Ambient on/off

Sign up

 

Continue

Continue By creating an account you agree to the Terms of Service & Privacy Policy
Resend email   |  Can't find the email? confirmation@erepublik.com

Resend the confirmation email to this address

Resend email Can't find the email? confirmation@erepublik.com

Stop IRC-Related Bullying!

Day 1,876, 20:04 by Nathaniel A Wirjawan

Pictured: Your typical IRC-f*cktard-bully.

Para old-guards dan orang-orang tipe “komunitas” tidak akan menyukai artikel ini, serta player yang secara umum menderita IRC-philia kemungkinan akan trolling di bagian komen, but what of it? I don’t care! Pada akhirnya seseorang harus menulis tentang masalah kronis ini--yang sudah menjangkiti eIndonesia selama bertahun-tahun--dan kalau saya terpaksa menjadi orang itu, so be it!

Bagi nubitol yang kebetulan nyasar ke artikel ini, yang dimaksud dengan IRC adalah Internet Relay Chat, and apparently, in Erepublik, this is the “thing” that all “it” people snort up their nostrils. IRC digunakan secara ekstensif untuk menyelenggarakan pemerintahan, rapat kongres, hang-out, dan be social. Dengan kata lain, IRC adalah bagian integral dari Erepublik (walaupun bukan bagian dari game mechanic) yang tanpanya sebuah pemerintahan tidak akan bisa berjalan, dan jika anda ingin terlibat aktif dalam pemerintahan sebuah e-negara, entah itu jadi anggota kongres, mentri, presiden, komandan militer, atau busybody-gak-jelas, IRC merupakan sebuah keharusan yang bersifat MUTLAK!

Sekarang, tolong baca lagi kalimat terakhir dari paragraf sebelumnya. Kata kuncinya bukan “mutlak” (yang all caps dan bold), melainkan “jika anda ingin terlibat aktif dalam pemerintahan”. Found it?

Itu artinya, jika anda tidak benar-benar ingin terlibat aktif dalam pemerintahan (a.k.a. malas jadi mentri dan/atau busybody-gak-jelas) anda tidak benar-benar perlu ke IRC. Ya, ada beberapa keuntungan yang akan didapat newbie ketika berkunjung ke IRC, mulai dari saran mengenai game mechanic sampai sumbangan food, weapon, CC, dan bahkan gold (kalau lagi beruntung). Juga rumornya, kalau anda ke IRC, anda akan dapat teman untuk “ngobrol seru” (walaupun berhubung yang bilang adalah orang ini--dan ketika dia blabbing tentang hal ini dia me-refer kepada infamous group yang memiliki sejarah bukan hanya satu, tapi dua high treason in a row--kemungkinan besar rumor ini adalah kebohongan publik atau jenis trolling tingkat tinggi).

Namun apakah keuntungan ini kemudian menjadi keharusan? F**k if it is! Ketika anda memberi insentif kepada orang untuk melakukan sesuatu, pada dasarnya anda memberi mereka pilihan: benefit for desirable behavior which might need a little effort, atau no benefit for no effort. Ini adalah upaya yang sangat dewasa dari pemerintah maupun individu yang merasa ingin (atau butuh?) untuk melibatkan lebih banyak player ke IRC. Namun sayangnya, upaya baik ini dirusak oleh tingkah beberapa legiun IRC-troll and bully.


Pictured: Legion of bullies.

Sebagai contoh, orang ini menggunakan hinaan sebagai bagian dari rangkaian retarded effort untuk membuat sesama player penasaran dengan IRC. Orang ini, disisi lain, mencoba menipu sesama player dengan bertingkah seolah-olah masalah game-mechanic sederhana yang bisa dengan gampang dipelajari dari wiki adalah pengetahuan arcane bin rumit yang hanya bisa dipelajari dengan berkunjung ke IRC (not to mention, argumennya out of place). Dan dua contoh kurang elegan ini didapat dari hanya satu artikel tidak populer yang bahkan tidak masuk top 5.

