Energy Bars dan Weekly Challenge

Day 4,369, 01:01 Published in Indonesia Indonesia by Mr NN


Aloha eIndonesia.

Berdasarkan analisis saya sebelumnya mengenai potensi kekuatan militer eIndonesia vs. eChina, salah satu poin kesimpulan yang dapat ditarik adalah berupa kurangnya energy bars (permen) yang mampu/mau dibakar oleh para tanker Indonesia dibandingkan para tanker China. Saya memilih untuk berasumsi bahwa para tanker Indonesia tidak memiliki cukup EB untuk dibakar, sehingga artikel ini ditulis untuk membantu mereka mengumpulkan EB dengan lebih efektif.

Bagaimana dengan para pilot? EB tidak kalah krusial untuk seorang pilot. Jika dalam pertempuran darat masih ada STR yang bisa dijadikan tambahan perhitungan damage, maka dalam pertempuran udara yang menentukan jumlah damage hanya air rank, yang tidak memiliki perbedaan bonus damage secara signifikan satu sama lain. Jadi pertempuran udara akhirnya menjadi pertempuran siapa yang paling kuat membakar EB paling banyak.

Ya, yang menjadi penentu pertempuran di eRepublik ini adalah Energy Bars. Percuma pemain yang punya STR 200k hanya bisa membakar 100 EB kalau pemain yang punya STR 100k bisa membakar 500 EB, akhirnya yang menang adalah pemain yang mempunyai STR 100k.


Energy Bars




Energy Bars alias EB alias permen adalah makanan yang bisa menambah health tanpa harus terbatas oleh kuota regenerasi health. Jumlah health yang bertambah bervariasi tergantung jenis EB yang digunakan, normalnya 100 health. Selain dapat menambah health diluar batas kuota regenerasi health yang ada, perbedaan EB dengan roti biasa yang membuatnya menjadi barang yang sangat berharga adalah EB tidak dapat dibeli di pasaran atau bahkan didonate.

Cara memperoleh EB hanyalah dengan:
1. Meningkatkan land rank atau air rank
2. Menyelesaikan Daily Order
3. Menyelesaikan misi dan weekly challenge
4. Membeli pack (Rp Rp Rp)

Asal kita rajin menyelesaikan Daily Order setiap hari, maka lama-kelamaan rank juga akan ikut naik, jadi poin 1 dan 2 bisa kita kesampingkan. Pembelian pack akan menghasilkan banyak EB, tapi tidak semua pemain Indo mau menggunakan uang hasil jerih payahnya untuk membeli semua pack, jadi poin 4 juga bisa dikesampingkan. Poin 3 terutama cara mendapat EB dari weekly challenge akan menjadi fokus utama artikel ini.


Prestige Points




Prestige Points (PP) adalah poin yang dihasilkan setiap kita menggunakan health dalam pertempuran. Satu poin setara dengan 10 health yang digunakan baik melalui hit biasa maupun Guerilla Fight. Prestige points juga bisa didapatkan dari event seperti misalnya Event Power Spin. Dalam pertempuran Epic, setiap hit yang dihasilkan menjadi dua kali lipat atau setara dengan dua poin PP setiap 10 health yang digunakan. Apabila ditambah dengan PP Booster, maka bisa menjadi tiga kali lipat PP yang didapatkan.

Apabila setiap PP yang didapat mencapai nilai tertentu, maka kita akan mendapat hadiah yang bervariasi. Hadiah tersebut berupa tambahan energy recovery setiap 6 menit, damage booster, storage, bomb, dan yang paling penting yang akan kita bahas yaitu hadiah berupa EB atau permen.

Apabila PP mencapai 40.000 dalam minggu normal tanpa event, maka kita akan mendapat medali Prestige Hunter. Medali tersebut sepaket dengan hadiah 5 gold, juga setiap minggunya 100 pemain dengan prestige terbanyak akan mendapatkan tambahan hadiah gold sesuai dengan urutannya.


