Ambient on/off

Sign up

 

Continue

Continue By creating an account you agree to the Terms of Service & Privacy Policy
Resend email   |  Can't find the email? confirmation@erepublik.com

Resend the confirmation email to this address

Resend email Can't find the email? confirmation@erepublik.com

-KRITIK/SARAN- Untuk Sistem Pemerintahan yang Lebih Baik

Day 838, 00:19 by lacuk

Pertama-tama, selamat kepada presiden terpilih blackmanta, semoga mampu memimpin dan membawa eIndonesia menjadi lebih baik.

Juga kepada manpres Roy_f beserta seluruh tim kabinet yang telah menyelesaikan masa tugasnya dan berhasil meraih monas, walaupun berimbas dengan kondisi keuangan negara yang memprihatinkan, serta bentuk pertanggungjawaban yang ambrudradrulll :D

Dsini saya mengajak kita semua untuk berfikir positif demi kejayaan dan kemajuan eIndonesia, mari kita jadikan kesalahan terdahulu sebagai pelajaran untuk tidak mengulanginya lagi.


Sedikit masukan atau mungkin kritik :

1. Menteri dan Pejabat setingkat menteri yang terangkum dalam sebuah kabinet seyogyanya bertanggung jawab kepada presiden yang telah mengangkatnya, merupakan kewajiban mereka untuk membuat laporan kerja baik secara berkala maupun kolektif kepada presiden selaku atasan langsung.

2. Bentuk pertanggung jawaban presiden idealnya bersifat kolektif (lihat poin 1), yang kemudian disampaikan kepada Lembaga Kongres atau langsung di Publish kepada khalayak untuk dievaluasi. Dalam hal ini Presiden dan Tim Kabinet harus proaktif dalam menanggapi segala kemungkinan yang akan terjadi, sebagai bentuk tanggung jawab tentunya.

3.a. Berkaitan dengan 2 hal tersebut diatas, sangat tidak relevan apabila presiden dan jajaran kabinet menyampaikan LPJ secara terpisah, namun dalam hal ini presiden bisa saja menunjuk salah satu stafnya sebagai konseptor/juru bicara apabila dirasa tidak mampu menyampaikan laporan secara sistematis dan gamblang.

3.b. Berkaitan dengan poin 2, akan lebih kompetitif apabila diberlakukan aturan yang lebih ketat, dimana apabila LPJ presiden ditolak oleh lembaga kongres, yang bersangkutan akan dikenai denda/sanksi, untuk itu diperlukan aturan yang baku. Hal ini bertujuan untuk lebih mengontrol kinerja presiden terpilih dan menguatkan aura perpolitikan dalam negeri.

4. Lembaga Kongres hendaknya segera menyusun semacam 'Rencana Nasional Jangka Pendek' (misal per 5 bln) untuk kemudian dipedomani oleh presiden2 terpilih dalam periode itu, agar arah kebijakan permainan ini jelas dan berkelanjutan.

5. Diperlukan aturan baku yang dibuat dan disahkan oleh lembaga kongres tentang : aturan dan format LPJ (biar presiden gak seenaknya lagi bikin laporan), aturan2 tentang kepartaian, syarat2 menjadi presiden/anggota kongres lengkap dengan tugas & kewajiban, ketentuan pemilu, aturan tentang debat capres, dll.

6. Bertalian dengan semua tersebut diatas, hendaknya semua pihak yang ingin mencalonkan diri agar dapat memahami tugas dan fungsi jabatan yang ingin diembannya dan bisa sedikit berkaca akan kemampuan/kapasitasnya. Agar tidak ada lagi kongres yang bisu, menteri yang bingung, atau presiden yang ngelantur.


Kita semua tau ini hanya permainan, tapi sebuah permainan akan lebih seru apabila dinikmati dengan tidak bermain-main.


Semoga bisa menjadi masukan.


Salam,

cuk

last edited, day 838 17:40

 

Comments

lacuk
lacuk Day 838, 00:20

Pertamax habis

Entrazor
Entrazor Day 838, 00:21

Cuma bisa bilang sarannya bagus

Pertamax mungkin?

Raclaf
Raclaf Day 838, 00:26

"Jadi gak ada lg kongres yg bisu, menteri yg bingung, ato presiden yg ngelantur."
hayooo hayoo dibaca kongres,pak mentri,dan pak pres

Steven Sitongan
Steven Sitongan Day 838, 00:29

q premium aja... ini bener banget.. bila perlu ada jubir kepresidenan.

masak kalah kita.. sama negara2 lain.. bertindak dong pemerintah

play.it.hard
play.it.hard Day 838, 00:36

saran mantap!

untuk nomor 4, sulit klo anggota kongres yang netapin, secara tiap bulan juga mereka ganti. mungkin ada yang mau inisiatif?


Sionk van Guloon
Sionk van Guloon Day 838, 00:42

ternyata nomer 3 nya dobel..

masgi
masgi Day 838, 00:53

komen dulu baru baca.. :Peace:

R Galih Kaliki
R Galih Kaliki Day 838, 01:00

"Jadi gak ada lg kongres yg bisu, menteri yg bingung, ato presiden yg ngelantur."

"- biar bisu tapi ngartis, bingung gak dapet gaji ke-13, ngelantur mimpi naik kuda -"

pedes ga???? yang pedes karetnya dua wekwkwkwk

lacuk
lacuk Day 838, 01:00

@sionk. Hehee.. Iya gan, tp udah ane bnerin tuh

Reb3llist
Reb3llist Day 838, 01:28

boleh juga tuh.. tapi sama gak yah kaya program dewan konstituante nya bro avant??
tapi itu boleh juga tuh..

Anies Baswedan
Anies Baswedan Day 838, 02:33

UNDANG UNDANG DASAR!!!!!!!!!!

Stephanusn
Stephanusn Day 838, 03:54

IYE HARUSNYA ADA STRATEGI NASIONAL...

<a href="http://www.erepublik.com/en/article/perlunya-sebuah-strategi-nasional-1207559/1/20" target="_blank">http://www.erepublik.com/en/article/perl[..]1/20</a>

itu artikel gw sebulan lalu.....

Brangau
Brangau Day 838, 11:15

nice input, gan

vosakz
vosakz Day 838, 17:25

Nice article..
Voted!!! MERDEKA!!!

lacuk
lacuk Day 838, 17:53

asem... gara2 si alay salah mencet koran gw tenggelam dah :o

@all. makasih tanggapannya

lg nunggu presiden ama orang kongres, moga2 mereka mau baca

Genk Ledakan Bayi
Genk Ledakan Bayi Day 838, 19:51

Salam Bayi Sehat!

Masila
Masila Day 838, 22:00

Jangan pada bacot doank lah

Mau ada UUD?
Bantu bikin lah

Jangan cuman pada bisa ngomong doank

Kalo kaga bisa bantu bikin, yawda diem aja
Lakuin yang bisa lw lakuin
Negara udah ancur2an kaya gini masih cuman bisanya ngomong doank

Malu2in lah

 
Post your comment

What is this?

You are reading an article written by a citizen of eRepublik, an immersive multiplayer strategy game based on real life countries. Create your own character and help your country achieve its glory while establishing yourself as a war hero, renowned publisher or finance guru.