Dan sebelum seseorang bilang: "Mereka niatnya baik koq!", mohon dipahami bahwa saya sepenuhnya paham niat mereka, TAPI METODENYA ANNOYING! (DISCLAIMER: Saya pribadi tidak benar-benar terganggu, soalnya yang begini biasanya saya abaikan. Tapi lama-lama bikin jengkel juga.)

Saya tidak tahu mengapa pemerintah merasa harus melibatkan lebih banyak orang ke IRC (memangnya gov yang sekarang kekurangan orang, ya?), namun kalau memang niatnya seperti itu, kalian akan lebih berhasil kalau kalian menggunakan cara yang tidak terlalu menyebalkan. Innuendo-gak-jelas dan lagak-smug-sok-superior-mentang2-ke-IRC mungkin bisa mendorong satu atau dua orang untuk penasaran ke IRC. Namun bagi beberapa orang lainnya--dan saya percaya bahwa kelompok kedua ini lebih besar--tingkah macam ini tidak akan menghasilkan apapun kecuali kejengkelan yang membuat nubi malas ke IRC, atau bahkan berhenti main dan delete akun karena merasa didiskriminasi (dan dimana-mana ketemu smug-sok-IRC). Dan kita bukannya butuh nubi, ya?


Pictured: Bad idea!

Fine, orang-orang ini bukan orang gov, mereka bertindak atas inisiatif sendiri untuk mencapai tujuan yang mereka pikir baik (walaupun metodenya menyebalkan). Tapi ketika pemerintah diberi tahu mengenai disturbing behavior sekelompok player yang sudah membudaya dan sedikit banyaknya mengancam kelangsungan perkembangan sebuah bangsa, adalah bijaksana untuk memberikan sedikit perhatian mengenai masalah ini. Tentu saja pemerintah (or anyone, for that matter) tidak akan pernah mampu memberantas profanity-hurling-troll yang mayoritas (anehnya) berasal dari golongan yang sama (tanya kenapa?). Namun player yang berniat baik namun belum sadar bahwa mereka menyebalkan (dan membuat nubi delete akun) mungkin perlu diingatkan bahwa tingkah mereka tidak membantu siapapun.

PS: Lograk dan supply dari MU biasanya didistribusikan melalui IRC, jadi sebenarnya menguntungkan bagi nubi untuk ke IRC sesegera mungkin (kecuali kalau mau nge-goa).

PPS: Gov dipersilahkan dengan segala hormat untuk iklan IRC di bagian komen. :) Siapa tau ada nubi yang nyasar ke artikel ini dan belum ketemu link tutorialnya.
 

Comments

Nathaniel A Wirjawan
Nathaniel A Wirjawan Day 1,876, 20:05

gw gak tau ada berapa banyak moron disekitar sini yang percaya bahwa bullying merupakan bentuk encouragement yang efektif. gw harap gak terlalu banyak.

neo_Ryan
neo_Ryan Day 1,876, 20:20

mau masuk IRC terus chat2 kaga jelas yo monggo..
kaga mau masuk IRC, hanya maen game lewat game mechanic (artikel, shout, dll) yo monggo...

gitu aja kok repot

si petung
si petung Day 1,876, 20:24

pas ke link koran sebelumnya gua mendapat kenyataan pahit..

rob stark bukan eyang tony stark : (

ScimitarInd
ScimitarInd Day 1,876, 20:32

Woh, memang apa yang terjadi selama ane absen dari IRC dalam 2 minggu ini ??

Game ini game online, yang dibalik setiap charnya, ada orang asli yang mainin. (walaupun bisa aja 1 orang mainin lebih dari satu char)

Nah, masalahnya, interaksi game mechanicnya kan cuma klik klik tombol doang, rasanya kurang lengkap kalau ngga sekalian kenalan dan silaturahmi dengan para individu di balik char tersebut. IRC adalah jawaban untuk fasilitas silaturahmi ini.

Dont worry dengan bullying, masih banyak kok yang pure seneng login IRC untuk silaturahmi aja.

