Ambient on/off

Sign up

 

Continue

Continue By creating an account you agree to the Terms of Service & Privacy Policy

The Good Act Does Not Wash Out The Bad...

Day 1,869, 13:02 Published in Indonesia Indonesia by Nathaniel A Wirjawan

...nor the bad to good.


Baratheon lagi, tapi kali ini Stannis.

Dalam konteks perpolitikan Erepublik, hal ini berarti, jika sekelompok player secara kolektif dengan sengaja melakukan tindak kejahatan, dan besoknya melakukan kebaikan, jasa, atau tindak kepahlawanan terhadap sebuah negara, mereka harus dipuji atas kebaikan, jasa, atau tindak kepahlawanan tersebut, namun bukan berarti bahwa kejahatan mereka akan dianggap hilang atau terhapus begitu saja. Kejahatan mereka harus tetap diingat sepanjang sejarah perjalanan bangsa, dan diperingati setiap tahun sebagai Hari Kejahatan Nasional.


Singkatannya apa, ya? Harhatnas?.

Hal ini akan berfungsi sebagai preseden untuk mencegah kejadian serupa terjadi di masa depan, sekaligus berfungsi sebagai standar moral bagi para pemain baru, sehingga mereka tahu bahwa kejahatan terhadap negara adalah hal yang tidak dapat diterima. MEMAAFKAN DAN MELUPAKAN HANYA AKAN MENGHASILKAN PRESEDEN BURUK, dan membawa resiko residivisme, atau pengulangan tindak kejahatan.

"But it's over now!", kalian bilang? Well, saya tidak tahu apa yang terjadi tahun 2011, tapi tahun 2012 tidak ada daerah jajahan yang bisa di-rebel. Siapa bilang kejadian serupa tidak akan terjadi lagi di tahun 2013? Atau tiap September kita harus berurusan dengan high treason? Apakah kita akan terus mengalami siklus pengkhianatan negara yang terus berulang setiap tahun?


Mau, tiap tahun ada kejadian macam ini?

PS: Terimakasih terhadap teman-teman yang sudah menyarankan saya untuk mencari tahu lebih banyak tentang GESTAPU. Sekarang saya tahu bahwa pengkhianatan ini terjadi lebih dari sekali.

 

Comments

Nathaniel A Wirjawan
Nathaniel A Wirjawan Day 1,869, 13:02

no pertamax, i hope!

Nathaniel A Wirjawan
Nathaniel A Wirjawan Day 1,869, 13:02

yes, beneran no pertamax!

Satria Pandawa
Satria Pandawa Day 1,869, 15:03

saia belum lahir waktu gestapu kk, jd ga tau kok bisa sampai terjadi gestapu..
mungkin kk bisa cerita sejarahnya..

abee666
abee666 Day 1,869, 16:08

mantep..

Hassan Al Banna
Hassan Al Banna Day 1,869, 17:52

o7

si petung
si petung Day 1,869, 17:58

gestapu itu bukannya memang udah diperingati sebagai hari sinetron nasional? : p

imobil
imobil Day 1,869, 18:05

@petung... seingat ane gestapu itu malah ditunggu2 ama partai lainnya.... seingat ane waktu jadi presiden setiap ada kesempatan pasti dipancing untuk bahas masalah gestapu... seperti: apakah ada gestapu bulan ini? Apakah benar ada gestapu? kamu bisa janjikan ga akan ada gestapu?

Jadi kesimpulan ane ini mah acara sinetron yang ditunggu2? )

subairguns
subairguns Day 1,869, 18:48

well, pa' presh adain hari anti kejahatan indonesia, ato sekalian tingkat dnia :v

neo_Ryan
neo_Ryan Day 1,869, 20:00

/me nunggu 9 bulan lagi... entah, masih eIdup ato udah eMati

S T R A N G E R S
S T R A N G E R S Day 1,869, 22:27

MAKASIH PROMOSINYA...

