Fundo lig/desl

Regista-te

 

Continuar

Continuar Ao criar uma conta, estás a concordar com os Termos de Serviço e a Política de privacidade

[TIW] Job Offer Rendah dan Langka, Salah Siapa?

Dia 1,825, 07:37 por silfumus02
Day 1,825 of the New World
Lesser Sunda Islands, Indonesia



Pada bulan lalu, Congress telah memutuskan untuk menaikkan pajak dan disusul oleh kenaikan Minimum Wage. Keputusan ini diambil dengan dalih meningkatkan pendapatan pemerintah serta menutupi pengeluaran yang digunakan untuk perang besar dengan Romania dan Kroasia pada waktu itu. Selang beberapa hari kemudian, muncul beberapa artikel yang memprotes kenaikan tersebut.

Dalam salah satu artikel disebutkan bahwa keputusan congress tersebut telah berdampak buruk terhadap job market di eIndonesia. Kondisi ini dibuktikan dengan sedikitnya job offer yang ada, bahkan kadang tersisa hanya job offer lama (10 IDR).

Keputusan yang diambil oleh Congress memang menyakitkan untuk pengusaha dan konsumen, tetapi apakah hal tersebut memang berdampak buruk terhadap job market?

Perbandingan
Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mengetahui efek yang ditimbulkan oleh keputusan Congress ini, salah satu cara yang paling mudah adalah melakukan perbandingan langsung dengan negara yang serupa.

eUnited Kingdom adalah sekian dari beberapa negara yang memiliki satu indikator ekonomi yang sama de-ngan eIndonesia, yaitu bonus resource weapon sebanyak 3 daerah (Bonus 60%). Perbedaannya, mereka memiliki minimum wage sebesar 0,1 GBP serta pajak dua hingga empat kali lipat lebih rendah daripada eIndonesia.

Penggunaan Pegawai
Terlepas dari jumlah bonus resource, pajak, dan minimum wage, eWorld memiliki kesamaan dalam mempe-kerjakan pegawai. Rata-rata job offer yang ditawarkan adalah untuk bekerja di pabrik WRM Q5, Tank Q6, dan Tank Q7. Alasannya adalah karena hanya ketiga pabrik tersebut yang masih memberikan nilai keeko-nomisan dalam menggunakan pegawai.

Sebagai perbandingan, berikut ini adalah data keuntungan tiap pabrik di eIndonesia dan eUK:



Dari data diatas, terlihat bahwa pada pabrik kedua tipe tank di eIndonesia maupun eUK masih memiliki keuntungan relatif bagus, hanya pabrik WRM saja yang diambang batas kerugian apabila menggunakan pegawai.

Keuntungan Pabrik
Apabila diperhatikan, pabrik tank memiliki keuntungan 20 IDR per pegawai. Maka bisa ditarik kesimpulan bahwa gaji maksimum yang dapat diberikan oleh pengusaha pabrik tank (25+20 IDR) masih lebih tinggi daripada minimum wage yang ada sekarang ini (25 IDR).

Kondisi yang serupa tidak dirasakan oleh pabrik WRM Q5, yang hanya dapat menggaji pegawai hingga 28 IDR saja. Tetap saja, ini mengundang pertanyaan. Mengapa dengan jumlah resource yang sama, eIndonesia tidak dapat menyediakan job offer sebanyak eUK?

A. Faktor Pemain Baru
Salah satu hal yang dapat menjelaskan anomali ini adalah banyaknya pemain baru (ataupun sapi) dan terbatasnya lapangan pekerjaan di eIndonesia. Apabila demikian, mungkin penurunan minimum wage menjadi solusi yang tepat. Mengingat dengan turunnya minimum wage ke nilai yang tepat, beberapa tipe pabrik (contoh: Aluminum Mine, Tank Q5) mulai memiliki nilai keekonomisan dalam mempekerjakan pegawai.

B. Faktor Komposisi Pabrik di eIndonesia
Hal ini mungkin jarang dibahas di eIndonesia, namun komposisi pabrik di eIndonesia mungkin adalah faktor tersembunyi dibalik langkanya job offer sekarang ini.

Dalam teori ini, diasumsikan bahwa selama ini sebagian besar pegawai dipekerjakan di pabrik WRM Q5 dan sisanya dipekerjakan di pabrik tank.

