Ambient on/off

Join the new world

 

[Opini] eIbu Pertiwi jadi Kepala Desa

Day 1,899, 06:01 Published in Indonesia Indonesia by Don Care Leone

Jangan kau kutuk kegelapan! Nyalakan lilin!”,
Saya yang jaga, Situ yang keliling!”,



Oke, stop Щ(ºДºщ)

Revaaaaaaaa~ \(´▽`)/

Eits, kali ini saya nggak akan bawa Revalina S. Temat walaupun banyak desakan menampilkan foto Reva, baik di eRep maupun IRC. Tapi mudah-mudahan kita bisa secepatnya kembali menjadi aktor/aktris utama seperti Ben Joshua atau Revalina S. Temat.

Masa kepemimpinan Om def0 tinggal beberapa hari lagi. Saya secara pribadi memuji langkah-langkah yang telah dilakukan presiden sekarang ini, Om def0 berserta Kabinet yang sudah bekerja keras. Saya berterimakasih. Walaupun sebenarnya agak kecewa dengan jarangnya pemberitaan dari Istana sehingga menimbulkan pergolakan politik dan terkesan tidak ada arahan. Saya juga ingin mengucapkan terimakasih kepada eKongres bulan Januari yang mengawal ePemerintahan Om def0. Kami tunggu LPJ ePemerintah dan eKongres.

Kalau buat artikel setiap hari dikira pencitraan, kalau nggak ada pemberitaan (artikel) dikira nggak kerja. Berhentilah mengutuk kegelapan, nyalakan lilin.”,

Itu salahsatu kutipan dari obrolan saya dengan Om def0 beberapa hari yang lalu. Beliau secara terang-terangan mengatakan situasi politik luar negeri jadi berbeda setelah eCroat kita usir dari Asia Tenggara (Oia, matur suwun Om Bujel yang telah memimpin pengusiran). Jadi memang ePemerintahan saat ini lebih fokus pada hubungan diplomasi luar negeri.

Memperbaiki hubungan antar RT dan RW, apalagi satu desa memang tidak mudah. Perlu melakukan banyak hal. Terkadang ada miskomunikasi antar tetangga, bahkan dengan anggota di rumah itu sendiri. Lalu ramai, jadi bahan gunjungan dan terkesan stagnan.

Tapi saya senang, banyaknya artikel politik dan berbagai saran serta kritikan yang berhamburan. Ada artikel dari mahasiswa IPDN tentang situasi politik kita menandakan betapa berkembangnya pendidikan politik di eIndonesia. Terlepas dari beberapa orang yang mengkritik tidak sehat, lebih banyak yang mencoba memberikan saran dan kritik terbuka. Dari sanalah kita bisa menilai – walau ada sedikit debat dan bertukar pemikiran, orang-orang cerdas yang secara tulus membantu eIbu Pertiwi.

Boleh saya katakan ini adalah kekacauan yang sehat, artinya meski tampak memunculkan pergolakan tapi memberi kesempatan lebih banyak pemimpin yang lebih berkualitas (kader-kader baru) bermunculan. Tapi situasi ini tetap harus dipandang secara optimis karena demokrasi telah menghasilkan keterbukaan politik secara luar biasa di eIndonesia.

Demokrasi bukan sesuatu yang jadi, tetapi suatu sistem yang membuka dirinya untuk diperbaiki terus-menerus, untuk memperbaharui dirinya terus-menerus. Adanya seseorang atau suatu kelompok mengganggu kelompok lain adalah hal yang wajar. Tetapi yang perlu diingat, demokrasi perlu kedewasaan, perlu etika yang kuat, menghargai perbedaan.

Tentu kita tidak ingin melihat demokrasi ditinggalkan. Setiap orang memiliki perannya masing-masing. Walaupun begitu, satu tujuan menjadikan nama eIndonesia terdengar kembali sebagai eNegara yang disegani adalah harapan kita bersama. Karena eIndonesia mempunyai bentuknya sendiri – yang kita ciptakan.