Buat isi artikel ini, saya acungi jempol. kenapa ? karena masih banyak cara KREATIF lainnya untuk mengundang orang bersilaturahmi di IRC. If you Have a good purpose, use ure imagination, dont stuck with bullyin and trollin method only

Nathaniel A Wirjawan
Nathaniel A Wirjawan Day 1,876, 20:33

@neoryan: iya, tapi bbrp orang bersikap seperti bully. dalam jangka panjang ini gak baik. walau mereka niatnya baik, tapi kalau metodenya buruk kan bikin repot juga.

@sipetung: sorry mengecewakan, wkwk.

erick0682
erick0682 Day 1,876, 20:36

saya newbie ,mank ga ngertii fungsi irc(setelah baca artikel ini sedikit tahu tentang irc), mending komandan regimen aja yg kesono,para newbie kaya saya tinggal terima hasil,coz game ini kompleks,,and tutorial yg dikasih juga ga ada tulisan harus ke irc,secara para newbie ga punya temen di irc,mending komunikasi di forum mu masing2 aja,nambah temen yg se mu

plengeh.22
plengeh.22 Day 1,876, 20:42

titip lapak gan...
http://www.erepublik.com/en/article/-kontrofersi-nasehat-untuk-nubi-dari-nubi-2190458/1/20
silahkan dicek...sapa tau membantu sesama nubi...

vosakz
vosakz Day 1,876, 20:44

aye jujur nih gan sudut pandang agan menarik banget, berani beda dan memang terkadang itu adalah kejujuran. Namun yang seharusnya tidak dilakukan adalah mengGeneralisasi semua hal..
Sama dengan layaknya penelitian dimungkinkan terjadi sample error yang menyebabkan hipotesa kita tidak valid. Namun semua hal itu wajar, dan saya hanya ingin menambahkan data bagi agan, saya 3 tahun main erep dan tidak selalu berada di IRC, saya pernah bertemu orang sangat menyebalkan di IRC dan banyak yg menyenangkan dan jadi teman cukup baik di RL. Saya pernah menjabat sebagai presiden dan hanya OL IRC kurang dari 48jam dalam sebulan, koordinasi dan komunikasi bs saya lakukan melalui sms, WA, BBM< YM dan media lainnya sampai dengan shout, forum dan artikel..

poin yang ingin saya sampaikan:
1. IRC bukan keharusan
2. IRC layaknya dunia ada baik ada buruk
3. Jika agan mengharapkan semua baik menurut versi agan dengan sangat terpaksa anda harus buat dunia agan sendiri tanpa orang lain

Mohon maaf jika ada kata yang kurang berkenan, saya mengerti anda orang yang peduli dengan eIndonesia dengan cara anda dan karena itulah tanpa saya sadari saya telah menjadi pelanggan tetap koran anda.. keep writing gan (=

Hail eIndonesia o7
Salam Perubahan... MERDEKA!!!

lupuues
lupuues Day 1,876, 20:45

gpp kan di buli skali2 kan disana tempat wisata keren, ada pantai kuta dll :p #gagalfaham

nubiunyu
nubiunyu Day 1,876, 20:50

gw pribadi pas pertama kali maen erep (3 bulanan yg lalu) berasa beribet kalo dikit2 pada ngajak irc. ya ampe sekarang juga gw termasuk jarang irc. paling ke irc buat hunting kuis ama agenda rapat doang.

terlalu mengajak nubi ke irc emang ada potensi baby-mati-muda-boom. nggak dikit nubi yg mikir "ya elah beribet amat mesti buka tab baru/site lain buat ngemeng2 doang".

ya emang udah resiko admin y nggak ngebuat game mech untuk chat atau sejenisnya sih. mungkin kalo ditambahin fitur chat servernya ga tahan kale. heuheuehu

Nathaniel A Wirjawan
Nathaniel A Wirjawan Day 1,876, 20:54

@lupuues: funny.

