Ambient on/off

Sign up

 

Continue

Continue By creating an account you agree to the Terms of Service & Privacy Policy

[eINDONESIA BANGKIT] Permanen atau Sementara?!

Day 1,746, 03:46 by Nurmillaty A.M
Jika game ini hanyalah sampah, maka tentu eRepublik merupakan sampah terindah karena darinya terjalin hubungan-hubungan nyata, kedekatan, keakraban, canda tawa komunitas dan kekerabatan.



HAIL eINDONESIA!!

Selamat Pagi, Siang, dan Malam wahai eHati-eHati yang sepi dan kolor-kolor yang mengantri untuk digelontor di medan adu toyor.
Kali ini saya membuat artikel ini sebagai bentuk partisipasi terhadap lomba MoCI yang ini, sekaligus memuntahkan semua unek-unek dan pemikiran yang lama ngekos di alam khayal belaka.
So, Selamat Membaca ♥



1. Defisitnya Dana NBeI
Sudah banyak kawan-kawan yang mengusulkan ini-itu perihal dana NBeI. Saya yakin telah ada yang mengusulkan agar donasi Jumat dioperasikan lagi, atau income tax dan vat dinaikkan sampai angka maksimal.
Maka daripada mengulang usul yang sama, saya ingin menggarisbawahi satu hal lain yang menjadi penyebab stok eHarta di NBeI terjun bebas, yaitu efisiensi penggunaan dana.

Maksudnya apa, sih?

Kalau kita tanya Bapak Grossadmiral, jawaban tentang defisit NBeI yang kita dapatkan mungkin tidak akan jauh dari "dana lograk, dana perang, dana TNeI". Tapi tahukah Anda, bahwa periode-periode sebelum Bapak Grossadmiral juga pasti lograk pernah buka, dana perang digelontorkan. Tapi tidak pernah uang kas kita semerosot ini. Apa gerangan penyebabnya?

Pan sebelumnya belum ada weapon Q7...

Pintar! Dulu lograk maks memakai Q6 yang ketika itu harganya 20-30 IDR, sampai kemudian weapon Q7 menyerang dan avatar sang ketua empat elemen menghilang. Mendadak budget lograk pun naik drastis, ditambah lagi kurangnya perhitungan efisiensi dana lograk yang terjadi.

Terus maksudnya efisien atau tidak itu gimana?

Mari kita berpikir sejenak, dengan harga weapon Q6 di market sekarang 22 IDR perbijinya, harga 1 hit adalah 3.5 IDR. Bandingkan dengan harga weapon Q7 yang 56 IDR perbijinya, dengan harga 1 hit adalah 5.6 IDR.

Lograk subsidinya diganti wep Q6 gitu? Kan damagenya beda, mbak -____- alokasi damage kita berkurang dong.

Sabar, penjelasan saya belum selesai. Untuk div 3 dan div 4 memang perbedaan damage Q6 dan Q7 bisa dibilang terasa jelas. Tapi untuk div 1 dan div 2, perbedaan damagenya tidak terlalu besar. Dengan asumsi fighter div 1 dan div 2 jumlahnya termasuk lebih dari cukup, semestinya jika supply #lograk dirubah menjadi Q6, kita masih akan baik-baik saja.

WAH GAK ADIL DONG GIMANA SIH INI NAMANYA DISKRIMINASI!!

Tidak, tidak ada niat untuk mendiskriminasi di sini. Tahu tidak, dulu room logistik eIndo itu pernah terbagi menjadi #lograk dan #indotank? #indotank dikhususkan untuk STR xxxx ke atas, sedangkan bule dan STR di bawah patokan diarahkan ke #lograk. #indotank supply Q6 sedangkan #lograk supply Q5. STR xxxx itu dipatok dengan pertimbangan selisih hit Q5 dan Q6 apabila STR nya sekian dan sekian. Diskriminasi? Bukan, melainkan usaha penghematan dan pengontrolan dana logistik!

Terus kalo div 1 dan div 2 lagi kalah?

