Ambient on/off

Sign up

 

Continue

Continue By creating an account you agree to the Terms of Service & Privacy Policy
Resend email   |  Can't find the email? confirmation@erepublik.com

Resend the confirmation email to this address

Resend email Can't find the email? confirmation@erepublik.com

Sunday Evening :D

Day 1,692, 03:43 by LarasDea
Hello Fellas!
Wherever you are, Whenever you read this, Whatever you do


Hari ini panas banget yah -_- Bener-bener nggak relevan deh untuk yang namanya main diluar rumah fiuuuhhh. Tapi TS abis arisan tadi -_- tetep aja ya keluar rumah -_- CURHAT?!

Anyway, aku habis baca artikel dari 64mp1n6 berjudul "I N T R O P E K S I u/ eIndonesia". Oke mari berpendapat :D

TS kemarin juga sempat bingung pas main dan lihat kalo DO nya itu kenapa jadi membela Malaysia yah? Tapi TS tetap ngikutin DO aja. But it really made me confused for a while.

Nggak tau sih apakah TS yang kurang update dengan nyari-nyari artikel (terlebih karena TS waktu itu cuma mau habisin energy aja karena harus kuliah :p). Tapi ternyata ada artikel dari CP yang mengatakan :

"Kesuksesan pembebasan region Serawak dalam rangka pengembalian wilayah-wilayah milik rekan-rekan negeri Upin Ipin harap agar diteruskan pada pembebasan region Peninsular Malaysia pula. Buktikanlah bahwa kita adalah bangsa yang terhormat dengan menghormati rekan-rekan kerja kita yang sedang bekerja keras di negeri seberang"

Setelah ane tanya-tanya, ternyata dulu ada perjanjian antara eIndonesia dengan eMalaysia bahwa eIndonesia tidak boleh menyerang dan mengambil region eMalaysia lagi dengan tangguhan Sabah menjadi milik eIndonesia. (Kalau ada kesalahan mohon di koreksi ya :D)

Terus kenapa ya bisa ada miss-communication? Apa ya penyebabya?

Menurut TS, ada beberapa faktor yang menyebabkan miss-communication terjadi, yaitu :

1. Tidak semua orang tau sejarah eIndonesia

Kinda bullshit to talk about it. Tapi, ini penting loh! Kenapa? TS sendiri yang masih nubi (baru sebulan main :p) ngerasa kalo semua yang pernah terjadi di masa lalu eIndonesia harus diketahui oleh semua nubi. At least, harus ada penjelasan mengenai perjanjian-perjanjian yang pernah diadakan. Supaya nggak miss-communication lagi :)

2. Kurangnya minat membaca

Ini faktor kesalahan terbesar menurut aku. Kalo player hanya bermain tanpa melihat dulu situasi apa yang sedang terjadi, tentu akan jadi masalah besar. Koran-koran yang memuat artikel didalamnya, jelas sekali perlu dibaca. Nggak perlu semua sih... At least, korannya CP, ISTANA NEGARA, dan koran-koran milik pemimpin partai sendiri :)

3. IRC yang tidak begitu efisien

Nah kalo yang ini sebenernya tergantung ke orangnya lagi. Kalau misalnya nih, pada saat dibentuk kebijakan oleh commander MU, atau ada dari CP, dan pada saat itu kita sedang tidak OL, maka terjadilah sesuatu yang dinamakan miss-communication. Misalnya pas ada DO, terus DO nya aneh nih (bela eMalaysia contohnya), kan pasti kalo nggak ngerti ada apa bakalan bingung kan? Jadilah nih kaum kebingungan miskin informasi. IRC efektif kok, tapi hanya bagi orang2 yang sering OL disitu.

