Ambient on/off

Sign up

 

Continue

Continue By creating an account you agree to the Terms of Service & Privacy Policy

[MoFA] Perkembangan Terakhir [info&pengumuman]

Day 2,360, 22:35 Published in Indonesia Indonesia by MoFA Republic Of eIndonesia





Selamat Pagi, Siang, Sore, dan Malam
May The Force be With You!
Day 2,360 Sumatera, eIndonesia


saya ucapkan terimakasih banyak kepada om/bapak/kakek admiral proudmoore a.k.a arale a.ka. kakek genit yang telah mempercayakan posisi MoFA kepada saya. untuk saat ini saya akan mengumumkan beberapa sitausi di Luar Negeri



[INFO]

1. Minggu ini, keadaan perang dunia ke 7, menjadi milik Asteria. Croatia berhasil diusir dari India dan NAP Brazil - Argentina yang 'memperbolehkan' Argentina menggunakan wilayah northeast territory sebagai jembatan untuk mempertahankan okupasi terhadap spanyol. Isu ttg perpecahan internal Sirius merebak. tetapi belom ada kesimpulan, kami sedang mengumpulkan laporan.

2. di Kubu Asteria pun tidak terkecuali, NE Serbia thdp Greece (walaupun batal) memiliki efek yang besar trhdap perkembangan perang saudara di Greece. Kelompok teroris seakan2 mendapatkan 'legitimasi' atas tindakan mereka.

3. Walaupun kita berharsil mengusir Greece dari Australia, secara garis besar Auora vs Asteria*Leto dalam posisi imbang.
(+) AS Greece kita batalkan, dgn x2Influence Serbia dan Slovenia di delete, Paraguay telah mendarat di Eropa, Jerman berhasil membebaskan UK dari RoC dan France,
(-) Bulgaria kehilangan seluruh wilayah jajahan oleh pemain2 Romania, Irlandia ditendang dari eropa tengah,

4. Pukulan telak dari Asteria adalah hilangnya Croatia dari India. semakin memperburuk keadaan sirius secara keseluruhan. hingga saat ini, USA dan Turkey belom juga melakukan apa2 untuk aliansi. belom ada perang penting/besar yang mereka buka. hal yang membuatku secara pribadi tidak menyetujui Indonesia melakukan AS. Aurora telah 5 kali melakukan AS, Irlandia 1x Chile 2x Paraguay 2x. AS ini katanya ditujukan untuk membantu perang di Eropa. faktanya mengapa tidak dua negara tersebut saja yang membantu jika memang butuh bantuan di Eropa. AS bisa direct war dgn Argentina, turki dengan Greece. aku pribadi tidak menyetujui AS yang akan membuat kita hanya menjadi boneka. hal ini juga semakin tampak ketika UK hampir di delete oleh RoC dan UK, yang membantu malah Jerman dari aurora. kemanakah anggota sirius yang lain?

5. Kerjasama Asia dalam kerangka ADP memiliki prospek yang sangat cerah. ketiga negara sangat open ketika memiliki rencana perang masing-masing. Kita telah menyampaikan rencana perang lawan Greece sebelum law di propose dan ditanggapi dengan sangat baik, begitu juga ketika China di NE oleh Croatia. kita tetap memilih untuk berada di belakang China karena Croatia telah menolak MPP dengan kita yang berarti pasal keempat ADP telah memenuhi persyaratan.

6. Albania telah meminta Indonesia untuk membantu mereka agar dapat masuk kedalam Aurora. permintaan telah diproses dans sedang dipertimbangkan untung - rugi nya.

7. Mexico telah menjadi Trial Member Aurora.

8. Hubungan dengan Hungary telah mencapai tahap yang baru. prospek hubungan kedua negara sangat cerah. kesepakatan-kesepakatan yang telah dibuat dari 2 bulan yang lalu mulai sedikit demi sedikit dilakukan dan beberapa tahap lagi dari finalisasi.