@vosakz: sebenarnya artikel ini lebih berupa himbauan kepada yang punya niat baik untuk mengajak orang2 ke IRC agar ajakannya dilakukan dengan cara yang baik juga. dan jangan ada peer pressure, soalnya ada kemungkinan efeknya jadi buruk. dan kepada IRC-smug, jgn diskriminatif, soalnya main lewat game mech pun sah2 aja. lagian, kita butuh nubi (ms populasi ditambal sapi terus, gan?). cuma saran aja, sih. kl bahasa artikelnya agak keras, sory, but i have a flare for the dramatic.

@erick: kl mau aktif di gov ya ke IRC, gan. (atau kl mau dpt supply dr MU).

@plengeh: ok.

def0
def0 Day 1,876, 20:56

+1 om vozaks....sama ane juga gak manteng 24/7 IRC mangkanya team work sama yg gape disana si Kalkir....and ane kontak via WA ma doi..

>> jika anda ingin terlibat aktif dalam pemerintahan sebuah e-negara, entah itu jadi anggota kongres, mentri, presiden, komandan militer, atau busybody-gak-jelas, IRC merupakan sebuah keharusan yang bersifat MUTLAK! << FAIL

Nathaniel A Wirjawan
Nathaniel A Wirjawan Day 1,876, 20:58

@nubiunyu: dulu pernah ditambaihin fitur chat ma plato. tapi emg jadi berat, dan akhirnya gak kepake tu fitur (player ttp chat di IRC). so, fiturnya diremove.

gatot ngocok
gatot ngocok Day 1,876, 21:01

kok sampe sekarang saya klo masuk irc selalu sepi ^__^'

Nathaniel A Wirjawan
Nathaniel A Wirjawan Day 1,876, 21:04

+1 om vozaks....sama ane juga gak manteng 24/7 IRC mangkanya team work sama yg gape disana si Kalkir....and ane kontak via WA ma doi..

>> jika anda ingin terlibat aktif dalam pemerintahan sebuah e-negara, entah itu jadi anggota kongres, mentri, presiden, komandan militer, atau busybody-gak-jelas, IRC merupakan sebuah keharusan yang bersifat MUTLAK! << FAIL

=====================================

lw sih udah punya nama besar dan kurang lebih udah jadi player legendaris. jarang ke IRC juga orang maklum. (lw dpt free pass, ky demon war yg kmrn kampanye buat mama tersayangnya disini tanpa dihujat terlalu keras.) tapi kl nubi umur tiga bulan yang gak pernah sekalipun ke IRC, apa punya kesempatan jadi mentri atau anggota kongres? lagian rapat kongres kan di IRC, bagi log di IRC, minta log di IRC, dan kalau lw rapat ma kongres lw juga nanti ke IRC, plus koordinasi (buat komandan) militer juga di IRC. failnya gw dimana? please explain.

abee666
abee666 Day 1,876, 21:21

saya sendiri selalu mantengin irc.. /me kuncen room #peta. wkwkwk

Si Bujel
Si Bujel Day 1,876, 22:17

TETAP SEMANGAT GAN

WOII PKEI...... INI ORANG COCOK MASUK DALAM BIDANG PROMOSI PARTAI

Ein.masih.terus.nyapi
Ein.masih.terus.nyapi Day 1,876, 22:40

juragan saya nitip bicara:
sante aja, paling sebentar lagi mayoritas chat-nya pindah ke WA, atau BBM.
IRC itu kan digunakan untuk mempermudah kita chatting secara real-time doang...

