(TRANSLATED) Panduan Penerbang Pemula

Day 4,314, 01:47 Published in Indonesia Indonesia by RAPW

(Translated from an amazing article by Miguel Soprano)


Halo eIndonesia,

Artikel di bawah ini merupakan hasil terjemahan dari artikel yang ditulis di link di atas, artikel yang isinya sangat berguna bagi newbie maupun mereka yang ingin fokus di airbattle ( AB ). Sayang kalau artikel di atas tidak dibaca oleh lebih banyak pemain, maka saya coba terjemahkan, semoga berguna.



Fitur Air Battle ( AB ) sekarang memiliki pengaruh yang penting dalam modul perang eRepublik karena pemain-pemain lama tidak bisa mendominasi round AB dengan Strength (STR) mereka yang segede gaban.

Walaupun Platod sebenarnya merencanakan STR untuk AB (namanya Perception) tapi sampai sekarang tidak ada kelanjutan fitur tersebut, sehingga yang menentukan seberapa besar damage yang dikeluarkan adalah "Air Rank". Disinilah fokus para penerbang atau pilot, yaitu untuk menaikkan air rank sebanyak-banyaknya.

Kalau kita mau jujur, para newbie dan pemain yang bangkit kembali seperti saya sudah tidak mungkin bersaing di Land Battle/Ground Battle. Satu-satunya jalan bagi rakyat tertindas seperti kita adalah fokus pada Air Battle dan menjadi penerbang, karena damage yang kita keluarkan hanya berbeda tipis dari damage yang dikeluarkan para lansia.



Air Battle dan Military Unit


Kalau sekarang anda belum bergabung dengan Military Unit (MU) yang aktif, segeralah bergabung. Biasanya mereka memiliki insentif bagi para penerbang, bisa berupa logistik food atau weekly rewards. Misalnya TNeI, Armada Garuda, dsb. (cmiiw)



Rumah/House




Setiap player WAJIB memiliki setidaknya rumah Q1. Selain menambah energy pool sebesar +50, juga menghasilkan overtime points yang bisa digunakan untuk bekerja lagi setelah terkumpul setiap 24 point overtime. Uang yang dihasilkan dari overtime points hampir selalu lebih banyak dari harga rumah Q1 di pasaran, sehingga kita selalu untung apabila menggunakan rumah Q1.

Rumah Q2 juga masih menghasilkan untung, tapi kalau ditotal lebih rendah untungnya daripada hanya menggunakan rumah Q1. Apabila anda lebih membutuhkan Air Rank daripada profit, maka rumah Q2 wajib juga bagi para penerbang. Energy pool yang dihasilkan rumah Q2 adalah +80, jadi rumah Q1+Q2 akan menambah energy pool sebanyak +130.

Rumah Q3, Q4, dan Q5 bisa diabaikan dulu bagi pemula karena mahal. Kalau fundamental ekonomi anda sudah kuat, maka rumah-rumah itu juga wajib dibeli bagi para penerbang karena menambah total energy pool sebanyak 580. Lebih banyak energi pool maka lebih efektif juga peningkatan Air Rank kalau dimanfaatkan dengan benar.



Residence




Ada dua tipe pemain eRepublik, yaitu pemain yang tinggal di region yang sama dengan Company Holding utamanya dan pemain yang tinggal di pedesaan yang jauh dari hiruk-pikuk region pusat holding.

Pemain yang tinggal di region yang sama dengan holdingnya biasanya tidak mau ribet dengan pindah-pindah lokasi setiap mau Work as Manager (WaM). Menjadi pemain ini simpel dan tidak ada ruginya, yang membedakan dengan tipe pemain kedua adalah lebih untung menjadi tipe pemain kedua kalau anda tidak memiliki masalah sedikit kerepotan harus menjadi commuter setiap hari.

Pemain yang tinggal di region yang berbeda dengan Holding utamanya biasanya mencari region yang sepi penduduk, yang masih berlevel Town, tidak seperti region pusat holding yang levelnya City atau Large City. Pengaruh dari tinggal di region yang berlevel Town adalah bonus durability house yang lebih banyak.

Semisal kita tinggal di Java (City), maka bonus house durability kita adalah 5%, jadi durasi setiap rumah adalah 168 x 105% = 176 jam. (176 overtime points)
Sedangkan kalau rumah kita di Singapura (Town), maka bonus house dirability kita adalah 20%, jadi durasi setiap rumah 168 x 120% = 201 jam. (201 overtime points)

Tinggal di region berlevel Town akan lebih meningkatkan pemasukan kita melalui overtime points yang didapat, walaupun kita setiap kali harus pindah ke region holding untuk WaM.

Walaupun tidak ada hubungan secara langsung dengan karir pilot, topik residence ini penting juga untuk menjadi pertimbangan untuk penguatan fundamental ekonomi pribadi.

Contoh City: Java, Florida, Western Siberia
Contoh Town: Singapura, Texas, Kaliningrad



Missile




Tidak berguna. Selama ini sangat jarang dipakai dan dibeli, karena ongkos produksi dan harga tidak sebanding dengan damage yang dikeluarkan. Kalau punya kompeni ini dissolve saja terus goldnya kirim ke saya.