9. NE dari Malaysia sudah dilayangkan. Sabah segera kembali ke ibu pertiwi.



[Pengumuman]
Saya membuka kelas Akademi MoFA. Kelas ini diutamakan bagi lulusan IPDN jurusan Hubungan Internasional. Akademi ini akan memberikan materi yang berdasarkan pada praktek lapangan dalam waktu 30 hari. bagi yang berminat silahkan PM saya disertai dengan bukti kelulusan (bisa pengumuman di artikel ataupun yang lain). jika non-lulusan, bisa meminta rekomendasi dari mantan MoFA ataupun CP.



"dream as high as the sky, if you are fell, you'll fall among the stars"
-Soekarno, Founding Father of Indonesia

MoFA of eIndonesia

DevaJr/nadief
 

Comments

sapi.tempur
sapi.tempur Day 2,360, 22:40

pertamax milik sapi

DevaJr
DevaJr Day 2,360, 22:40

hasyuuu

sapi.tempur
sapi.tempur Day 2,360, 22:52

mengenai AS greece episode 2 gmna pak? kabar2nya kalimantan tuh

DevaJr
DevaJr Day 2,360, 22:58

sekarang status siaga satu. info kemiliteran akan di update oleh om mbee

DevaJr
DevaJr Day 2,360, 22:40

pertamax is secured!

DevaJr
DevaJr Day 2,360, 22:50

pertamax resmi dari Mofa cuma yang ini wakaka

sapi.tempur
sapi.tempur Day 2,360, 22:55

SAPI > MOFA

Pazza Inter Amalla
Pazza Inter Amalla Day 2,361, 02:45

mblo ikut akademi mofa mblo

penting
penting Day 2,360, 22:56

kduaxx

MikhailAntonov
MikhailAntonov Day 2,360, 23:02

ke sekian maxxx...

Terima kasih tim MoFA yang selalu memberi info terkini!

btw, sekilas lambang MoFA yang di awal artikel mirip ama lambang deplu RL xD

DevaJr
DevaJr Day 2,360, 23:03

emank basis nya dari itu :p

MikhailAntonov
MikhailAntonov Day 2,360, 23:05

pantes xD

DevaJr
DevaJr Day 2,360, 23:08

wakaka tempat kerja impian

Si Barda
Si Barda Day 2,360, 23:20

noted

MantanPejabat
MantanPejabat Day 2,360, 23:30

jabatan lama ni yeeee

DevaJr
DevaJr Day 2,360, 23:38

yang terakhir sebelum skripsi pak

MantanPejabat
MantanPejabat Day 2,362, 03:05

ahahaha berjuang gan :v

Magnanimous
Magnanimous Day 2,361, 00:00

I don't speak Indonesian. Where's the English version?

DevaJr
DevaJr Day 2,361, 00:08

eh belagu -___-

aliy1
aliy1 Day 2,361, 02:32

muke gile si om

raepras
raepras Day 2,361, 00:02

konsep kelas MoFA gimana? bedanya sama kelas luar negeri IPDN apa?

kirain jadi jalanin rencana edukasi terintegrasi
- tutorial game-mech untuk nubi via web tutorial
- tanya jawab dan mentoring via #mentornubi
- persiapan regenerasi govt/kongres via IPDN

DevaJr
DevaJr Day 2,361, 00:17

kalo di ipdn lebih pada teori, akademi mofa ke arah praktek nya oms

maaf oms, di RL lagi sibuk, makanya saat ini Mofa Academy dulu, ini udah utang ane ke rafirag dan anak2 hi ipdn sejak 2bulan lau

raepras
raepras Day 2,361, 00:20

hoo ok. mudah-mudahan ngga keteteran.

Dendi Uzumaki
Dendi Uzumaki Day 2,361, 00:24

Berarti yang ikut kelas MoFA harus lulusan IPDN kah ?