Epic Battle


Apabila kita berbicara mengenai Weekly Challange, maka tidak akan lepas dari yang namanya Epic Battle. Epic Battle adalah suatu keadaan dalam pertempuran yang terjadi karena total damage yang dihasilkan seluruh pemain yang berpartisipasi di pertempuran tersebut telah melewati jumlah yang ditetapkan oleh Plato. Hal tersebut berakibat pada Prestige Points yang didapat setiap kali hit menjadi dua kali lipat, jadi apabila biasanya satu hit = 10 energy = satu PP, maka saat kita berpartisipasi pada pertempuran yang sudah dalam keadaan epic menjadi satu hit = 10 energy = dua PP.

Oleh sebab itu apabila kita mengincar bonus-bonus yang disediakan oleh weekly challange, yang didapat berdasarkan jumlah PP, maka sangat rugi bila kita melewatkan epic battle. Sayangnya bagi anda yang fokus untuk menjadi pilot, Epic Battle ini belum ada versinya di Air Battle, jadi mau tidak mau pilot juga harus bertempur di darat apabila ingin merasakan manfaat epic battle, terutama bonus recovery setiap 6 menit dan Energy Bars.


Weekly Challenge




Weekly Challenge mulai dihitung setiap hari Selasa saat pergantian hari eRepublik. PP yang diperoleh minggu sebelumnya di-reset.
Saya akan mengklasifikasikan titik-titik PP yang menurut saya pribadi penting untuk diperhatikan:
Tebal dan bergaris bawah : Sangat penting. Usahakan mencapai titik ini secepat mungkin bagaimanapun caranya.
Bergaris bawah : Penting. Usahakan mencapai titik ini dengan cepat tapi tidak perlu sampai membakar EB

500
Katakanlah posisi kita disini tidak membeli Power Pack, tidak mendapat bonus residence, dan tidak memiliki rumah (jangan, belilah minimal rumah Q1). Maka jumlah recovery rate health kita adalah 10 health setiap 6 menit. Titik PP sebesar 500 poin menjadi sangat penting karena saat kita mencapai titik tersebut maka jumlah recovery rate kita bertambah +10 health lagi menjadi 20 recovery rate setiap 6 menit. Hal tersebut berarti energi kita bertambah dua kali lipat setiap 6 menit.

Titik 500 Prestige Points ini menjadi sangat krusial baik bagi dino maupun newbie. Setiap Weekly Challenge reset hari Selasa semua pemain disarankan untuk mengejar 500 PP secepat mungkin baik dalam Epic Battle maupun saat tidak ada Epic Battle, bahkan walaupun harus membakar EB. Apabila kita rajin memanfaatkan health sehingga tidak ada yang terbuang percuma (sekaligus rajin menyelesaikan Daily Order), maka biasanya pada akhir Weekly Challenge EB yang kita bakar di awal minggu akan kembali dan bahkan bertambah.

Tetap gunakanlah EB secara bijak, terutama saat tidak ada Epic Battle, yang penting hari itu harus mencapai 500 PP, target tersebut tidak perlu harus dicapai dalam satu jam pertama. Hal yang sangat tidak dianjurkan adalah saat PP masih dibawah 500 saat hari berganti menjadi Rabu waktu eRep.

1350
Titik ini adalah satu-satunya titik yang memiliki reward Small Bomb. Titik ini penting untuk dicapai karena apabila kita bisa mencapai titik ini setiap minggunya, maka durasi Small Bomb yang ada di storage akan terus bertambah satu minggu seiring masuknya Small Bomb hadiah Weekly Challenge ini ke storage. Dengan kata lain, stok Small Bomb yang kita miliki tidak akan pernah kadaluarsa.

2300
Lima EB adalah hadiah yang didapatkan apabila PP mencapai 2300. Mulai dari titik ini tidak ada lagi hadiah EB kurang dari lima, sehingga apabila tujuan kita adalah mengumpulkan EB, maka titik ini menjadi penting.