Energy Centers




Penting sekali untuk memiliki dua energy centers yang ada. Salah satunya memberi tambahan energy pool +50 dan yang satunya lagi memberi tambahan +100. Masing-masing seharga 99 gold dan 199 gold.

Saya agak lupa, tapi sepertinya setiap bulan atau setiap sekian bulan sekali ada diskon energy centers 90%, beli saja saat ada diskon itu.



Roti/Food




Karir menjadi penerbang atau pilot sangat cocok bagi newbie adalah karena modal harian yang dibutuhkan hanyalah food, tidak perlu membeli weapon sama sekali (lihat bagian Missile di atas).

Penting sekali berdikari dan menjadi Marhaenis dengan produksi food sendiri dan digunakan sendiri di Air Battle. Kelemahan dari berdikari ini adalah energi yang seharusnya bisa untuk terbang malah digunakan untuk bekerja, jadi Air Rank tidak meningkat secepat kalau membeli food.

Membeli food tanpa produksi juga strategi yang tidak ada salahnya. Setiap energi yang ada dimaksimalkan untuk peningkatan rank. Gunakan cara ini kalau anda tahu bagaimana cara mencari uang selain melalui produksi, karena cara ini borooss.



Training Grounds (TG)




Walaupun seorang pilot tidak membutuhkan STR di udara, alangkah lebih baik kalau Training Grounds tetap dipakai dan di upgrade terus. Karena rewards yang didapat kalau kita mencapai level 201 adalah gratis latihan selamanya.

Setelah membeli Training Contract 90% atau mencapai level 201, TG yang full upgrade akan menghasilkan 5 gold setiap 3 hari sekali melalui Super Soldier Medal. Lumayan kan?

Lagipula kita tidak akan pernah tahu kapan negara membutuhkan damage land kita walaupun kita cuma bisa memberi damage yang geli-geli sedap. Jadi tetaplah berinvestasi di STR walaupun kita fokus di udara.



Sky Hero




Sky Hero Medal adalah hadiah yang diterima pilot apabila ia memiliki damage tertinggi dalam Air Battle. SH adalah BH nya AB. Jumlah hadiahnya adalah 30 gold.

High Risk High Rewards. Karena hadiah gold yang cukup banyak dibandingkan land battle, banyak juga yang mengincar medali ini. Kalau kita mau mendapatkan medali ini, siapkan banyak energy bar (permen) di gudang, kita tidak akan pernah tau dengan siapa kita bakal berebut medali ini. Semua bergantung juga pada keberuntungan, bisa saja kita mendapat SH tanpa membutuhkan permen, bisa juga sampai bakar ratusan atau bahkan ribuan permen.

Untuk meningkatkan keberuntungan mendapat SH ini ada strateginya sendiri. Misal dengan memperhitungkan waktu fight atau lokasi fight. Silahkan bertanya pada yang sudah berpengalaman atau amati sendiri kapan jam-jam sibuk dan kapan jam-jam yang sepi para pencari SH.



Aturan Perebutan SH


Sebenarnya tidak ada aturan tertulis mengenai perebutan SH atau BH. Tapi ada aturan tidak tertulis yang intinya mereka yang hit pertama dalam suatu round maka mereka lebih berhak mendapat SH atau BH. Orang luar negeri banyak menganut aturan ini, kalau kita menghormati aturan ini biasanya kita juga dihormati oleh mereka.

Tapi sepertinya orang eIndo banyak yang tidak mengikuti aturan itu (cmiiw). Karena kita biasa hidup di hutan jadi yang berlaku adalah hukum rimba, siapa yang bisa dia yang dapat. "Bodo amat siapa yang hit duluan, kalau saya bisa ambil kenapa tidak? Salah kamu sendiri ga bisa pertahanin BH mu"

Apa cara kedua itu salah? Tidak juga. Sekali lagi yang disebut di atas adalah aturan tidak tertulis, tidak ada sanksi yang mengikat. Kalau suatu saat posisi SH anda direbut orang yang sebelumnya pernah anda rebut SH nya, dan anda tidak mempermasalahkannya, maka pakailah aturan anda sendiri. Tapi kalau anda emosi dan tidak terima, ya carilah respect dengan mengikuti aturan yang tersebut di atas.

Untuk mengetahui siapa yang hit pertama dalam suatu round gunakan add on browser "BattleEye eRepublik"



Peningkatan Level


Level rewards paling penting bagi para penerbang adalah saat kita mencapai level 101, 201, 301, dan 401.



Hadiah level 101 yang paling penting adalah bonus damage 10%. Semakin banyak damage yang kita keluarkan maka semakin cepat pula kita naik rank, sehingga semakin banyak pula... damage kita. Muter gitu aja terus.



Hadiah paling penting adalah di level 201. Kita akan gratis latihan di TG selama-lama-lama-lamanya tanpa harus membeli Training Contract setiap bulan.



Level 301 kita akan mendapat energy center +200, ditambah Assault Pack gratis sebulan dan 300 permen.