Bisa 'kan dibuat pengecualian-pengecualian untuk war tertentu? Dengan sistem seperti tadi juga dulu pernah ada pengecualian, kok. Tentu pengecualian itu diberlakukan ketika strategi jelas, dan semua rakyat tahu dari jauh-jauh hari, sehingga gak ada yang namanya COTD atau komando mendadak dirubah di tengah jalan :)

Begitulah, yang harus dipikirkan tentang defisitnya NBeI bukan hanya tentang bagaimana mengisi ulang dana, tapi juga bagaimana agar lobang pengeluaran NBeI bisa diperkecil, ditambal, sehingga dana yang didapat tidak kembali terbuang secara cepat lagi. Jika hal ini tidak diusahakan, maka "kebangkitan eIndonesia" hanya akan bersifat sementara. Melonjak di satu waktu, lemas lagi di waktu lain. Karena apa? Karena dana digenjor, tanpa arahan dan kontrol yang jelas. Dana kembang-kempis. Kasian, kan................



2. Kehampaan jumlah pemain aktif, khususnya di divisi 4.

Di sini ada 3 solusi, yaitu solusi jangka pendek, solusi jangka sedang, dan solusi jangka panjang.

a) Jangka pendeknya, adalah membuka lograk untuk bule-bule di divisi 4, sehingga defisit damage di divisi 4 dapat tertutupi. Kemudian bangunkan kembali para tanker eIndonesia yang telah lama tertidur atau pensiun.

b) Jangka menengah, yaitu mengusahakan koordinasi divisi 1, 2, 3 dengan baik untuk memenangi round-round secara teratur, sedangkan divisi 4 ditentukan round khusus dimana health dapat dijor-jorkan. Cara ini sudah diaplikasikan oleh MoD kita beberapa kali dan terbukti berhasil. Minusnya adalah rakyat divisi 1 2 3 4 setidaknya harus 65% aktif IRC. Positifnya adalah euforia kebersamaan ketika berperang juga bisa terasa ketika koordinasi via IRC ini dilakukan :)

c) Jangka panjang, yaitu melakukan usaha-usaha jangka pendek maupun jangka menengah, bersamaan dengan usaha BABYBOOM.

Mari kita berpikir lagi sejenak. Tidak bisa ditepis bahwa kenyataannya, pemain-pemain div 1 2 3 enggan naik tingkat ke div 4, sehingga pertambahan jumlah pemain di div 4 akan semakin lama. Saya tidak menyalahkan mereka karena faktanya div 4 memang bagaikan neraka. div 4 jarang dipuji ketika ada perang besar. div 4 sering kalah. div 4 sulit cari BHM. div 4 adalah divisi tak berujung dengan lawan-lawan mengerikan macam Romper dan Waferjagung.

Tapi setidaknya suatu saat mereka PASTI akan naik ke divisi 4 karena tiap hari jumlah exp pasti bertambah (kecuali char tidak dimainkan). Sekarang masalah barunya adalah, jika mereka naik ke divisi 4, lalu kekuatan div 1, 2, 3 menjadi kendor karena pemain-pemainnya berpindah divisi, apa yang bisa kita lakukan? MAU APA KITA?

Jawabannya tentu saja, babyboom. Sapiboom? Cih, tidak akan bertahan lama. Malah ujung-ujungnya jika menyebabkan banned pada pemain divisi 4 atau 3, bagaimana? Kita tidak bisa selamanya mengandalkan peternakan. Kita harus mulai mencari tenaga manusia yang asli.

Tahu tidak, dulu alasan saya tidak mendukung program babyboom apapun adalah karena pemain yang baru eLahir hanya akan tertindas oleh modul game yang mendewakan pemain-pemain lama. BAYANGKAN! eHarta cuma beberapa peser IDR dari new citizen fee, gold lekas habis untuk upgrade Town Center dan membangun pabrik-pabrik awal untuk bertahan hidup, damage kecil yang bahkan meskipun sampai bakar-bakar gold tetap tidak bisa mendorong bar 1% sekalipun. STR seiprit. Bisa dapat BHM kalau sudah menabung sebulan, kadang dua bulan, untuk menyetok bazooka dan permen.

