Ambient on/off
Join eRepublik

Masalah Utama Saat Ini

58 Day 688, 17:51 Indonesia
Dalam perkembangan erepublik belakangan ini, muncul negara2 baru yang besar akibat dari semangat perang Peace-Amerika diantaranya adalah Perancis dan Russia yang dahulu sempat dibela matimatian oleh Indonesia dengan aliansi sekutunya.

Sejarah Russia cukup menarik karena negara ini dulu dimainkan oleh player Amerika dan karena serangan Rumania pada negara tersebut saat mereka tidak memiliki MPP membuatnya rentan. Indonesia dalam waktu beberapa menit setelah Russia diserang Rumania menjadi negara pertama yang menjadi ally Russia.
Sayang Rumania yang tak memiliki harapan untuk menang diatas medan perang melawan aliansi kita saat itu mengirimkan 50% populasi penduduknya untuk melakukan TO pemerintah Russia, sehingga otomatis menyerah melawan Rumania.
Indonesia tidak tinggal diam setelah kejadian tersebut dan men-take over India sehingga membuat sebuah front terbesar saat itu di eRepublik, Indonesia melawan Rumania. Perang berlangsung berbulan bulan dan hasilnya seperti kita ketahui, kita mengalahkan mereka mulai dari daratan Cina sampai ke Norwegia. Russia kita berikan kemerdekaan dan kita mendiami wilayah terkaya bernama Siberia Barat.

Saat ini Russia telah merasa mampu untuk mengelola kembali wilayah Siberia Barat dan mereka meminta kita untuk mengembalikannya wilayah tersebut. Pertanyaannya mampukah kita membayar kerugian prosesi pengembalian tersebut melihat besarnya investasi yang telah ditanamkan disana? Siberia Barat memiliki kandungan besi berkualitas tinggi yang sangat kita butuhkan untuk tetap menjadi negara dengan militer yang kuat. Walaupun kandungan yang sama juga kita miliki di region lain, besarnya WSR akan membuat peringkat negara kita akan turun.

Akankah kita melakukan jajak pendapat dengan mengadu kekuatan?

 
Report comments
 
cogito ergo sum
23
cogito ergo sum Day 688, 17:57

pertamaxxx ahh..

 
raiz123
20
raiz123 Day 688, 18:05

eh..ak baru tau tuh..
mungkin gara2 baru join eRepublik..hmm..

trserah deh..kalian lah yg berpengalaman..klo mo perang ak ikutan..

 
fishcopat v2
31
fishcopat v2 Day 688, 18:18

hmm..niat awal kita mengibarkan bendera eMerah Putih di Siberia barat apaan?

kalo emang niatnya bantuin Russia untuk ngamanin asetnya, ya balikin lah kalo emang mereka sudah siap untuk membangunnya.

nah kalo emang niatnya sebagai kenang2an ato imbalan karena kita bantuin mereka dari ancaman TO, itu lain lagi ceritanya

 
don123
23
don123 Day 688, 18:23

lhaa.. siberia kan high wood, high iron en high oil.

sudahlah high iron dan high oil.. kita punya karnakata dan sumatera..

tapi high wood??

bisa naek lagi harga rumah dan harga hospital

 
don123
23
don123 Day 688, 18:24

btw.. KLIMAXXXX!!

crot...

 
Valkayrion
20
Valkayrion Day 688, 18:41

Haha, iya, kalo WSR dibalikin, mungkin gw bakal nutup pabrik House gw

 
cassava
35
cassava Day 688, 18:43

high wood region please ....

sarawak ??? hm .....

 
Vlavin
23
Vlavin Day 688, 19:07

Tergantung visi atau tujuan dari eIndonesia utk erepublik sendiri apa? menguasai semua negara di erep atau apa? atau tujuan awal megang WSR...

Kalo menurut gw sendiri si ga ada masalah dengan ngelepas WSR, toh itu wilayah mereka yg artinya hak mereka, dan mereka jg ally kita...terlepas apapun background / investasi kita sebelumnya utk daerah itu..dan kalo emang mrk "aliansi" kita maka gw rasa mereka bakal terima "term & condition" yg nanti bakal EI offer utk win-win solutionnya

 
HcKidz
32
HcKidz Day 688, 19:08

bagaikan roda pedati yang berputar, eIndonesia saat ini sedang berada d bawah dan mulai merangkak untuk kembali ke posisi teratas..