DevaJr
DevaJr Day 2,361, 00:33

enggak harus oms, kalo enggak dengan rekomendasi dari mantan MoFA atau CP

Dendi Uzumaki
Dendi Uzumaki Day 2,361, 00:17

Mungkin pemerintah gak dukung IPDN jadinya terpisah pembelajarannya

raepras
raepras Day 2,361, 00:21

kelas MoFA dan IPDN yang bikin sama-sama govt. xD

Dendi Uzumaki
Dendi Uzumaki Day 2,361, 00:25

Kali aja sudah jadi Badan Hukum Pendidikan :p

DevaJr
DevaJr Day 2,361, 00:38

utk ipdn dulu udah ane buat peraturannya
www.erepublik.com/en/article/2373230/1/20

dan awalnya dengan wangdimi, rektor sebelumnya, dipisahkan antara pembelajaran teori dan pembelajaran praktek, sekarang aku gapunya kekuasaan untuk menerapkan program praktek ini di setiap kementrian, setidaknya aku melakukannya di kementrian yang aku pimpin

Dendi Uzumaki
Dendi Uzumaki Day 2,361, 00:16

Kayanya buru buru yah nulisnya bang ?
- Coba dibaca lagi gaya bahasa dan penulisannya, didalam laporan ini ada penggunaan gaya bahasa Aku/Aku Pribadi/Saya/Kami/Kita, kalau boleh saran sih dalam laporan resmi negara jangan pernah pakai kata aku dan saya tapi Kami untuk menunjukan Pemerintah dan Kita untuk menunjukan Bangsa Indonesia, terutama ketika membuka kelas akademi yang bertujuan untuk diplomasi.

- "hal ini juga semakin tampak ketika UK hampir di delete oleh RoC dan UK" <== ini maksudnya UK didelete sama UK juga gitu ???

- Saran ketiga, Laporan Diplomasi negara sebaiknya menggunakan sudut pandang negara dan bukan merupakan rangkuman yang diambil dari berita berita luar negeri karena ini menunjukan pandangan bangsa

- Untuk masalah diplomasi yang dijalin langsung dengan negara (bilateral/multilateral) sebaiknya lebih diperinci misalkan seperti ==> "Hubungan dengan Hungary telah mencapai tahap yang baru. prospek hubungan kedua negara sangat cerah"

Mohon maaf yah sebelumnya

DevaJr
DevaJr Day 2,361, 00:30

untuk beberapa point, memang saya mengemukakan opini pribadi juga, karena untuk melengkapi hal yang telah disampaikan.

utk yang masalah akademi, kan memang saya selaku mofa membuka akademi mofa, jadi ya begitu.

utk berita ttg hubungan bilateral atau multilateral, jika ada yang siap untuk dikomunikasikan akan dikomunikasikan rinci, seperti masalah ADP. masalah nya juga ini artikel dibaca oleh orang luar, jadi arus informasi harus dikontrol,

utk mengemukakan kebijakan negara, pasti akan juga menggunakan dual bahasa om, karena kebijakan harus disampaikan ke dalam dan keluar, jika belum ada kebijakan yang ingin di sampaikan, maka artikel mofa akan berfungsi sebagai alat untuk membuka wawasan masyarakat karena di dalam negeri koran ttg berita luar negeri sangat kurang. salah satu program edukasi dari mofa

terimakasih om atas masukannya

Dendi Uzumaki
Dendi Uzumaki Day 2,361, 00:35

Nah maksudnya justru seperti itu, DevaJr, dimaan DevaJr sebagai MoFA dan sebagai pribadi harus dipisahkan.

Nah soal akademi yang buka Deva atau Negara ?

Untuk rincian warga negara bisa dapat dimana yah kalau bukan diartikel ? Jangan sampai kerjasama baru diprotes justru setelah ditandatangani, minimal mancing reaksi warga lah

DevaJr
DevaJr Day 2,361, 00:44

kan dibuka, yah programnya ane buka, peresmiannya, salah nya dimana om? ane bingung @,@

hmm... utk masalah aku memasukkan opini, itu menurutku harus, karena dengan aku mengemukakan opini, maka aku memberikan pembaca alternatif terhadap situasi terjadi, karena tidak semua mengalami pemahaman yang sama, maka aku membuka pintu agar opini2 lain dapat tumbuh. karena akumulasi opini itu nantinya dapat dijadikan bahan pertimbangan membuat kebijakan

Dendi Uzumaki
Dendi Uzumaki Day 2,361, 00:51

Begini bang DevaJr, kalau seseorang diangkat sebagai pejabat Pemerintah maka harus dipisahkan antara pendapat/tindakan pribadi dengan pendapat/tindakan Pemerintah. Jadi ketika DevaJr berbicara sebagai Pribadi sebaiknya dipisahkan dari Laporan Resmi MoFA. Biasanya di artikel/koran pribadi. Pendapat DevaJr disini sebagai seorang MoFA atau sebagai seorang DevaJr ?