Tapi, sekarang? Apakah nubi akan -maaf- sesampah itu? Tidak. Modul game ini mulai bersahabat dengan pemain-pemain baru. Damage mereka dibutuhkan di divisi 1 dan 2, bahkan sewaktu-waktu bisa jadi lebih penting daripada damage kawan-kawan di divisi 3 dan 4. Tak harus menunggu sebulan untuk dapat BHM. Bahkan jika aktif twitter (follow @erepindo) maupun IRC, besar kemungkinan dapat bantuan-bantuan dari kawan lain. Oh God, mendadak banyak oldbie-oldbie yang berharap angka level mereka hilang puluhannya.

Artinya, sekarang keadaan lebih memungkinkan untuk babyboom karena modul lebih mendukung dalam hal membuat nubi merasa dihargai dan diperlukan keberadaannya.

Cara babyboomnya gimana? Ada ide, nggak?

Ide babyboom mah banyak. Di antaranya :
1. Seperti yang sudah mulai digalakkan teman-teman, yaitu membentuk kelompok babyboom untuk menyerang forum-forum game dan kaskus.
2. Twitter. Pemanfaatan twitter ini bisa lebih dari sekedar update info erepublik lewat @erepindo. Kalau mau, kita koordinasikan dan rencanakan tanggal dimana seluruh -ya, SELURUH- pemain erepindo yang mempunyai twitter harus men-tweet dengan hashtag tertentu, seperti #erepindo #erepublik atau apa, menyundulnya sampai menjadi TTI! ATAU BAHKAN TTWW! *plak*
Jika menjadi TTI, pasti ada orang-orang yang akan mencari apa sih maksudnya hashtag itu, yanggak?
3. Iklan di koran, tapi supaya efisien sebaiknya dibarengi dengan acara erepindo. Semisal Community for Charity, atau apa gitu dah.

Emmm berarti kemungkinan nubi-nubi itu langsung quit setelah 7 hari pertama main game hilang ya?

Yahahahahahahahahahahanggak, lah.
Kenapa kok nggak?
Karena tutorial game untuk first day steps tidak lengkap, kurang jelas, bahkan tutorial war apa kabar? sudah dibuatkah yang sesuai untuk modul divisi-divisi ini?

Yang di topic mentornubi itu?

Gih buka deh. Coba acak-acak itu. Sila Anda nilai sendiri, perlu tidaknya tutorial-tutorial itu diperbaharui. Menurut saya pribadi, mestinya tutorial-tutorial itu diupdate, entah ditambahi gambar atau pengertian-pengertian tambahan. Atau bahasa penyampaiannya dipercantik.

Terutama modul war itu tadi, perlu dirombak. Hal ini sudah pernah saya sampaikan ketika lomba [BACOK-CANESTER] tapi rupa-rupanya tidak ada yang menggubris. Mau bikin tutorial sendiri, RL penuh pembantaian PR dan ulangan *sigh* Akhirnya setiap kali ada nubi bertandang ke IRC dan bertanya, kakak, bisa jelasin modul war? Penjelasan para mentor jadi kurang terfokus, banyak yang terlewatkan, karena kurang memadainya tutorial yang lazim menjadi patokan.

Hmmm... kalau tutorial sudah sip, bagaimana?

Silakan mulai babyboom, tapi bersamaan dengan itu bangunlah kembali ke-interaktif-an di media, IRC, shout feed, baik antara rakyat dengan rakyat maupun antara eGov dengan rakyat. Satu hal lagi yang perlu diingat, kondusifkanlah situasi di sini. Hindari artikel-artikel dengan hiasan nama penghuni kebun binatang, atau kalaupun ada artikel demikian, usahakan buat pula artikel dengan isi ringan, cerita santai, cerita nostalgia, yang bisa jadi peredam efek dari artikel tersebut.
Kalau ingin mengundang orang lain, buatlah rumahmu menjadi kondusif dan nyaman untuk didatangi orang baru. Katanya game ini game komunitas, 'kan? Rumah kedua kita, 'kan? Tunjukin dong komunitasnya mana ;)