N Y A N
N Y A N Day 1,869, 23:19

dendam amat

Si Bujel
Si Bujel Day 1,869, 23:24

AYO SEMUA MASUK PARTAI GEMBONG TERORIS PKEI

JANGAN LUPA JOIN DENSUS 69

aliy1
aliy1 Day 1,869, 23:27

/me nunggu neo (yang udah 3 taon maen eRep) 1000 taon lagi untuk bisa berpikir kritis dan adu argumentasi

ternyata lama maen, STR, jabatan, pangkat gak bikin orang jadi pinter, tsktsktsk

neo_Ryan
neo_Ryan Day 1,870, 03:40

/me nunggu realisasi aliy memberantas buta huruf dikotanya...

abee666
abee666 Day 1,870, 06:34

/me nunggu aliy1 ma neo_Ryan resmi eNikahan.. jangan lupa supenirnya

neo_Ryan
neo_Ryan Day 1,870, 17:20

@neo, dah habis argumen kaw, masih ulang lagu yang sama di acara yang beda?

===============
maling teriak maling bang? yg ngulang2 terus siapa? yg bawa2 artikel lama siapa?
haha,, makin aneh kaw bang,
menggampangkan kerjaan orang, taunya diri sendiri g bisa ngerjain
ngomongin orang bawa2 diskusi lama, dia sendiri yg bawa diskusi lama..
hahaha.. ngakak dulu ye bang,..,

aliy1
aliy1 Day 1,870, 20:16

@neo malu yah boroknya diliatin lagi?
biar keliatan yang suka ngomong2 komunis dan kuba
tapi begitu didebat malah keluarin jurus fallacy
dan kabur dari diskusi

run...neo...run
let him cry in the corner

neo_Ryan
neo_Ryan Day 1,870, 20:54

kok malu?
gw cuman membalikkan kata2 lu aja kok...
dan..
cetaaarrr..
seperti maling teriak maling kan.. haha
lagian juga yg kabur kan elu.. menjanjikan menyelesaikan masalah yg sangat mudah buat elu, buta huruf, tp g bisa kan.. haha..

dan tetap d tunggu realisasi menggampangkan masalah lu itu...

Tusheng
Tusheng Day 1,871, 09:11

PKEI ??
nga ada loe nga rame wkwkwkwkw

aliy1
aliy1 Day 1,871, 10:08

@neo memang menyedihkan dengan membanggakan red herring fallacy sebagai counter argument
bisa baca tapi gak bisa ngerti isi bacaan
punya otak tapi gak tau cara mikir
sok2an ikut diskusi tapi cuman bisa fallacy
miris lihat petinggi2 PKeI dari periode kemaren isinya beginian doang

sampai jumpa di artikel ttg komunisme lagi biar gw bantai semua ocehan gak mutu kelen itu
bawa sesepuh atau dukun atau orang pintar lah buat dampingin, masa 1 gedung gak ada yang bisa bantuin?

3 artikel komunisme oy dibante, gak kesian kelen liat kamerad petinggi parte ini terhina?

Nathaniel A Wirjawan
Nathaniel A Wirjawan Day 1,871, 21:14

@satria pandawa: baca wiki erep aja.

@abee666: thanks.

@strangers: sama2.

@si bujel: akhirnya ngaku juga.

@aliy1 & neoryan: seru amat debatnya. saingan lama, ya, bdua?

@ALL: sorry, ngilang 3 hari. gw sibuk, g smpt cek komen. thanks all, atas apresiasinya.

Nathaniel A Wirjawan
Nathaniel A Wirjawan Day 1,871, 21:15

itu tag apa diilangin aja, ya?

 
Post your comment

What is this?

You are reading an article written by a citizen of eRepublik, an immersive multiplayer strategy game based on real life countries. Create your own character and help your country achieve its glory while establishing yourself as a war hero, renowned publisher or finance guru.