TAPI, nah ini gw kasih tau kenapa IRC masih kepake sekarang:
1. Cheaper than BBM (ga perlu modal BB)
2. Belum semua orang pake aplikasi WA (untuk sekarang)
3. Beberapa orang ingin misahin RL dengan dunia erep-nya, jadilah dia pake "identitas" baru di IRC.
4. dll

moooo

def0
def0 Day 1,876, 22:44

awal maen lagi nat, ane jadi cong, ketua, dua periode berturut2...and tetep jam irc ane sama aja gak nambah. padahal baru maen lagi, blm banyak yg kenal, tinggal gimana kita mo usaha buka jaringan komunikasi. kan ada mass pm buat saling bicara. klopun gak bisa dateng rapat kongres di irc, kita sudah mengeluarkan pendapat di mass pm, percaya deh walopun lo gak dateng di irc, pendapat lu di mass pm ttp dapat porsi yg sama spt yg pada dateng. semua soal komunikasi aja....

aliy1
aliy1 Day 1,877, 23:20

busybody-gak-jelas

Allea230112
Allea230112 Day 1,877, 00:05

voted hard kk

and titip lapak aja dh vote and subs, pls: http://www.erepublik.com/en/article/-srb-eng-where-is-greece-waiting-list-for-turkey--2190160/1/20

Nurmillaty A.M
Nurmillaty A.M Day 1,877, 02:06

Enggak bisa amatin gambar karena ol lewat hape dan fitur pic didisable buat hemat pulsa. Semoga saia nggak termasuk pembully ya kk : ' )

Richard213
Richard213 Day 1,877, 02:37

E-mak masuk Koran X D
eh gx punya emama X D

Richard213
Richard213 Day 1,877, 02:43

nah menanggapi masalah di artikel sebelumnya,
kan tau mekanisme NE kan, jadi tau dong mekanisme WAR?
nah masalah kalo kita NE WA, kita bakal kena sama amrik (rumor)
kalo masalah mindanao, itu lagi perang sama spain,
so kalo bikin artikel cari sumber dulu coy
jangan sekarepmu, ngomong nyerang-nyerang, TO negara aja baru enak neken tuh tombol X D

Somebody else
Somebody else Day 1,877, 02:43

/me k irc cuma nonton doank... Udah maen 2thn tapi cuma dikit kenal orang d irc...

Richard213
Richard213 Day 1,877, 02:45

nah satu lagi, buat masalah bully-ing itu emang ada beberapa nubi yang kena, tapi mereka tetep aja tuh masuk IRC,
IRC itu bukan suatu KEWAJIBAN atau KEHARUSAN, IRC hanya pelampiasan saya untuk mengenal lebih dalam karakteristik para pemain erep << opini
so, mau ke IRC ya terserah gx ya terserah, yang penting kemaren dapet 5 G X D

Richard213
Richard213 Day 1,877, 02:47

dan satu lagi, istilah nge-goa itu bukan berarti gx masuk ke IRC, istilah nge-goa itu cuma Log in WnT log out
kalo full orang goa alias setengah pensi, itu full gx buka erep alias gx buka ini game
atau Pensi , kalo yang ini mah gx usah diterangin, tau sendiri kan : 3

Richard213
Richard213 Day 1,877, 02:52

dan satu lagi NE itu emang bisa dipelajari dari WIKI, inget BISA diPELAJARI,
tapi jika ingin lebih mengetahui alasan kita NE negara itulah, ngapain lah, itu hanya bisa jika kita berkomunikasi dengan player salah satu media IRC, selain wazzup, FB, PM box, dll
tapi tidak bisa dipungkiri juga alasan kita bisa saja diterangkan oleh pak presiden melalui artikel media negara alias koran negara alias kertas edaran alias aka istana presiden
tapi disisi lain ada banyak hal yang kita tidak ketahui dari artikel tersebut, karena artikel presiden hanya kesimpulan suatu rapat yang diadakan oleh yang bersangkutan dan itu hanya poin penting dan yang hanya bisa dipublikasikan kepada massa, yang tidak bisa ya udah : 3

Dimitri Mendeleev
Dimitri Mendeleev Day 1,877, 03:17

C-C-C-C-C-C-COMBO BREAKER!!