Termasuk didalamnya soal pembukaan Akademi MoFA, yang membiayai, mendanai dan lain sebagainya apakah Pemerintah atau DevaJr ? Kalau DevaJr mau buka akademi MoFA, maka sebaiknya dibuka di artikel pribadi bukan Laporan Resmi MoFA, tapi kalau memang Pemerintah yang buka dan yang setahu saya Pemerintah bukan orang per orang didalamnya maka sebaiknya menggunakan Kami atau Pemerintah membuka.

Ini pendapat bodoh saya saja sebagai masukan bang, mohon maaf lagi

DevaJr
DevaJr Day 2,361, 01:02

wah gapapa sih oms, ane juga kepikiran jadinya.

utk masalah yang akademi mofa, toh ini peresmiannya, ya seperti 'dengan ini saya resmikan; emank beda ya?

untuk masalah opini, mungkin sebaiknya aku akan merubah pola dengan catatan kaki, karena aku tetap merasa bahwa opini dapat disampaikan melalui koran mofa, karena format koran mofa saat ini bukanlah untuk menyampaikan kebijakan, tetapi lebih memberikan pengertian kepada masyarakat, kalo misal dalam koran mofa yang format nya adalah penyampaian kebijakan, saya akan memisahkannya oms

K A M B I N K
K A M B I N K Day 2,361, 00:34

SETUJU SAMA INI, MOHON DIREVISI DEVA !!!

MOHON YANG KOMEN PUN GA CUMA REPOST ARTIKEL LAMA, SEMANGAT DONK BIKIN LAGI ARTIKEL2 CERDASNYA

Dendi Uzumaki
Dendi Uzumaki Day 2,361, 00:36

Artikel cerdas mah orang baru ajalah, yang tua-tua mah cukup nostalgia saja, kecuali kalau memang dibutuhkan :p

threesecond
threesecond Day 2,361, 03:05

^^^ dah tua ternyata

untung gw baru 17 tahun lebih dikit

F. Satria Nagara
F. Satria Nagara Day 2,361, 21:15

Voted. IMHO, MoFA sebagai corong profesional pemerintah. Kalau dicampur pendapat pribadi jadinya doktrin yang menjadikan suatu pihak sebagai diktator.

/me balik lagi ngurusin kebon

angky
angky Day 2,361, 01:24

dan mana mofa2 bule cewe yg sexi2 ga diajak ke irc sekalian kah ???

DevaJr
DevaJr Day 2,361, 01:47

itu bagian ane

koeprets
koeprets Day 2,361, 21:24

Waria2 Bule maksudnya ky,

angky
angky Day 2,362, 02:05

pacar2 lu lah pokoknyaa

MahoSquare
MahoSquare Day 2,361, 01:57

Komen diKoran calon HT ah . . . .

aliy1
aliy1 Day 2,361, 02:42

ebuset

AncientSquare
AncientSquare Day 2,361, 04:32

wadefakkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk

K A M B I N K
K A M B I N K Day 2,361, 07:55

ENTAH MANA INI YG SAPI

Kuda Reborn
Kuda Reborn Day 2,361, 08:02

Ih wow. Sodara y?

Arcelven
Arcelven Day 2,361, 10:52

ngeri bah, krisis moneter erepublik membuat ente nyapi. istigfar

Yuko Oshima
Yuko Oshima Day 2,361, 14:53

ciee, ketemu sama sodaranyaaa

 
Post your comment

What is this?

You are reading an article written by a citizen of eRepublik, an immersive multiplayer strategy game based on real life countries. Create your own character and help your country achieve its glory while establishing yourself as a war hero, renowned publisher or finance guru.