:quote: "tetap semangat untuk eIndonesia.!!"
:quote: "eDangdut is the music of my eCountry.."

 
lilinugoho
24
lilinugoho Day 688, 19:14

sep, jejak pendapat seperti rapat akbar dahulu kala kayanya udah harus dilaksanakan lagi nih..

/me bakar menyan, biar pada bangkit dari kubur

 
o0n3m00o
34
o0n3m00o Day 688, 19:18

+1 vlavin
alternatif visi misi baru :p *maksa mode: on*
<a href="http://www.erepublik.com/en/article/966148/1/all" target="_blank">http://www.erepublik.com/en/article/9661[..]1/all</a>

 
jimpro
40
jimpro Day 688, 19:19

balikin aja dengan jaminan dapat import kayu murah

 
cowox
32
cowox Day 688, 19:54

gimana klo test aja 1 vs 1 lawan russia.... yg menang dpt WSR.. wkwkwkwk

 
Sniper Corp
Or
Sniper Corp Day 688, 20:08

Bantu ally lain buat merdeka juga dulu dulu keluar golds koq :p
Kenapa untuk WSR pada gak rela?

Tinjau lagi dulu tujuannya WSR untuk apa? Emang mau regionnya atau bantu Russia merdeka

 
AvanT
24
AvanT Day 688, 20:17

kayu tinggal import, wong kita juga fokus produksi senjata dan makanan. Jadi mending russia aja kita suruh fokus di wood. sama Kek eFrance. Kerjasama internasional atuh

 
yohannestc
11
yohannestc Day 688, 22:42

g setuju..,,...

kayak masalah timor leste aja

udah susah2 kita bangun...dimerdekaakn gitu aja

TIdaak setuju...

 
o0n3m00o
34
o0n3m00o Day 688, 00:05

@yohannestc
kk mau join partai "itu" ya yang kayak hizbulloh punya sayap militer heheh di artikel sebelah saya lihat.
Nah, partai yang dirimu sukai itu malah mau bebaskan semua region loh :p

hayoo loooo wkkwkwkw

 
gagah
26
gagah Day 688, 00:18

masalahnya tujuan nyerang itu 2 point di atas itu, ya buat bantu ally sama buat kita juga hehehehe... cmiiw

coba di cari cari lagi yg jadi presiden dan pejabat negara bulan itu seperti rikwandi dll...

besok besok nyerang negara lain gak usah pake bantuan negara lain, gak usah numpang liwat negra lain ambis minjem langsung pulangin dan gak pake urusan diplomatik biar berasa gak ada "utang" huahahahahaha bisa ngak yak? hmm hampir ngak mungkin

becanda sambil serius mode

 
gagah
26
gagah Day 688, 00:22

@vlavin dan emon
eniwey kl di balikin ketujan awal, kek misal nihhh wa.. kan kata isnu tujuan awal buat nyerang aussie but tes modul perang.... trus kalo mo dibalikin banyak yang kurang setuju.. hmm jadi dasar pengambilan keputusan buat balikin gak cuma tujuan awal nyerang dung... hehehehe... kalo buat ngetes tok tesnya selesai ngak masalah dung buat dibalikin...

______________________:ngacir ahhh sebelom dilemparin bata... kalo batanya udah jadi rumah q5 gue tangkep...

 
Ramses The 3rd
25
Ramses The 3rd Day 688, 00:42

wow kk wow

 
Luthfisnet
32
Luthfisnet Day 688, 00:52

sayang sekali ya..

angkat senjata saja lah!!

 
Bajaj
28
Bajaj Day 688, 00:58

sudahlah kita balikin saja dahulu, tapi kapan perangnya nih ... kasian yg baru pada main, ayo adakan rw, shanxi cuma 50g kan ... masa cuma karena 50 g kita lepas para pemain baru ....

 
Staedtler-Rasoplast
22
Staedtler-Rasoplast Day 689, 01:11

kk kapan perangnya nih ...