+ Mengapa pabrik WRM Q5?
Alasannya adalah karena hanya pabrik ini yang dapat mempekerjakan pegawai dengan modal paling murah (35 Gold vs ~300 Gold pada pabrik tank). Kelemahannya, pabrik WRM Q5 memiliki keuntungan kecil apa-bila dibandingkan dengan pabrik tank.

+ Keputusan Pengusaha
Keuntungan yang kecil inilah yang membuat pengusaha WRM Q5 enggan mempekerjakan ataupun merekrut pegawai dalam situasi saat ini. Harga WRM yang menurun dan keputusan Congress adalah faktor yang memutuskan bagi pengusaha WRM Q5 untuk meyakinkan diri sendiri bahwa penggunaan pegawai di pabrik WRM Q5 sudah tidak menguntungkan dan berakibat pada pemecatan para pegawai.

+ Surplus Pencari Kerja
Pertambahan pencari kerja baru ini tidak dapat ditampung oleh penawaran lapangan pekerjaan di pabrik tank yang terbatas. Ketika seluruh kapasitas lapangan pekerjaan di pabrik tank penuh, maka tidak ada lagi lapangan pekerjaan baru. Yang tersisa hanya lapangan pekerjaan lama yang memiliki gaji 10 IDR.

Solusi atas hal ini setidaknya ada dua, yang pertama telah diutarakan di beberapa paragraf sebelumnya. Solusi yang kedua, yaitu percepatan pertumbuhan pabrik tank Q6 dan Q7. Hal ini membutuhkan modal pinjaman yang besar, entah dari rakyat ataupun dari pemerintah.

Blame Game
Semua yang tertulis diatas, dapat dijadikan sebuah renungan bagi para pembaca mengenai siapa yang paling bertanggung jawab. Di satu sisi, pengusaha sebenarnya masih memiliki ruang gerak untuk menaikkan gaji pegawai. Di sisi lain, Congress melalui kebijakannya mematikan kesempatan bagi pengusaha kecil untuk mempekerjakan pegawai baru.

Di dalam ane sendiri, ane masih berpendapat bahwa Congress tetaplah pihak yang paling bertanggung jawab atas kondisi yang dialami oleh job market eIndonesia sekarang ini.

Sekian yang dapat ane sampaikan, ingat bahwa ini hanya sekedar buah pikiran ane dan tidak bermaksud untuk menyudutkan suatu pihak. Komentar dan sanggahan dipersilahkan.

Salam,

silfumus02

EDIT Day 1,826, 18.16 eT:

 

Comentários

Dhisny Giovanny Pramuditha
Dhisny Giovanny Pramuditha Dia 1,825, 07:49

PELERTAMAX

MRizky
MRizky Dia 1,825, 07:51

silfu is back...
ni knp gak ada yg nawarin posisi menko sih ke silfu?
klo gw jd CP pasti yg prtama gw tawarin.jd.menko silfumus

Sionk van Guloon
Sionk van Guloon Dia 1,825, 08:08

barang lg gak laku om, makanya pada males cari pekerja..
ntar kalo ada misi suruh bikin roket juga pasar langsung bergairah dan banyak yg nyari pekerja..

ow santeaja
ow santeaja Dia 1,825, 08:11

senangnya ada koran2 kaya gene bikin yg baca seger ngikutin ulasannya ^,^

aliy1
aliy1 Dia 1,825, 08:17

v8/s229+shout
ini program bagi2 WQ7 bukan?

Arcelven
Arcelven Dia 1,825, 08:35

Senang Om Silfu kembali
Terimakasih atas kritik dan sarannya. (y)

neo_Ryan
neo_Ryan Dia 1,825, 08:50

wow,, brarti untungnya 2x lebih banyak dari eUK ya?
ayok,, pajak d naekin lagi

stella rissa
stella rissa Dia 1,825, 10:00

wow.. koran milik juragan qw..
kalo bisa gaji ane jangan turun ya om..

SapiNgamuk
SapiNgamuk Dia 1,825, 10:23

Ulasan yang bagus, voted.
Turunkan Pajak !