4000
Jika hadiah +50% damage booster sebelumnya hanya selama 2 jam, hadiah yang didapat di titik ini berupa +50% Damage Booster selama 8 jam. Penting untuk para tanker agar bisa menambah damage selama beberapa ronde atau beberapa battle.

4500
Di titik ini terdapat hadiah berupa 5 Energy Bars. Titik ini saya klasifikasikan sebagai salah satu titik krusial. Alasannya saya bahas di bagian bawah, di bagian "Pemain Gratisan"

5500
Damage Booster +50% selama 24 jam didapat pada titik ini. Dalam satu hari penuh para tanker bisa menggunakan ini dalam satu real battle atau saat lembur hunting BH selama full satu hari.

6500
Titik PP 6500 adalah titik yang sangat penting untuk segera dicapai secepat mungkin. Titik ini memisahkan para pemain biasa dan para pemain EB (tanker dan pilot pengumpul EB ). Karena mulai dari titik ini tidak ada lagi hadiah berupa tiket, booster, storage, dan yang lainnya. Hadiah yang tersisa mulai dari titik ini hingga selesainya PP di titik 40.000 hanyalah tambahan recovery rate dan EB. Jika dijumlahkan, EB yang didapat dari titik ini hingga akhir adalah sebesar 685 EB. Para tanker dan pilot yang bertujuan untuk mengumpulkan Energy Bars harus bisa melewati titik ini.

10000
Asumsi kita di atas adalah recovery rate health kita mulai dari 10 health per 6 menit. Bila kita mencapai titik 10000 PP maka recovery rate kita akan menjadi 40 health per 6 menit atau menjadi empat kali lipat, sama seperti pemain yang memiliki Power Pack dan 5 rumah. Walaupun titik ini tidak mungkin dicapai hanya dengan food fight tanpa Blitzkrieg Pack maupun event. Cmiiw.

15500
Mulai dari titik ini, EB yang didapat sebesar 15 setiap 500 PP.

20000
Apabila kita memang berniat menyelesaikan Weekly Challenge, maka titik ini menjadi sangat penting. Bahkan kalau diperlukan, dalam Epic Battle pertama di hari Selasa kita harus sudah mencapai titik ini. Karena di titik ini hadiah health recovery mencapai titik maksimum, jika menggunakan asumsi awal kita 10 health tiap 6 menit, maka saat kita mencapai titik ini health recovery kita menjadi 62 health per 6 menit. Jika kita punya 5 house dan Power Pack, maka recovery kita adalah 92 health setiap 6 menit.

Kalau sudah sampai di titik ini, maka yang tersisa hanyalah jalan "mulus" menuju Medali Prestige Hunter di 40.000 PP.


Mengumpulkan Energy Bars


Lantas, bagaimana cara yang efektif untuk mengumpulkan Energy Bars dari Weekly Challenge?

Pertanyaan tersebut adalah pertanyaan yang sangat sulit dijawab, karena keadaan setiap pemain yang berbeda-beda. Hanya perbedaan kepemilikan satu rumah saja, yang berarti salah satu pemain bertambah +2 recovery rate dan sekian health bar, dapat mengakibatkan hasil yang berbeda. Belum lagi kebiasaan Real Life (RL) setiap pemain yang berbeda-beda, ada yang tidur 7 jam, ada yang tidur 4 jam sekali, ada yang tidak pernah tidur, ada yang kerja 12 jam, dst.

Cara yang terbaik untuk mengetahui bagaimana mengumpulkan EB yang paling efektif adalah dengan mencoba-coba sendiri (trial and error). Dengan begitu lama-kelamaan kita akan mengetahui bagaimana metode yang paling cocok untuk karakter eRepublik kita masing-masing. Tapi saya akan coba beri gambaran umum.

Sebelumnya, berikut adalah kalkulator Weekly Challange yang bisa diisi sesuai kebutuhan kita masing-masing:
http://wcsimulator.droppages.com/

Data di bawah diambil dari PP Tool di eRepBox.