 
Bright Star Organization
Or
Bright Star Organization Day 689, 01:13

wow, mungkin ini slh satu tanda2 erussia mw jadi eUni Sovyet x..

 
rulerazmi
20
rulerazmi Day 689, 01:17

wow.....

say sih ikut gov aja


tp pendapoat pribadi terlalu sayang buat dikembalikan...

 
razorman
13
razorman Day 689, 01:23

akh.....g tau....

tp pribadi penginna indonesia the conquered country

 
yohannestc
11
yohannestc Day 689, 01:32

@nemoo

hmm....q g tw ideologina kayak gmn....soala saya newbie

saya suka karena mempunyai sayp militer tersendiri

kalo ideologina kayak gitu saya g suka ma PkeI

 
Philip Sagala
28
Philip Sagala Day 689, 02:21

Kalau kita lihat dari tujuan awal sih emang bener, kita "pegang" WSR karena waktu itu punya Rumania dan Rusia nda mungkin sanggup untuk menjaganya. Tapi sekarang Rusia sudah cukup sanggup dan mampu untuk menjaga territori mereka, jadi memang tidak ada salahnya untuk kita kembalikan kepada mereka.

Tapi bagaimana dengan kita? apa yang kita dapatkan? tidak sedikit gold kita investasikan di tanah mereka untuk mendirikan pabrik-pabrik besi dan pabrik lainnya. Perlu diingat dari dulu negara kita adalah suplier besi terbesar di seluruh dunia karena kita menguasai 2 dari 6 tanah yang kaya akan besi. Rakyat ini hidup dari membuat besi, membuat senjata kita ini negara tentara, apa jadinya kita hidup tanpa itu. bahkan kita hampir makan besi setiap hari.

Tolong buat para pemimpin negara pikirkan ini dengan baik, "Karnataka" itu rentan terhadap serangan. US bisa memukul balik kita lewat Jepang kalau mereka mau, tapi WSR itu kuat karena dijaga oleh 2 negara kuat.

 
semarangindah
26
semarangindah Day 689, 02:28

sekarang filipina serang malaysia, kalau kita memang mau amankan high region kayu mungkin sekarang saatnya

 
Philip Sagala
28
Philip Sagala Day 689, 02:40

Wah om semar, WSR itu paket lengkap. Lebih nyaman kalau pegang WSR drpd punya aset region high tersebar dimana2x. Irit dan gampang di defence.

Lagi pula ngapain juga kita turut campur dengan urusan negara2x kecil. Mau ditaruh dimana muka kita.

 
imobil
40
imobil Day 689, 03:35

balikin aja kalo mau...

 
masduQ
24
masduQ Day 689, 04:18

hehe , soalnya di tujuan awal , sebagian ga tau/ga peduli kalo rebut habis2an wsr 'hanya' untuk melindungi aset russia, sebagian besar bertarung habis2an sampe darah terakhir d perang suci WSR kemarin cz pengen tu tanah yg dimimpikan semua umat,WSR tersebut jd punya EI, kan masalahnya jd rela ga rela kn sekarang dr semua ? hoho ..

 
Pikipiki
24
Pikipiki Day 689, 04:41

liat komen komen diatas keliatan serakahnya

 
ican-blue
22
ican-blue Day 689, 06:51

sudahlah EI jadi pengekspor tkw saja ... dan pekerja seks komersil ...

 
magendaris
24
magendaris Day 689, 10:35

penjajah setengah2 nih
hihihihihihi...

klo dilepas yg kurang high wood kan? bener kok kt TS, ada negara tetangga yg high wood, hihihihihi...

 
Phortoz
25
Phortoz Day 689, 11:10

tenang klo nda ada kayu ntar saia kirim kayu di Farmville ajah. xixixixi..

pot bunga!

 
Timmy Osbourne
11
Timmy Osbourne Day 689, 20:46

vote!!
perlu dirinci dulu kerugian n keuntungannya..

 
seiiya_alpiin
20
seiiya_alpiin Day 689, 21:09

setuju ama semarangindah....
yang comment ini " sekarang filipina serang malaysia, kalau kita memang mau amankan high region kayu mungkin sekarang saatnya "

tapi kalo emank ngga mau nyerang ,, yaudah jangan buang WSR...
sudah terlalu banyak perusahaan kita disana...
kalo rusia emank mau ngambil WSR,,beli dulu semua perusahaan EI di WSR setelah semua clear ,, baru deh dibalikin...
kalo ngga mau...
saiia siap angkat senjata...

@gagah
kita ntuh nyerang aussie krena orang ni ngejek kita...

 
Bong
34
Bong Day 689, 21:29

Membaca dan menyimak. Bakalan pelik nih masalah WSR.

 
hanoman
25
hanoman Day 689, 22:30

Vote Yes untuk mempertahankan luas wilayah eIndonesia, kalau perlu diperluas.