Nathaniel A Wirjawan
Nathaniel A Wirjawan Day 1,877, 05:13

@richard: gak mau war ya udah, itu cuma saran aja koq. and btw, usa skrg lg jd trial member CoT, aussie bukan anggota. kita serang mereka sekarang, amerika gak bakal ngapa2in. paling kirim orang buat bantu RW, selain itu gak bakal bergerak. kl usa macen2, ya kirim orang ke situ bt PTO (emg lw pikir knp mrk masuk CoT? takut di-PTO, that's why) lw mgkn perlu belajar lagi tentang situasi politik internal usa. kl soal spain, kan tinggal bilang aja ke mrk kl kita mau mindanao. kecuali kl mereka masih perlu. and btw, orang macam lw ni, yang jenis smug-sok-IRC, yang berfikir mentang2 lw ke IRC lw lebih tau dari semua orang.

@aliy1: iya, busybody-gak-jelas. ada beberapa, kan?

@defo: intinya, ttp harus ke IRC, kan? gw gak anti IRC koq. yg gw anti itu, smug-sok-IRC. kl IRC-nya sih baik2 aja.

@bujel: wew, dibilang profanity-hurling-troll malah dianggap dipromosiin, wkwk. bad news is better than no news?

@dimitri: ???

First Aid Kit
First Aid Kit Day 1,877, 06:26

asiiik...jadi gw dianggap ngebuli lo gitu? kesian banget euy.haha....

bener kata BUJEL. lo cocok masuk divisi promosi. ntah kenapa lagi2 ada PKeI.

Richard213
Richard213 Day 1,877, 07:01

emang ane lebih tau keadaan dari pada ente : 3
dan ngomong2 soal PTO, yakin yang dikirim orang bukan sapi : 3
dan satu lagi ane dah gx IRC 3 hari, emang smug tuh apa si bingung ane ama istilah2 : 3
dan satu lagi USA masih trial kan? anggap aja statusnya kaya india waktu trial di EDEN : 3

Richard213
Richard213 Day 1,877, 07:03

dan ane juga udah buat artikel tentang room2 IRC, itu masalah nubi mau masuk atau kagak kan cuma nyaranin gx wajibin, dari kata mana yang ane tulis yang wajibin orang masuk IRC : 3

Richard213
Richard213 Day 1,877, 07:05

dan masalah spain, ehm,, hmm,,
gimana kalo ente jadi ambasador aka duta besar aja nyalon ke om defo : 3
soalnya kali ini ane setuju, dah males juga spain kayanya RW2an ama pilip kayanya : 3

Richard213
Richard213 Day 1,877, 07:06

terus satu lagi, ngapain belajar politik internal e-USA kalo bisa belajar di RL ( dah seminggu gx IRC ) : 3
dan loe masih ngatain gua smug, serius arti smug tuh apa si X D

S T R A N G E R S
S T R A N G E R S Day 1,877, 07:13

TUH AKHIRNYA LU NGAKUIN KHAN JEL, DARI AWAL DIE LAHIR JUGA GUE UDAH BILANG DIA COCOK JADI BIDANG PROMOSI.. ARTIKELNYA BAGUS BANGET !! LU KAGAK PERCAYA SIH DARI AWAL..

Richard213
Richard213 Day 1,877, 07:14

oiya satu lagi yang ini
mencoba menipu sesama player dengan bertingkah seolah-olah masalah game-mechanic sederhana
====
soalnya ini pengalaman saya sendiri lebih cepat mengerti dan paham bukan bermaksud untuk menipu dan mewajibkan, mana tulisan saya yang menipu, saya hanya memberi saran untuk ke IRC ingat SARAN bukan sara X D

Mwahahahaha
Mwahahahaha Day 1,877, 07:33

/me salah satu korban bullying IRC T_T

RaviMirza
RaviMirza Day 1,877, 11:02

gw suka gimana TS berani berpandangan lewat artikel dengan bahasanya yang selalu lugas (atau suka krn sesamam fans GoT???) muahaha

anyway, ini kayanya TS cocok jadi penerus Iain Keers versi eIndonesia huehehe

Nathaniel A Wirjawan
Nathaniel A Wirjawan Day 1,877, 11:11

@ravimirza: thanks! GoT rules! btw, keers siapa c?