Grafik tersebut menunjukkan hubungan antara EB yag dibakar di Epic Battle pertama dengan EB yang didapat di akhir Weekly Challenge sekaligus PP yang didapat di akhir Weekly Challenge.

Sebagaimana bisa dlihat dari grafik di atas, seberapapun health bar dan health recovery kita, maka pola grafik yang muncul selalu berbentuk seperti itu. Artinya adalah:
1. Semakin sedikit kita membakar EB dalam pertempuran Epic pertama, maka semakin banyak EB yang didapat di akhir weekly challenge. Walaupun juga berarti semakin sedikit PP yang didapat di akhir weekly challenge.
2. Sah-sah saja kita membakar EB dalam pertempuran Epic pertama, tapi kalau kita tidak ingin rugi permen yang dikeluarkan, maka tujuan kita adalah mencapai nilai ekuilibrium antara permen yang dikeluarkan di hari pertama dan permen yang didapat hingga akhir weekly challenge. Nilai ekuilibrium inilah yang berbeda satu sama lain antara pemain, jika kita bisa mencapai nilai Prestige Points ekuilibrium tersebut, maka jumlah permen yang dikeluarkan di hari pertama sama dengan jumlah permen yang didapat di akhir weekly challange.
Nilai ini terlihat dalam grafik di atas di titik hijau berganti merah.

Jadi, dari grafik di atas dapat disimpulkan bahwa apabila tujuan kita mengumpulkan EB sebanyak-banyaknya, maka semakin sedikit pula kita harus membakar EB dalam pertempuran Epic pertama. Tapi membakar EB juga tidak ada ruginya, asal di akhir minggu kita bisa mencapai nilai PP dimana kita tidak rugi EB, maka kita mendapat exp., rank, dan True Patriot tanpa kehilangan EB.

Akan tetapi, data di grafik di atas hanya memperhitungkan Epic Battle pertama saja, tidak memperhitungkan pertempuran Epic yang akan terjadi lagi. Padahal dalam kenyataannya divisi 1-3 sering terjadi Epic Battle dalam satu minggu. Kalau sudah begitu maka meskipun kita membakar banyak EB, kita tetap bisa untung permen di akhir Weekly Challenge.

Akan tetapi sebanyak apapun Epic Battle yang terjadi dalam satu minggu intinya tetap sama apabila kita mengambil acuan dari grafik di atas, yaitu semakin sedikit kita membakar EB dalam Epic Battle, maka semakin banyak EB yang kita dapat di akhir Weekly Challenge.

Hitungan sederhananya seperti ini: di titik 7000 PP - 14500 PP membutuhkan interval 500 PP untuk mendapatkan 10 Energy Bars. 10 EB = 100 Hit = 100 PP.
Jadi kita boncos 40 EB setiap mendapat 10 EB. Jadi semakin banyak kita membakar EB maka semakin banyak kerugian EB.

Lalu apa gunanya membakar EB? Seperti yang telah saya tulis di atas, dengan membakar EB kita bisa mendapatkan exp., rank, dan True Patriot yang lebih daripada yang tidak membakar EB. Hal tersebut berarti EB digunakan untuk membeli waktu, dari yang misal kita naik rank membutuhkan satu bulan menjadi satu atau dua minggu saja.


Pemain Gratisan


"Saya ogah keluarin duit buat game ini, apa pembahasan di atas berlaku juga untuk saya?"

Pembahasan yang saya lakukan di atas memang menggunakan asumsi bahwa kita bisa melewati titik 6500 PP sehingga kita bisa mulai mengumpulkan Energy Bars. Makanya saya katakan titik itu adalah titik yang membedakan pemain biasa dengan pemain pengumpul EB, yang berarti cara halus saya untuk mengatakan batas antara pemain gratisan dan pemain Visa.

