[Spesial Black Friday] Yang Harus Diketahui Pengusaha Baru

Day 4,393, 06:39 Published in Indonesia Norway by Tanishq Abraham


Selamat untuk yang sudah nabung lama tiba-tiba kembali menjadi kismin seiring datangnya Black Friday. Wkwkwk

Tapi kan memang tujuan nabung kemarin buat diskonan Black Friday ya kan? Gpp berarti. Sama kita. Yang mau donet ke saya, saya terima dengan senang hati. Silakan.. 😛

Tapi untuk yang main pabrik pabrikan, terutama yang baru mulai, ada beberapa hal dan konsekuensi yang perlu diketahui. Hal ini saya rangkum dari pengalaman kita bersama, termasuk curhatan player baik yang PM saya maupun di grup mentornubi. Yang punya tambahan, ayo post di komentar, kita gosipin rame-rame.

Yang belum masuk grup mentornubi PM pak Presiden ya biar bisa diinvite gabung. Nanti bisa konsultasi 24 jam di sana. Termasuk kenalan dengan Encinskwer, artis mentornubi 😉

Untuk saat ini, harga barang sedang berada dalam level tertinggi tahunan karena event besar berturut-turut. Nggak tahu apakah akan makin naik lagi atau akan beranjak turun. Tapi pada waktunya nanti harga berpotensi balik/drop ke titik yang sangat rendah, sampai-sampai cuma nutup biaya produksi. Bahkan merugi.

Bukan cuma karena harga yang drop karena oversupply setelah event, kerugian juga bisa timbul karena bonus produksi drop karena perang, embargo, gaji naik sedangkan harga jual nggak ikut naik, raw naik, dan lainnya.

Kita tahu harga food Q2 sebelumnya bertahan di harga 0,4cc/roti, saat ini di kisaran 1cc/roti. Weapon Q7 yang tadinya seharga 90cc/unit jadi 130cc/unit. WRM yang tadinya di bawah 10cc/wrm jadi 28cc/wrm. Bahkan sebelumnya pernah 5cc/wrm. Saat itu rasanya kayak produksi ampas, untung yang cuma sedikit sebagiannya malah buat bayar pajak ke negara. Pait bener. Padahal bikin pabriknya mahal loh itu.

Harga-harga kerap melambung tinggi pada saat event besar dan drop kembali setelahnya. Terlebih saat Black Friday seperti kemarin, pertambahan pabrik naik drastis. Yang hasilnya, jumlah final product di pasaran akan meningkat dan menekan harga saat ini. Hukum supply and demand.

Tips 1 : Manfaatkan momen sebaik mungkin.

Jadi persiapkan diri untuk waktu-waktu tersebut. Tanya sama sepuh kapan event berikutnya, stok barang jelang event, lepas saat harga tinggi. Saat event tiba, jadi siap cetak profit. Tapi jangan boros. Tabung dan gunakan untuk beli gold lagi biar bisa tumbuh terus jumlah pabriknya.

Saat tidak ada event, war besar, kena embargo dan lainnya, siap pula untuk tidak mengeluh dan menerima profit yang tidak sebanyak sebelumnya.

Tips 2 : Jangan nyapi. High risk, high profit? No. Udah high risk, kena ban mampus lo.

Nikmati pergerakan pasar, jangan dilawan. Nggak perlulah sampai bikin sapi pekerja. Yang ada nanti semua investasi waktu dan modal yang udah dibangun hancur seketika tatkala Plato ngasih permaban.



Tips 3 : Produksi jika profit, stop kalau buntung.


Kita perlu tahu bahwa ada waktunya untuk produksi, ada waktunya perlu stop. Tidak selamanya punya pabrik, baik raw maupun final product, bisa menghasilkan profit besar.

Kalau gaji naik tinggi dan juga rawnya, gimana cara untungnya? Stop produksi final product dengan pegawai, wam dan jual rawnya saja = Profit.

Kalau kena embargo atau bonus produksi drop? Stop produksi. Kalau kelamaan pinjam cc atau beli cc secukupnya, pindahin holding dan pabriknya.

Kalau pabriknya rugi mulu. Konsultasilah dengan yang lebih pengalaman. Bisa juga langsung robohin ganti lain.

Dulu saya pernah ambil resiko untuk robohin ratusan pabrik house dan ganti jadi pabrik food. Akhirnya bisa profit lagi dan terus berkembang.

Sesederhana itu.

Jadi pabrik raw itu penting? Perlu dibuat?


Jika tidak ingin kena dampak krisis bahan baku saat harga raw tinggi dan ingin ambil keuntungan saat krisis, pabrik raw perlu dibuat.

Kalau pakai strategi hemat-hemat exp biar level nggak naik jor-joran atau biar gak banyak ngabisin energi di wam supaya bisa fight di air battle, nggak perlu buat pabrik raw.

Silakan pilih.



Tips 4 : Berapapun harganya, gold harus dibeli setiap hari. Jika ingin pertumbuhan pabriknya cepat.

Baca : [Update Ekonomi] Gold Mahal, Aku Kudu Piye?

Saat harga gold juga ikut naik, rencana ekspansi costnya jadi semakin besar. Meski berat, harganya sangat tinggi, gold tetap harus dibeli. Simpan atau upgrade pabriknya. Bila perlu beli tycoon pack atau colong BH dan SH milik tetangga sekalian.  ilmu hitam 😛

Perlu beli Tycoon Pack?

Terserah, sesuaikan dengan kantong masing-masing. Btw TP adalah pack yang termasuk ‘murah’. Karena harga aslinya adalah harga (biasanya 450kcc) dikurangi ((harga gaji saat itu*150)+(bonus produktifitas 20% )+20gold). Jadi makin banyak jumlah pabrik, jadinya makin murah harga TP.

Untuk apa TP? Untuk dongkrak produktifitas? Iya, tapi yang lebih penting dari itu TP membuka limit penukaran gold harian jadi 50 gold perhari. Sangat signifikan untuk meningkatkan pertumbuhan pabrik.

“Yang lain udah punya pabrik banyak, saya baru beberapa? Malas ah main pabrik.”

Bisa pilih role lain.


Tapi di role tycoon, kita tidak bersaing dengan siapapun kecuali ego dan target pribadi. Kalau baru punya beberapa pabrik food Q1, dinikmati proses perkembangannya sampai banyak. Kalau sudah banyak, ya jangan sombong. Masih ada yang lebih banyak.

Baca juga : Step by Step Produksi Food Q2 sampai 25k perhari!

Terakhir, main game kudu dinikmati. Jangan sampai main game malah bikin stress.