Jadi begitulah, jika diurutkan maka rencana jangka panjang ini adalah :
update tutorial -> babyboom + penyemarakan IRC shout feed twitter erepindo media in game dll -> div 1, 2, dan 3 regenerasinya aman -> pemain-pemain bisa naik divisi dengan tenang untuk memperkuat div 4 ;)


Yowislah, segitu dulu saja pandangan-pandangan dari saya. Jangan lupa kritik, saran, maupun tambahan ide akan selalu ditampung dengan sepenuh eJiwa dan eRaga. V+S jika berkenan, donasi juga diterima selama tidak berupa RA :3

Salam Mentorbimbang,

Nurmillaty A.M


p.s. : Special thanks to om kedder yang memunculkan usulan dan pemikiran mengenai efisiensi lograk, Richard213 yang membantu pemikiran tentang bebibum, dan semua pihak yang membantu juga \o/
p.s. 2 : kepada penanggungjawab #lograk, kami menanti laporan transparansi arus dana #lograk ;)
p.s. 3 : ingin damage lebih terkoodinir? ayo gabung TNeI! persyaratan sederhana dan mudah, bisa dilihat di sini
p.s. 4 : jangan lupa follow twitter @erepindo untuk info-info gratis yang siap menghias TL Anda :D
p.s. 5 : sekian dan terima kasih sayang. *plak*
 

Comments

Nurmillaty A.M
Nurmillaty A.M Day 1,746, 03:46

fertamax!

def0
def0 Day 1,746, 03:55

mantab....voted max

Mantap Mentonk kBuLampeQ
Mantap Mentonk kBuLampeQ Day 1,746, 03:59

yeahhhhh beibebooom.... !!! pemain baru enak dapat BH dr pemain yg str cupu level tinggi ... qiqiqi.

A.S.W
A.S.W Day 1,746, 04:04

.donate dewaaaa

C U P I
C U P I Day 1,746, 04:04

p.s. 2 : kepada penanggungjawab #lograk, kami menanti laporan transparansi arus dana #lograk.

arus dana dari rakyat dan kantong pribadi,
nanti juga ada pelaporannya, disimpan dengan baik kok

blom ada dana NBeI nih kita

Nurmillaty A.M
Nurmillaty A.M Day 1,746, 04:10

om CUPILO, sip om, laporan arus lograk akan selalu kita tunggu dengan sabar dan senang hati kok
semoga dana NBeI segera turun dan tidak PHP : 3

/me lari~

koeprets
koeprets Day 1,746, 04:22

MANTABBB,,.

Lagi2 Anggota berbakat dari PETA.

kidger
kidger Day 1,746, 04:45

p.s.: sekian dan terima kasih sayang.

Arcelven
Arcelven Day 1,746, 04:48

Ralat: Jangka sedang --> Jangka Menengah

Nurmillaty A.M
Nurmillaty A.M Day 1,746, 04:56

Arcelven : edited ngus, matur tengkayu ~

Monster Crab
Monster Crab Day 1,746, 05:00

wahh.. mantabss
voted

Teabombay
Teabombay Day 1,746, 05:07

Koran begini ni yang saya suka, membahas sejarah, seneng bacanya buat newbie, hehe. Makasih mba, VCS done..

alcadieas
alcadieas Day 1,746, 05:10

ane div2 en beda q6 sama q7.
q6 3 hit cuma 6-7k, kalo q7 3 hit bisa 11k

real_von
real_von Day 1,746, 05:14

voted

Canester
Canester Day 1,746, 05:27

ada nama gw lg eui...