Terlalu banyak GOLD terbuang jika akhirnya melepaskan wilayah yang diperjuangkan dengan harta negara yang Ruar Biasa...

Goblok kaya monyet kalau sok baik dengan memberikan wilayah yg telah diperjuangkan.

 
manzz
22
manzz Day 689, 22:46

nggak usah dikasih..
buat dunia jadi negara e indoneisa

 
noirblack
28
noirblack Day 689, 23:39

kasih dah...

 
aranigr
32
aranigr Day 689, 00:36

tuhan tlah diganti uang dan penguasa.
gila rakus serakah lahap karunianya.

cinta jadi sampah kasih makin murah.
saling injak sesama, telah terbiasa!

ludahi muka! isi dunia!
karena ulahnya! karena tingkahnya!

 
pingpingkreng
27
pingpingkreng Day 689, 00:56

yakin mau perang?sudah habis2an ma komunis kemarin?

 
Ninja Org
Or
Ninja Org Day 690, 01:10

WSR lepas aja .. wood di negara maling khan ada

 
AnthoX
24
AnthoX Day 690, 01:20

WSR lepas aja tapi kita minta kompensasi atau perjanjian kontrak mengikat bahwa jadi ally permanen.
Ikhlas aja sesuai dengan semangat ePancasila, eEtika dan eMoralitas.
Woodnya kita ambil dari negara maling...

 
Le Villain
22
Le Villain Day 690, 01:56

hmm,,dirasa rasa aja apa kira" pengaruhnya..
klo rugi yaa ga usah dibalikin,,lagian ga dosa ini nahan wilayah yg udah didapetin.
klo mau dilepas jg gpp..
Bebassssss mau diapain jg,,asal dibayar [Loh??]

 
hendy_le_sorcier
26
hendy_le_sorcier Day 690, 02:53

dibalikin aja dengan win-win solution,
lagian Russia kan ally kita.
coba kita di posisi russia,apa mau region kita "dipinjem"

 
Kenzirok
26
Kenzirok Day 690, 03:36

dibalikin aja dengan win-win solution,
lagian Russia kan ally kita.
coba kita di posisi russia,apa mau region kita "dipinjem"

loh kata rikwandi (komen di atasmu)kita bukan meminjam tapi mang WSR kan wkt itu direbut Romania trs jadi tujuan target kita

 
ziggyoracle
23
ziggyoracle Day 690, 05:03

2 words...NO WAY !

 
Andrana
28
Andrana Day 690, 06:30

+1 juta rikwandi

seperti yang dikatakan rikwandi, gw rasa hrs ada win-win solution. semua perush yg skrg sudah ada di WSR hrs dibayar sesuai harganya, atau klo mereka ga' punya cukup Gold buat melakukan itu, sebagai alternatif pembayaran, mereka hrs kasih perush2 tersebut jaminan pekerja untuk bisa terus beroperasi.

lalu dibuat perjanjian dagang antara eI dgn eRussia untuk RM yang kita ga' punya yang ada di WSR (wood).

dan untuk resiko, seperti yg dikatakan rikwandi, klo kita pusatkan perush sektor iron, wood, dan grain di WSR, maka resiko kerugiannya ketika wilayah itu berhasil direbut musuh akan sangat besar. dan jgn menganggap musuh kita yg sekarang sama dengan musuh kita dulu ketika merebut WSR dari eRomania. sekarang mereka lebih terkoordinasi dan mulai berpikir lebih strategical. kekuatan kita dengan mereka relatif sama. jd, klo WSR diserang, kemungkinan menang 50-50.

so, drpd terpusat, menyebar lebih baik. toh menyebar ga' ada ruginya jg. klo satu region kerebut, msh ada perush di region lain untuk mengcover kerugian lebih cepat.

dan juga harus dipikirkan bahwa eRussia sekarang adalah salah satu sekutu terkuat kita. kekuatannya dgn kita sekarang sebanding. kekuatan mereka akan menjadi bagian penting dalam strategi menghadapi musuh di FORDEN.