@strangers, firstaid, bujel: promosi? bilang kl sebuah partai itu pelaku high treason dan anggotanya sebagai profanity-hurling-troll itu bukan promosi, tapi smear campaign. *duh*

Nathaniel A Wirjawan
Nathaniel A Wirjawan Day 1,877, 11:29

@richard: thanks krn dah mensupply gw dengan lebih banyak bukti bahwa lw itu smug-sok-IRC (gak tau arti smug? baca kamus! gw gak minat bikin kursus english disini.) so, mari kita bahas satu2:

"terus satu lagi, ngapain belajar politik internal e-USA kalo bisa belajar di RL"
kl lw gak ngerti politik internal mereka, ngapain klaim kl mereka bakal bantu aussie? asal ngomong? gw tau aussie itu nomer berapa di prioritas usa! lw kl gak tau jgn asal nyerocos!
SMUG CHECK: POSITIVE!

"dan masalah spain, ehm,, hmm,,gimana kalo ente jadi ambasador aka duta besar aja nyalon ke om defo"
gak nyambung. jelas bahwa lw berargumen cuma sekedar untuk menyelamatkan muka. (seriously, lw pikir cuma lw yg tau spain lg war ma filipin?)
SMUG CHECK: POSITIVE!

"emang ane lebih tau keadaan dari pada ente"
lihat dua poin sebelumnya.
SMUG CHECK: POSITIVE!

"saya hanya memberi saran untuk ke IRC"
coba baca lagi komen lw dr artikel gw kemarin. ky gitu lw bilang saran? itu namanya NYOLOT, tau!
SMUG CHECK: POSITIVE!

orange day
orange day Day 1,877, 17:33

/me terakhir log in cuman supaya gak mati aja nick di IRC
abis tu /quit

First Aid Kit
First Aid Kit Day 1,877, 17:57

TS-nya ngatain orang SMUG. gak nyadar dia sendiri lebih arogan...haha.
eh...malah ngebuli orang lain. gak mau dibuli tapi maunya ngebuli...haha.

Jus Apel
Jus Apel Day 1,877, 19:02

Bagi nubitol yang kebetulan nyasar ke artikel ini,

/me nubitol yg nyasar ke artikel ini o:

siapa JA
siapa JA Day 1,877, 20:40

login quit gitu doang gue mah

Nathaniel A Wirjawan
Nathaniel A Wirjawan Day 1,877, 21:07

@firstaid: bully (ky lw ma richard) emang harus balas dibully. kl gak, petantang-petenteng terus, mereka. kl gw prinsipnya proportional response. orang baik2, gw balas baik2. orang nyolot, gw balas nyolot. orang ngebully ya gw bales juga. masa gw dibully ma orang2 annoying ky kalian gw biarin aja. si richard, in particular, udah jelas2 asal ngomong kmrn. gw biarin aja, gitu? bisa tambah besar kepala dia!

First Aid Kit
First Aid Kit Day 1,877, 21:37

tuh kan bener. arogan.haha.

angky
angky Day 1,878, 00:54

sumpah


gue ga paham, tp intinya sih kalo jd org berbaik ya baik berbuat buruk ya buruk, bulli ya bulli, dll
just be your self aje, selama itu baik jalan, buruk ya tinggalin, kalo bingung ya ke pengkolan aje, tentukan mao ke arah mana

Reno Sinclair
Reno Sinclair Day 1,878, 02:18

maksu@First Aid Kit:
kalo ane liat, si nathaniel nge-bully tujuannya emang buat nge-bully. jadi fine-fine aja menurut ane.
nah kalo yang dia maksud, kalian berdua tujuannya ngajakin ke-irc, tapi caranya nge-bully. jadi rada aneh aja. gitu. akhirnya nge-bullynya dapet, tujuannya gak tercapai.

sisanya mau debat macam apa, itu urusan kalian. \o/

 
Post your comment

What is this?

You are reading an article written by a citizen of eRepublik, an immersive multiplayer strategy game based on real life countries. Create your own character and help your country achieve its glory while establishing yourself as a war hero, renowned publisher or finance guru.