Richard213
Richard213 Day 1,746, 05:27

Ide ane ke pilih X D
L o L

akmalaputra
akmalaputra Day 1,746, 06:10

penjelasanya mantab, detail xD

andevelez
andevelez Day 1,746, 08:21

/me melongo liat mbak2 nurmiliaty

wiiih mantep artikelnya

ray alraja
ray alraja Day 1,746, 09:26

Jgn cuma di puji, ayoo di wujudkan, jgn smpe artikel ini cuma jd hiasan yg bsk atau bsknya lg terlupakan. Yg nyapres coba di liat & di pahami penjabarannya.

woodward354
woodward354 Day 1,746, 10:38

Nice article

rmdikas
rmdikas Day 1,746, 13:29

mpoted kk
\o/

santuah
santuah Day 1,746, 15:52

asli keren dan mantaps artikelnya..perencanaan yg terukur tinggal actionnya nih??
v+s aja kayaknya ga ckp..salut deh kk

RyGnwn
RyGnwn Day 1,746, 17:50

setubuh
dulu lebih parah malah, BAJA dapet 5 Q1 dan Indotank dapet 80G+40weapon Q5 per battle
dan itu cukup adil (ga perlu cerita lg soal uang jajan anak SD, SMP, SMA kan?)

Rakyat ga terima dengan log kecil?
Silahkan beli sendiri, udah dikasih kok milih2

ngapain sih ngebebanin NBI klo emang ga sanggup?
Beda ceritanya klo kas kyk China, mereka sanggup buat bayarnya

Luciver
Luciver Day 1,746, 18:01

vote buat artikelnya nur

barbar
barbar Day 1,746, 18:11

"ngapain sih ngebebanin NBI klo emang ga sanggup?"

setuju..

Jeme Gile
Jeme Gile Day 1,746, 18:20

.donate

def0
def0 Day 1,746, 18:58

"ngapain sih ngebebanin NBI klo emang ga sanggup?"

setuju..x2

ScimitarInd
ScimitarInd Day 1,746, 19:05

Se7 dengan ide2 ini \o/

satu lagi, sebenarnya euforia nahan level ini rada aneh juga, buat div 1 dan 2 oke lah,
tapi buat yang udah div 3 mah ngga terlalu efek. buat anggota div 3 dan div 4 sebenarnya cuma kembali ke modul erep kemarin, dimana para dewa udah pada berkumpul di divisi itu, mau nahan level naikin str juga rasanya percuma, soalnya para dewa juga naik terus strnya tiap hari dengan full napo. harapan BH dan CH tipis banget.

ScimitarInd
ScimitarInd Day 1,746, 19:07

Jadi, yang div3, rasanya gak perlu lah nahan2 level, cepet tambah aja jumlah pemain di div 4,

Trus nanti gimana dong di div3 ? jadi kosong ?

oh tenang aja, rekan2 kita di div2 yang lagi numpuk str akan lambat laun mengisi divisi 3 dengan str yang lebih mumpuni lagi, mungkin lebih dari div3 yang ada sekarang

mas marco kartodikromo
mas marco kartodikromo Day 1,747, 01:20

potato!!!

RaviMirza
RaviMirza Day 1,747, 02:41

voted soalnya ada BABYBOOM \o/

Ekrem Chehab
Ekrem Chehab Day 1,747, 02:52

utamakan STR jangan exp : p

si petung
si petung Day 1,747, 03:14

ide pertamanya bagus juga, tapi belum teruji. kalo dulu pembedaan q5 sama q6 masih bisa diterima karena selisihnya kecil (0.2 kali) dan dicover sama yang str nya gede (belum ada pembagian divisi). tapi sekarang q6 dan q7 selisihnya cukup besar (0.8 kali), dan kalo lawan make q7 ga bakal ada yang cover kecuali jumlah kita (div 1 dan 2) lebih banyak. tinggal keberanian dan kemauan gov untuk menguji teori ini 2-4 round dalam suatu campaign penting, kalo bisa dalam waktu dekat.

Phantom Pain
Phantom Pain Day 1,747, 03:16

ada yang kelebihan wepon ngk?

Si Barda
Si Barda Day 1,747, 03:55

kontribusi pemikirannya TS kerenmaxxx
/me salutmaxxx

Nurmillaty A.M
Nurmillaty A.M Day 1,747, 07:40

hmmm, sejalan sama komen om petung dan om kebab, sepertinya teknis ide pertama di atas bisa dikoreksi, yaitu perbedaan supply didasarkan pada STR dan bukannya exp atau bahkan lebih tepatnya lagi didasarkan pada besar damage sekali hit ...