klo gw jd eRussia, dan WSR ga' dibalik2in sementara mereka pingin bgt, gw bakal diem pas WSR diserang dan nyusun strategi buat ngerebut dari musuh pas udah kerebut...dgn begitu WSR akan jatuh ketangan eRussia lewat war tanpa konflik yg berarti dgn eI sebagai sekutu. dan klo udah gitu, eRussia ga' perlu bayar lg company disana ke org2 eI, dan WSR bisa mereka keep tanpa perlu negosiasi dgn eI.

jd, apa mau ntar jdnya kyk gitu? lebih baik dilepas skrg selama kita msh punya alesan buat minta ganti rugi aset2 kita di WSR dan selama pelepasan WSR msh bisa dinegosiasikan dgn win-win solution.

 
richzkykodrat
11
richzkykodrat Day 690, 06:58

saya jd bangga.. hehe

 
lihatkesini
23
lihatkesini Day 690, 08:31

WnT mode : ON

...

 
aranigr
32
aranigr Day 690, 09:13

kenapa sih pada minta ganti rugi?

lha selama pengusaha make region ini pernah bayar apa sih ke rusia? ngontrak juga nggak. tinggal pake doang. kenapa pas mereka mau klaim wilayah mereka, jadi mereka yang harus bayar?

 
CaPiTaNo
24
CaPiTaNo Day 690, 09:19

kenapa wilayah di eRep mesti disamain ama RL ?

kalo diliat skrg eI sendiri mo dibawa kemana, tujuannya kemana itu jelas ga sih ?. koq kynya cm bisa ngikut orang aja, jd ky indo di RL aja

 
Andrana
28
Andrana Day 690, 12:13

@aranigr

kenapa ganti rugi?

ok, skrg gini aja lah...coba kita asumsikan WSR dilepas tanpa ada pembayaran yg sesuai terhadap perush2 yg sudah ada disana. tentu akan ada banyak perush2, terutama RM iron, wood, dan grain yang akan bangkrut dan terpaksa dijual.

mostly bangkrutnya bukan karena ga' ada pasar, tp justru lebih karena ga' ada ato minimnya pegawai yg tetep tinggal di WSR setelah dalam naungan eRussia. sementara standard gaji di belahan dunia new world ini manapun, tidak ada yg bisa dikatakan reasonable, semuanya tinggi. satu2nya penjelasan yg masuk akal buat gw mengenai kondisi tersebut adalah bnyknya pengush dibawah Q4 & Q5 yg minim pengetahuan tentang perbedaan gaji antara perush mereka dgn perush2 yg sudah besar...tp, bukan itu poinnya. poin permasalahannya skrg adalah, sebagian besar perush di WSR adalah perush2 dibawah Q5 yg bbergantung pada koneksi untuk mendapatkan pegawai yg mutual.

sementara itu, jika perush2 tsb dijual, tentu saja org2 eRussia akan mencari harga yg sudah diturunkan dari harga perush yg seharusnya. dan tentu saja jika tidak ada ganti rugi, maka pengush2 tsb terpaksa hrs menurunkan nilai perushnya agar ada yg beli. dan dgn kondisi seperti itu, tentu saja org2 eRussia mendapatkan perush yg sudah relatif berjalan dgn lebih murah, yang mana sebuah keuntungan. sedangkan dari pihak pengusaha kita, bisa dibilang mereka posisinya jd dimanfaatkan oleh calon2 pengush eRussia dgn membesarkan perush2 siap pakai buat mereka dgn modal dari pengush kita sendiri.

jd, ganti rugi itu sebenernya adalah kata lain dari usaha berlaku mutualis. itu sekedar usaha supaya ga' ada yang dirugikan, supaya kedua belah pihak posisinya sama. dan lagi, kita bukan musuh perang dengan mereka, jd negosiasi ganti rugi itu suatu yg lumrah untuk menjaga hubungan baik antar negara dan menjaga agar tidak ada pihak yg merasa lebih tinggi kedudukannya dalam serah terima tsb.

gw harap ini cukup menjawab pertanyaan situ.

 
aranigr
32
aranigr Day 690, 17:29

kalo mau mutualis harusnya yah biarin aja mereka dapet perusahaan itu dengan harga murah. kalo mau bikin komparasi yah harus berlaku surut lah. coba aja itung udah berapa banyak keuntungan yang didapet dengan make wilayah itu. intangible! karena wilayah kita gak ada yang hi iron.

soal ganti rugi sebenernya kan cuma akal-akalan pengusaha aja buat dapet untung.. kalo buat ke rakyatnya mah gak ngaruh sama sekali.