**

Bonus :



Lho, itu siapa?
Silahkan, bagi yang bisa menjawab pertama kali dengan benar akan mendapatkan 500 IDR. Masih kurang? Yang bisa ngasih tahu nomor hapenya, gue tambah 500 IDR lagi. Heuheu...oke cuuuuuuk~

 

Comments

WhitoOwl
WhitoOwl Day 1,899, 06:03

pertamax

Don Care Leone
Don Care Leone Day 1,899, 06:04

Mari kita buat eIbu Pertiwi jadi Kepala Desa..heuheu

Delcont
Delcont Day 1,899, 06:05

berapaan yang dibawah.. #ups

Don Care Leone
Don Care Leone Day 1,899, 06:05

asuuuuuu~ wis pertamax ndisek an.

a h a s r a p
a h a s r a p Day 1,899, 06:09

Diplomasi itu baik banget, tapi di game ini tanggung jawab hanya diberikan 1 bulan. Apa gunanya diplomasi kalo pada akhirnya gak memberikan sesuatu untuk rakyat? Mana yg lebih menghasilkan, berdoa tanpa berusaha? ataukah berusaha tanpa berdoa?

Apa ada yang merasakan yang namanya lomba di media diadakan oleh pemerintah?

Lizar14
Lizar14 Day 1,899, 06:18

yang bawah itu foto:
ZURAYDA SALIM (Journalist, MC, anchor News, Presenter RCTI)..
hehe..

Lizar14
Lizar14 Day 1,899, 06:19

hadiah..
😃

Don Care Leone
Don Care Leone Day 1,899, 06:29

@a h a s r a p : Betul sekali, tapi musti diingat diplomasi itu pada akhirnya akan memberikan sesuatu kepada rakyat baik secara langsung maupun tidak. Makanya saya pribadi mendukung adanya Road Map yang kemarin diusulkan, salahsatu langkahnya dengan memperbaiki diplomasi itu. Dengan adanya Road Map maka akan ada langkah-langkah konkrit untuk menuju eIndonesia Jaya, bukan malah memperingan tugas CP selanjutnya seperti yang ada pada kritikan sebagian orang. Btw, sebagai KetCong yang baru, anda bisa buat RoadMap nya tuh..heuheu
Maaf out of topic.

Sang Jahus Jarzani
Sang Jahus Jarzani Day 1,899, 06:30

mPoted

Don Care Leone
Don Care Leone Day 1,899, 06:32

@Lizar14 : Sampeyan sering lihat Seputar Indonesia malam ya cuuk~ heuheu
Nggak mengira bakal secepat ini....Oke

You have successfully donated 500 IDR. This amount will appear shortly in the citizen account.

Sampeyan punya nomor hapenya ndak?

Lizar14
Lizar14 Day 1,899, 06:40

Don Care Leone has transferred 500 IDR to your account.
waaaa.. makasih udah ditransfer kk..
wkwkwk..
😃

nomor hape ya ndak punya..
bukan liat beritanya..
pembawa acaranya aja..
ente juga kan??

Ciyus Mi Apa
Ciyus Mi Apa Day 1,899, 07:33

IndoMy
IndoMy Day 1,899, 08:38

jangan diganggu,, itu simpenannya oom google..

angky
angky Day 1,899, 08:44

ini cewe yg persis gue jg punya pict ini d hp gue


bikin semriwing kalo liat die malem

anyiiinnnnnnnnn pict nya sama

Don Care Leone
Don Care Leone Day 1,899, 08:56

Tante angky : Wuanjiiiirr...tante, minta resep arak cina nya dooooongg~ gue lupa kemaren..heuheu

ayiiph
ayiiph Day 1,899, 09:21

tumben ini artikel sepi caci maki dan cemoohan 😛

Yuda Prawira
Yuda Prawira Day 1,899, 09:32

mPoted . . .

Don Care Leone
Don Care Leone Day 1,899, 09:38

@ayiiph : wis ojo kakean cangkem koe yiiph, urusi skripsimu..hahahaha

Don Care Leone
Don Care Leone Day 1,899, 09:47

======FYI======
Hadirilah, Pagelaran Wayang Kulit oleh Pakde Sudjiwo Tedjo
Dengan tema "Sunan Kalijaga"
Jum'at, 1 Februari 2013 Jam 20.00 WIB
Gedung PBNU Matraman, Jakarta
===============

Ratyh Dwi
Ratyh Dwi Day 1,900, 01:07

haii

Anjing WAR
Anjing WAR Day 1,900, 03:34

gw kira mau ngepet

Jeme Gile
Jeme Gile Day 1,900, 17:11

njiirrrr...awewena

Gw Haters
Gw Haters Day 1,901, 00:51

m0stwant3d
m0stwant3d Day 1,902, 04:06

cakep cewenya..

 
Post your comment

What is this?

You are reading an article written by a citizen of eRepublik, an immersive multiplayer strategy game based on real life countries. Create your own character and help your country achieve its glory while establishing yourself as a war hero, renowned publisher or finance guru.