"ngapain sih ngebebanin NBI klo emang ga sanggup?"
x1000

benar om petung, ide ini perlu diuji, semoga gov mau mengaplikasikannya barang satu-dua kali untuk meninjau hasilnya ...

irvan permana
irvan permana Day 1,747, 07:43

\o/

Elucidator
Elucidator Day 1,748, 01:10

hail mama nurmi dan papa irvan

Bleck Kampret
Bleck Kampret Day 1,748, 01:11

utamanya sih kesadaran masing2 citizen
selama bisa kenapa sih ga rogoh kocek sendiri
kalo dahmepet ya minta ke si syafei atau kalo takut soalnya dia galak atau gimana baru deh minta log ke lograk dsb nya
disinilah mental bicara, apakah mental peminta minta meski kantong masih ada isi, atau mental patriot beneran yg selama masih bisa ya terus berjuang dengan dana pribadi atau minta ke si syafei

LieChenZhou
LieChenZhou Day 1,748, 01:26

betul sekali, artikel tutorial nubie sangat diperlukan, moga moga bisa dibikin dengan semacam cerita bergambar.. i.e :

Tutorial menjadi prajurit (artikel gambar Rambo)
step 1 : work n train - jelasin caranya, penggunaan IDR ma Gold pemberian Platod gimana
step 2 :jelasin tuh STR buat apa, apa untung ruginya kejar lvl, cara2 make senjata, terus mana senjata yg bagus sesuai budget
step 3 : menangin WAR tuh gimana, cara jadi BH hunter tuh gimana,
dst...

gimana CC?

LieChenZhou
LieChenZhou Day 1,748, 01:29

pake gambar gambar biar keren..

Nurmillaty A.M
Nurmillaty A.M Day 1,748, 03:09

LieChenZhou , naaah seperti itulah tutorial-tutorial yang kita harapkan untuk muncul, tapi entah kapan akan ditanggapi keinginan kita ini ._.

Bleck Kampret : betul, meski damage sudah berpuluh2 juta buat eIndo tapi kalau damage itu keluar dengan full logistik dari negara tanpa mau usaha pribadi sedikitpun yah bukan pejuang namanya : )

LarasDea
LarasDea Day 1,748, 03:32

sadis... udah lama gak baca koran panjang dengan muka serius

/me peyuukksss nurmillaty

LarasDea
LarasDea Day 1,748, 03:37

menanggapi tutorial buat nubi
gini mbak nurmi, sebenernya yang penting tuh plot dari tutorial jelas, dan aku rasa, mentornubi udah kurang kondusif deh buat ngajarin nubi. perlu ada room lain yang di direct sama para mentor untuk ngajarin. yah liat sendiri kan sekarang mentornubi isinya apaan sih --a kata2 kotor yang tak seharusnya diucapkan pun, terucap.

jadi kalo dari saya pribadi, sarannya adalah, tentukan beberapa mentor yang memang bisa mentoring dari awal sampe at least level 15. (next)

LarasDea
LarasDea Day 1,748, 03:38

nah nanti setelah level 15, nubi tersebut diserahkan ke MU yang beliau pilih. jadi kita juga punya nih siapa sih mentor2 yang memang siap di setiap MU. biar nubi tuh gak bingung.

dan saran lagi, mentor tidak perlu yang sudah sepuh amat. biar toh fokus sepuh gak terpecah :p tapi ke orang2 yang memang bisa dengan sabar mengajarkan orang yang baru pertama kali masuk ke komunitas ini.

sekian
DEAMAXXXXXX

LieChenZhou
LieChenZhou Day 1,748, 23:22

kalo mau bikin tutorial saya ada ide tapi ga ada waktu buat bikin... kalo gw bagi ide aja gimana?

 
Post your comment

What is this?

You are reading an article written by a citizen of eRepublik, an immersive multiplayer strategy game based on real life countries. Create your own character and help your country achieve its glory while establishing yourself as a war hero, renowned publisher or finance guru.