Pemain gratisan tentu punya kesempatan juga untuk mengumpulkan EB. Maka dari itu saya telah beri tanda khusus di titik 4500 PP. Berdasarkan pengalaman saya pribadi saat tidak memakai pack, setiap akhir Weekly Challenge saya selalu bisa mengumpulkan 4000-6000 PP. Apabila tujuan kita adalah mengumpulkan EB, maka titik 4500 PP menjadi tujuan akhir karena di titik tersebut hadiah Energy Bars terakhir yang secara realistis mampu dikejar pemain gratisan (selanjutnya 10 EB ada di titik 7000 PP yang sangat susah dikejar tanpa pack).

Andaikata kita rajin bertempur dan menyelesaikan Daily Order setiap harinya, maka kita mendapat 7 EB dari DO saja, ditambah 17 EB dari bonus Weekly Challenge maka kita sudah mendapatkan 24 EB setiap minggunya. Dalam satu bulan kita sudah mendapat 96 EB, dalam tiga bulan saja kita bisa mengumpulkan 288 EB. Kalau sudah terkumpul banyak, EB bisa digunakan untuk berburu BH atau SH atau sekadar tanking di Epic. Dengan begitu kita bisa melewati titik 6500 PP dan mulai ikut mengumpulkan EB sebagaimana pemain berbayar. Asal kita bisa konsisten dan rajin maka pemain gratisan juga punya kesempatan untuk bersaing dengan pemain Visa/Packers/berbayar.


Kesimpulan Akhir


Tidak ada cara yang paling efektif untuk mengumpulkan Energy Bars yang berlaku untuk semua pemain. Setiap pemain harus mencoba sendiri (trial and error) agar mengetahui komposisi dan style yang paling pas dan sesuai untuk akun eRepublik dan aktivitas RL nya. Walaupun begitu, intinya sama, semakin sedikit EB yang dibakar saat Epic Battle maka semakin banyak pula EB yang didapat di akhir Weekly Challenge.

Tapi bukan berarti pemain yang hanya memakai Power Pack bisa mendapat EB yang lebih banyak dengan tidak membakar EB di Epic Battle dibandingkan dengan pemain yang memakai Power Pack + Blitzkrieg Pack yang bakar-bakaran EB. Antar sesama Packers pun bisa memiliki hasil yang berbeda, apalagi antara Packers dan pemain gratisan. Maka dari itu semua kembali lagi pada gaya masing-masing pemain yang harus dicari untuk menemukan cara yang peling efektif dalam mengumpulkan EB.

Seluruh Pack yang ada hanya berfungsi untuk membeli waktu saja. Sebagaimana di RL orang yang punya uang akan menggunakan uangnya untuk membeli waktu, dan sebaliknya yang tidak punya uang akan menggunakan waktunya untuk mendapat uang. eRepublik juga begitu, kalau kita mampu dan mau membeli pack maka kita bisa mempercepat kenaikan rank, level, gold, dll. Tapi tanpa menggunakan uang pun kita bisa mencapai level 1000, mencapai rank Legend XX, mempunyai ratusan kompeni, dll. Hanya saja membutuhkan waktu yang jauh lebih lama daripada yang mau membeli pack. Untuk mengumpulkan EB dengan cepat ya tentu dengan membeli pack, tapi tanpa pack pun juga kita bisa ikut mengumpulkan EB.

Kalau setiap pemain eIndonesia sudah bisa mengumpulkan EB dengan efektif menggunakan caranya masing-masing, kita sudah siap untuk sekali lagi menjadi negara Super Power di jagad eRepublik ini. Mari bung rebut kembali takhta kita!




Sekian artikel ini, semoga bisa setidaknya memberi sedikit manfaat, mohon maaf apabila banyak kesalahan. Saya mohon yang sudah berpengalaman dalam menyelesaikan Weekly Challenge ini untuk berkenan berbagi pengalaman dan petuahnya di kolom komentar untuk memberi pengetahuan bagi warga eIndonesia yang membaca artikel ini.

He who knows when he can fight and when he cannot will be victorious. - Sun Tzu

Terima Kasih,


Mr NN