Kemudian di level 401 kita akan mendapat energy center +300, ditambah gratis Power Pack sebulan beserta permen 400 buah.

Selanjutnya setiap seratus level (501,601, dst.) hadiahnya hanya permen dan gold sebanyak level yang didapat (500 permen+500 gold, 600 permen+600 gold, dst.)



Mercenary dan Freedom Fighter Medal




Kalau berebut SH dirasa cukup melelahkan dan menguras energi Real Life (RL) kita, cukup dengan menyelesaikan dua medali ini kita bisa mendapat tambahan uang. Tanpa persaingan, dua medali ini bisa deselesaikan seenak udel kita tanpa paksaan dari siapapun.

Selesaikan dua medali ini sekaligus. Semisal kita ada misi FF 0/50 dan Mercenary 0/25 untuk eIndia, kebetulan di eIndia sedang ada Resistance War melawan penjajah eIndonesia. Kita tinggal pindah ke eIndia, fight untuk eIndia melawan imperialis eIndonesia dan bunuh 50 orang. Maka misi FF selesai 50/50 dan Mercenary 50/25 untuk eIndia, dengan catatan eIndia menang RW tersebut, kalau kalah ya yang berhasil cuma Mercenary saja.

Hadiah masing-masing medal cuma 1000 idr (990?). Masih lebih bagus daripada rebutan SH sampe bakar ratusan permen tapi akhirnya ga dapet apa-apa.



Epic Battles


Ini adalah satu-satunya keadaan dimana pilot dianjurkan untuk fight di daratan. Saat Epic Battle setiap hit yang kita keluarkan akan mendapat Prestige Points dobel. Semakin banyak Prestige Point yang didapat maka semakin banyak pula hadiah yang kita dapat mulai dari bertambahnya energy recovery setiap 6 menit hingga permen. Permen penting dikoleksi untuk para pemburu SH, apalagi mulai Prestige Points 7000 dan seterusnya, permen yang didapat mulai dari 10 buah setiap 500 poin.



Packs (Rp Rp Rp)


Kalau anda bersumpah tidak akan mengeluarkan rupiah sepeserpun untuk game ini, skip saja ke bagian event. Atau kalau ID anda adalah sultan yang mampu beli token pakai idr dalam game, lanjut baca.

Power Pack



Power Pack (PP) mungkin adalah pack yang paling penting, pack yang menjadi kebutuhan primer setiap pemain Visa. Dengan tambahan energy recovery +20 setiap 6 menit dan energy pool +200, maka kita bisa terbang lebih sering dan meningkatkan Air Rank lebih cepat.

Blitzkrieg Pack



Blitzkrieg Pack memiliki fitur utama energy pool +2000. Dengan tambahan energy pool sebesar itu ditambah rata-rata energi yang sudah ada sekitar 1000an, maka kita akan mendapat 3000 energy pool. Hal tersebut berarti dengan asumsi damage rata-rata 100, maka kita akan menghasilkan minimal 60.000 damage yang hanya berasal dari food fight, belum ditambah permen. Recommended for SH Hunters.

Pack di bawah ini hanya opsional, tidak terlalu dibutuhkan oleh pilot.

Maverick Pack



Selain tambahan +600 energy pool dari Maverick Pack, ada juga kemampuan untuk pindah divisi dalam Land Battle. Pindah divisi ini berguna sekali untuk mereka yang senang mencari Epic Battle atau mereka yang memiliki level tinggi tapi STR rendah, seperti kita rakyat jelata yang bisa cepat menaikkan level tapi STR tetap cupu.

War Stash



Bisa dibeli kapan saja, pack ini dapat meningkatkan Air Rank lebih cepat dengan tambahan 10%.

Combat Stash



Teruntuk SH Hunters, ada tambahan 10% gold setiap mendapat medali.



Event




Perhatikan setiap event yang dibuat Platod, kalau ada hadiah berupa AIM-92 Stinger segera dapatkan! Stinger merupakan weapon paling berguna bagi penerbang karena setiap Stinger mampu menghasilkan 1000 damage dikali 3. Bandingkan dengan hit biasa yang kurang lebih hanya sekitar 100 damage.



Tidak lupa juga incar hadiah permen. Permen selalu manis buat semua orang.



Script


Semakin sering kita bertempur, semakin capek juga jari kita meng-klik tombol fight terus-menerus. Solusinya adalah dengan memakai script agar kita bisa fight dengan sekali klik saja.

Script utama adalah "CB eRepublik" dan "eRepublik Stuff++". Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri, dan tidak hanya untuk bertempur, mereka juga punya fitur untuk mempermudah perhitungan harga pasar, perhitungan damage, statistik FF & Mercenary, dsb.
Jangan gunakan keduanya sekaligus, pilih salah satu.

Ada juga seperti yang telah disebut di atas, "BattleEye" yang selain juga digunakan untuk melihat first hit juga untuk melihat statistik round.





Sekian, semoga artikel terjemahan di atas dapat berguna bagi anda yang membaca, terutama bagi para penerbang dan calon penerbang eIndonesia.
Terima kasih.

Fly High eIndonesia!

Salam,


Mr_NN