Gr4ndong
Gr4ndong Dia 1,825, 11:19

wow gak salah tuh perhitungannya pabrik wepen q7 untung sekitar +20 idr /pekerja

o0n3m00o
o0n3m00o Dia 1,825, 14:23

voted

f o b
f o b Dia 1,825, 17:03

jangan salahkn rumput yg bergoyang...
eehhh

salahkn orang" yg suka diskon harga gila"an xD

a h a s r a p
a h a s r a p Dia 1,825, 18:50

nice

Piyai
Piyai Dia 1,825, 18:57

turunkan pajak dunk....
/me bayar pajak 40 idr sekali kerja hiks....

toekang keboen
toekang keboen Dia 1,825, 20:54

Solusi ketiga eTKI..

kikiangkola
kikiangkola Dia 1,825, 21:34

mantap sekali, ane jadi tki aja biar bisa dapat lebih banyak

Eraclev
Eraclev Dia 1,825, 21:35

Artikel bagus o7

Los Skut Leboys
Los Skut Leboys Dia 1,825, 21:42

mantabbb........
lanjutkan oom silful !!!

NamaSaya
NamaSaya Dia 1,825, 22:27

Nice article kk. Subscribe ahh...

Ricca Greenwood
Ricca Greenwood Dia 1,826, 00:44

[MoE] Exp, Energy, Gold and Currency
https://www.erepublik.com/en/article/2159836/1/20

VOTE + RESHOUT PLEASE !
NEED YOUR COMMENT AND SUGGESTION !

cukycute
cukycute Dia 1,826, 02:38

pegawai malas juga harus dimasukan dalam faktor-faktor yang mempengaruhi...

TMOHS
TMOHS Dia 1,826, 03:16

^ ^ ^ ^ ^ ^ ^ ^ ^ ^ ^ ^ ^ ^ ^ ^ ^ ^ ^ ^ ^ ^ ^ ^ ^ ^ ^ ^

nerima offer pegawai 20 orang, yang kerja lebih dari 2 hari paling 2-3 orang

The Cartjones
The Cartjones Dia 1,826, 04:35

^ ^ ^ ^ ^ ^ ^ ^ ^ ^ ^ ^ ^
iyalah, 2 nya pemain aktif, 5 nya main hari pertama langsung pensi, sisa nya sapi ketebas -,-

RaviMirza
RaviMirza Dia 1,826, 06:31

/me namoang doang

GadjahMadaa
GadjahMadaa Dia 1,826, 07:36

Kerja di pabrik ane, kalo rajin ane kasih jauh lebih dari minimum wage

Reno Ikra Diadji
Reno Ikra Diadji Dia 1,826, 08:15

ane nggak kuat gajinya. jadi pabrik ane yg kuat menampung 5 karyawan, untuk sementara dibiarkan berjalan tanpa karyawan

S T R A N G E R S
S T R A N G E R S Dia 1,826, 08:19

artikel mantep ini,

memang selalu ada dampak positif - negatif dari kebijakan mengenai minimum wage di job offer, salah satu dampaknya yah lesunya job offer, tapi perlu menjadi catetan job offer minggu2 lalu masih sempet bergairah diangka 25IDR ++ , jadi mungkin masih ada faktor lain yang menyebabkan job offer lesu, salah satunya market yang kurang bergairah mungkin,

S T R A N G E R S
S T R A N G E R S Dia 1,826, 08:24

mengenai saran penurunan minimum wage, menurut gue kurang tepat kalau dilihat kondisi sekarang. pertambahan player indonesia mencapai kurang lebih 100 pemain baru lahir, permasalahanya 100 pemain baru ini tidak bisa dipertangungjawabkan kehadiranya. otak gue berhubung udah di set negatif, jadi gue maen tuduh aja itu mayoritas sapi bukan pemain baru. ketika makin banyak sapi masuk, itu bisa menjadi boomerang buat indonesia sendiri nantinya, karena sapi-sapi tidak bisa dipertangungjawabkan..

S T R A N G E R S
S T R A N G E R S Dia 1,826, 08:29

dengan menurunkan min wage, kita juga berarti ikut mendukung lahirnya sapi2 di indonesia, yang sudah jelas akan menggangu stabilnya perekonomian indonesia. sehingga pada nantinya matinya ekonomi indonesia. saat ini yang paling tepat adalah menumpuk pendapatan negara, agar bisa di simpan sebagai kekuatan indonesia nantinya..

Klevertak
Klevertak Dia 1,826, 08:38

ini juga hal yang saya bicarakan di media saya. apakah sepakat pajak turun?

