all about

mau gimana kek , asal masih ada nama eIndonesia & bendera indonesia di erep :p gw main game ini karena ada negara eIndonesia. sementara lambang, uud blablabla cuman extras, karena bukan RL related, jadi pantas2 aja diubah bila emang disetujui mayoritas.

regen
regen Day 2,030, 21:59

eUUD aja capek2x di rumus2xin ga jalan akhirnya )

Altalis
Altalis Day 2,030, 22:35

yang penting teken tombol fight + nongol di koran BH + CH yak... :p

angky
angky Day 2,030, 00:05

gue setuju go.. sekali2 ngeblend

keyoveride
keyoveride Day 2,030, 22:07

voted

Eraclev
Eraclev Day 2,030, 22:42

Disini hari ini Kita coba berbesar hati Bahagia atau merana Kita tetap berada disini

o7

angky
angky Day 2,030, 00:06

kalo ngomongnya cerita lalu, yg tua2 pasti keren lan... kapan berbesar hatinya

M E N A N Day 2,032, 03:27

Comment deleted

M E N A N
M E N A N Day 2,032, 03:27

kalo copas kasih sumber nyet!!

Eraclev
Eraclev Day 2,030, 22:42

Disini hari ini Kita coba berbesar hati Bahagia atau merana Kita tetap berada disini

o7

angky
angky Day 2,030, 00:21

menyikapi artikel curhat ini
saya bangga sekali, seorang nemo yg notabene seperti yg dijelaskan diartikel banyak berjuang di v1 dalam menyelamatkan negeri ini bersama para rakyat lainnya.

keberhasilan dan nama besar eIndo, saya sempet merasakan, betul sekali pencapaian itu semua, yah sayangnya jaman tak sama dan tak serupa, seakan2 fitur2 erep membelenggu ini semua

saya setuju, dengan pemahaman bahwa jaman berganti, nubie berganti, dan intinya permainan ada di para generasi muda. karena ga selamanya yg tua2 saban waktu manteng di irc dan game

saya lebih melihat bahwa nemo memberikan kesan siap untuk melakukan perubahan, menjadi lebih tolerir dengan penjelasan di artikelnya, walaupun kekhawatiran apakah nubie2 kta akan tangguh seperti para pendahulu nya.

setuju dengan penjelasan demon war, mencoba berbesar hati, bahagia atau merana kita tetap disini

kalo boleh gue tambahin artikel nemo, ni akan menjadi indah bila para generasi muda memiliki porsi kontribusi nya ke negara ini, ga cuma, inf, str, ngikut war, jd cp, buat lambang, bikin event dll

tp setidaknya kita bisa saling support, memberikan kesempatan2 buat siapa saja memiliki kontribusi
akan sangat canggung apabila keseluruhan aspek kontribusi pada negara sudah dalam tahap final, dimana tidak bisa lagi berevolusi, dengan berbagai macam input dan saran

apakah seorang pemain hanya akan berkontribusi dr eksistensi di war, inf, BF, medal, cp, congress ? apakah batasan itu ada,??

gue rasa artikel nemo ini merupakan jawaban, bahwa, kita mampu, kita bisa membuat berbagi dan merangkai berbaga cerita dan hal baru dalam erep dan eIndonesia. intinya mari BERTANGGUNG JAWAB

salam waria om nemoo muaacccchhhhhh

ps: kalo boleh tanya makna apakah yg dimiliki lambang dulu, tp bukan dr sekedar cerita historis, atau sejarah krn klo cerita, jelas calon2 lambang baru belom punya, walaupun cerita dalam pengajuan sudah ada yaitu banyak yg input sana sini, org eindonesia seakan memberikan masukan"

a h a s r a p
a h a s r a p Day 2,032, 07:28

Ya lo siy taik jg, diminta jadi Presiden lebih pilih jadi waria.


numapng komeeeeennnnnnnnn

Genesizz
Genesizz Day 2,032, 07:41

tante angky dah jadi 3 presiden sih, presiden WNI ( Waria Nasional Indonesia ), Pres WAOI ( Pemimpin waria2 di AOI ), dan pres dari WAoW ( World Alliance of Waria.) wkwkwk jadi sibuk

a h a s r a p
a h a s r a p Day 2,032, 07:59

In your mind maaah frennnnn!!!
Hav fun with responsibility.

 
Post your comment

What is this?

You are reading an article written by a citizen of eRepublik, an immersive multiplayer strategy game based on real life countries. Create your own character and help your country achieve its glory while establishing yourself as a war hero, renowned publisher or finance guru.