Ya, 3 faktor itu yang menurut aku paling mendominasi. Dan mungkin hal ini lebih dialami oleh para nubi. Berhubung TS juga masih bisa terhitung nubi, jadi yaaa sebenernya ini curhatan TS :p

Untuk menanggulangi hal itu kembali terjadi, TS punya beberapa saran yang mungkin bisa dilakukan untuk kemudian hari :p

1. Komunikasi

IRC itu lebih ke life time. Memang efektif kalo semua OL, kalo nggak? Jadi mungkin, perlu adanya artikel-artikel yang mendukung supaya semua player yang tidak on saat pembuatan kebijakan dan keputusan, bisa baca dari artikel. Dan perlu adanya penyebaran informasi bahwa ada artikel ini. Dari mana? Dari shout MU. Karena tiap player OL, pasti halaman feed utama ya shout MU ini kan?

2. Respect

Kenapa aku masukin respect disini? If you don't respect what gov, commander, or whoever made some decision, you won't understand what they really mean. Selama player tidak menghargai kebijakan yang udah dibikin oleh yang berwenang, selama itu pula lah dia tidak akan mengerti mengapa kebijakan itu dibuat.

Yah itu lah yang aku pikirin waktu melihat kondisi sekarang ini. Most of all, i'm not the best. But i'll try to be. I'm not the one who has no mistake. But I'm trying to be the one who has less mistakes.

Well that's all. Forgive all my bad words, if it does exist.

Cheers!
Keep Trying, Keep Believing, Keep Praying.

With love,
LarasDea
 

Comments

akmalaputra
akmalaputra Day 1,692, 03:47

PERTAMAXXX

o0n3m00o
o0n3m00o Day 1,692, 03:50

keduax!!!
kenalan dunk kk... ama newbie gantenk... heuheueheu

o0n3m00o
o0n3m00o Day 1,692, 03:51

BTW, nambahin, tepat semua kok omongan TS, orang suka lupa kalo media ini adalah urat nadinya game ini, bukan di ym, irc atau forum hehe

akmalaputra
akmalaputra Day 1,692, 04:09

wakakak om nemu mah nubi karatan xD

LarasDea
LarasDea Day 1,692, 04:11

akmalaputra : :D

o0n3m00o : itu analisis aku aja om yang mengaku nubi :p terima kasih udah membaca

swerg hgty Day 1,692, 04:12

Comment deleted

the4th
the4th Day 1,692, 05:11

wawww kereeennn

:matabelo:

PINTU ILMU
PINTU ILMU Day 1,692, 05:12

wah lihat seragam TNeI semua nih xD
@LarasDea pasti ada alasan kenapa seorang player tidak mengikuti suatu kebijakan gov xD

Suitou A. Tenshi
Suitou A. Tenshi Day 1,692, 07:14

dulu ada perjanjian antara eIndonesia dengan eMalaysia bahwa eIndonesia tidak boleh menyerang dan mengambil region eMalaysia lagi dengan tangguhan Sabah menjadi milik eIndonesia.

iya kk, kalo gah salah itu pas om silfumus
tapi kan ada tenggang waktu,,yg gw tau sudah kadaluarsa tuh perjanjian,

koeprets
koeprets Day 1,692, 07:19

Semangat Gan,,.

irvan permana
irvan permana Day 1,692, 07:35

o7

Bolodewo
Bolodewo Day 1,692, 07:44

Selama player tidak menghargai kebijakan yang udah dibikin oleh yang berwenang, selama itu pula lah dia tidak akan mengerti mengapa kebijakan itu dibuat.

dwardzz
dwardzz Day 1,692, 08:17

BTW, nambahin, tepat semua kok omongan TS, orang suka lupa kalo media ini adalah urat nadinya game ini, bukan di ym, irc atau forum hehe <<< rasanya dejavu ama wawancara di sebelah =="

LarasDea
LarasDea Day 1,692, 21:22

BTW, nambahin, tepat semua kok omongan TS, orang suka lupa kalo media ini adalah urat nadinya game ini, bukan di ym, irc atau forum hehe <<< rasanya dejavu ama wawancara di sebelah =="

huahahahahahah bang dwardzz :p

N o B e n X
N o B e n X Day 1,694, 02:06

\m/

ane masuk artikel ini....

VCS utk larasdea....

 
Post your comment

What is this?

You are reading an article written by a citizen of eRepublik, an immersive multiplayer strategy game based on real life countries. Create your own character and help your country achieve its glory while establishing yourself as a war hero, renowned publisher or finance guru.