GadjahMadaa
GadjahMadaa Dia 1,826, 10:47

@XT
Ane gak ngerti kenapa ente masukin teori ekonomi RL ke Erep.
Karena Erep ini sistem ekonomi nya abal-abal bin apusane si mintod wong romantod..

Ente yg (katanye) jadi menkeu ato menkoekuin ato apalah gak bisa apa2 selain utak atik pajak ama wage. ente ama konco ente si DW ama NR kagak bisa bikin BUMN, BULOG apalagi nyetak duit.

GadjahMadaa
GadjahMadaa Dia 1,826, 10:51

Root cause nye jelas gara2 harga jual jatuh, nyang punya pabrik ogah produksi dus kagak ngerekrut pekerja. Udah itu dipalakin pula ama Gov dengan pajak 20% makin ogah lah mereka produksi. Solusinya jelas:
1. Turunin pajak (hingga 10% kalo perlu ke 5%)
2. Boost demand dengan belanja Gov, buka lograk dan yang lebih baik bikin pasukan roket supaya belanja gov rate ke produsen weapon q1-q6.

GadjahMadaa
GadjahMadaa Dia 1,826, 10:55

Kedua, ane gak ngerti juga kenape ente 'anti' sama "Sapi".
Di sistem ekonomi abaltod mintod ini yang bisa nyetak duit cuma para Sapi.
Sapi lahir diinjeksi 500 IDR sama si Mintod, plus supply IDR dari bot Gold buyer mintod di monetary market.
Nyang terpenting adalah: gimane caranye supaya para Sapi itu nggak belanja ke BM ataupun main donat-donatan. Suruh / bujuk / paksa / ancem mereka supaya belanja jual ataupun beli di market indonesia supaya supply IDR dari mereka muter kenceng di Indo.

patrick sh
patrick sh Dia 1,826, 11:59

/me ngga ngerti ekonomi blass..
/me trying to ngerti..

andevelez
andevelez Dia 1,826, 15:09

+1 om silfu benar banget

+1 om gajahmada tepat sekali

f o b
f o b Dia 1,826, 15:57

http://prntscr.com/k4myz

link job offer terakhir xD

Harima Hario
Harima Hario Dia 1,826, 16:09

terpaksa keluar dari eindo dulu, gara-gara gaji dan tax nya kurang sesuai di hati

barbar
barbar Dia 1,826, 17:03

TMOHS Day 1,826, 03:16

^ ^ ^ ^ ^ ^ ^ ^ ^ ^ ^ ^ ^ ^ ^ ^ ^ ^ ^ ^ ^ ^ ^ ^ ^ ^ ^ ^

nerima offer pegawai 20 orang, yang kerja lebih dari 2 hari paling 2-3 orang x2, post job offer buat 25 malah cape pecat pecatinnya

setuju sama ts, tapi mungkin lebih tepat memperbanyak yang punya q6/q7 secara agregat,
lebih baik satu orang upgrade q5 ke q6 dibanding 2 orang upgrade q6 ke q7..tentunya semakin banyak pabrik akan menurunkan harga jual itu sendiri...

barbar
barbar Dia 1,826, 17:05

itu jadi salah satu faktor kenapa orang males bikin pabrik, karena lama(banget) BEPnya apalagi q7, gw rasa ts udah punya itungannya berapa lama q7 bisa BEP, monggo dishare :)

RyGnwn
RyGnwn Dia 1,826, 20:30

Minimum Wage udah ditolak 2x dalam 2 minggu
Udah terlalu banyak keluhan, tp congress ga pernah bergerak sm sekali
Perlu dibikinin artikel kyk apa lg emang?

Pak presiden sndiri cuma bisa komen "Artikel Bagus" tp ga ngasih solusi dan tindak lanjut
Artikel bagus butuh implementasi, bukan cuma apresiasi

Tau efeknya klo ga ada job offer?
Newbie daftar, ga ada job, ga bisa nyelesaiin misi awal, quit
Gw bilang "Newbie" krn klo sapi mah tinggal bikin di luar, ga ada masalah : )

S T R A N G E R S
S T R A N G E R S Dia 1,826, 21:07

@gadjahmada : emg teori apa yg gue praktekin bro?? gue dari dulu gak jago teori sob, gue mah mikir yg polos2 aja.. (:

kalo masalah pajak yg diturunkan dan dijadikan rendah, buat gue gak ada tantanganya sob..kenapa ? jelas berbulan-bulan lalu ekonomi indonesia itu lemah syahwat.. semua bergantung kepada lograk untuk kekuatan militernya, jelas karena sikap individualis player indonesia makin kuat.. lograk gak buka ?? power militer indonesia turun pastinya..

S T R A N G E R S
S T R A N G E R S Dia 1,826, 21:10

dengan kondisi pajak yg lu saranin ekonomi indonesia tidak bergairah lagi seperti beberapa bulan bahkan tahun yang lalu, semua berfokus pada pencetakan dana cepat melalui pemain ganda.. tidak ada lagi yang menengok sistem ekonomi erep, dampaknya pun merembet ke perpolitikan yang sarat dengan pemain ganda.. hasilnya ? hibernasi akut para player ?? gak ada lagi keseruan bermain game ini.. gk ada lagi tujuan untuk kepentingan bersama, semua balik ke hakekatnya manusia yang penuh nafsu dan serakah..

S T R A N G E R S
S T R A N G E R S Dia 1,826, 21:13

kalo lu yakin bisa kasih jaminan, para peternak akan mau mengikuti suruhan dan anceman supaya mengairahkan market indonesia ? yah monggo direalisasikan.. menurut gue, sama sulitnya menjaga agar para pengusaha mau berkomitmen membangun ekonomi dalam negri,

mengenai anti sapi, gue sendiri gak anti sapi banget2.. kalo gue anti sapi banget mending gue berbakti sama admin.. (: yang gue lakukan itu menekan jumlah sapi yang beredar.. karena menjaga dampak negatif dari sapi itu..

S T R A N G E R S
S T R A N G E R S Dia 1,826, 21:16

faktanya juga terlihat, mau sistem yg kyk gini juga pemain baru atau bisa disebut pemain ganda campuran tetap eksis khan ?? yg terpenting digame ini menurut gue adalah gairah.. gairah ekonomi , politik, media, militer.. dan akan selalu ada keterkaitan dari semuanya..

S T R A N G E R S
S T R A N G E R S Dia 1,826, 21:18

game ini memang bisa dibilang tidak ada masa depannya,semua bergantung sama mintot.. tapi masa kita gk bisa berkreatifitas dengan ruang yang ada?

Alessandro Del Toro
Alessandro Del Toro Dia 1,826, 21:59

akibat buruhnya kebanyakan demo, investor kabur kekekeke

S T R A N G E R S
S T R A N G E R S Dia 1,826, 22:21

@gadjahmada : eh iyak,tambahan.. menko skg itu HRH Faustin.. yg update dong bro.. gue menko bulan lalu sob..

TMOHS
TMOHS Dia 1,826, 22:31

47barbarDay 1,826, 17:05
5h 14m ago
itu jadi salah satu faktor kenapa orang males bikin pabrik, karena lama(banget) BEPnya apalagi q7, gw rasa ts udah punya itungannya berapa lama q7 bisa BEP, monggo dishare


^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^
BEP ? mimpi kali ya kemaren itung2 dengan gaji 10 orang @25IDR, 44000 WRM @0.07, untuk buat 176 Weps q7 aja butuh 18.92 IDR / buah. Harga jual skrg 20.20 (kemaren malah sempat @19 IDR) maka setelah dipotong tax jadi 16.83 IDR = RUGI

So ?

barbar
barbar Dia 1,827, 23:24

TMOHS: cmiiw tapi itungan wrm bukan 44000 tapi harusnya 35200
sehari 24 idr perpekerja sekitar 240 idr perhari (0,5gold ish) biaya bangunnya untuk upgrade dari q6 252 gold > 500 hari, kalo dari nol bisa sampe 1000 hari lebih untuk satu pabriknya

barbar
barbar Dia 1,827, 23:25

oh ya itu kalau promo :)

 
Publicar comentário

O que é isso?

Estás a ler um artigo escrito por um cidadão do eRepublik, um imersivo jogo de estratégia baseado nos países do mundo real. Cria uma personagem e ajuda o teu país a alcançar a glória, enquanto te tornas num herói de guerra, num editor reconhecido ou num guru das finanças.