Ambient on/off
Join eRepublik

Konsep SubDivisi (ABERI)

29 Day 489, 04:12 Indonesia
Cuman sekadar usul...
ada yang udah pernah main theninjarpg.com belum ??

Di game itu ada satu fitur yang namanya sensei dimana player yang sudah mencapai level tertentu (genin) maka player tsb dapat direkrut oleh player lain yang lebih tinggi levelnya (Jounin/Super Jounin) meski fitur tsb "otomatis" dalam artian meski dia tidak direkrut oleh Senseinya dia akan tetap bisa berlatih jutsu-jutsu seperti biasanya.

Hal seperti ini sebelumnya sering digalakkan oleh Mentri Per-Newbie-an di EI, sudah beberapa kabinet malah, tapi tidak ada feedback lebih lanjut...sampai situ saja. cuma ada beberapa komen seperti
" Ok saya setuju..."
" Daftar gan...si anu dengan si anu mau jadi Anak Asuh saya "

Coba kita lihat sekarang, cuma sampai mana keberhasilan program itu ..tidak ada laporan progressnya, dan kalau menurut saya kenapa ??? karena Program tsb didaulat oleh Menteri Newbie, kalau begitu harusnya bagaimana ??
Kalau menurut saya, secara EI sudah menjadi negara superpower di bidang militer, selain Rumani Swedia, dan salah satu alasan utama kita bermain disini karena WAR bukan.. CMIIW, dan saya tau WAR bukan segala-galanya tapi gak ada WAR pasti kehidupan di EI akan terasa sangat hambar, sepet-sepet gitu dah..alangkah bagusnya kalau Dephan melaksanakan Program serupa, tentunya dengan tujuan yang tidak jauh berbeda.

Langsung saja, begini konsep saya
Untuk DEPHAN dan ABERI beserta Divisi-divisinya
dulu di BATIK pernah ada konsep untuk membuat SubDivisi BATIK, beranggotakan minimal 3 orang, dipimpin oleh seorang yang berpangkat lebih tinggi diantara lainnya.Menurut saya ini ide bagus, tapi sayang tidak jadi dilaksanakan.

Padahal saya/kita bisa melihat beberapa keuntungan dalam konsep ini :
1. Lebih mudah menghubungi 1 Team dibanding menghubungi seluruh anggota 1 Divisi , jarkomnya : Divisi Utama -> Sub Divisi -> Anggota...seperti sistem MLM gitu pokoknya.
Syarat :
a. Tiap2 anggota Sub Divisi memiliki contact number anggota lain dalam 1 SubDivisi
b. Ketua Sub Divisi memiliki nomor KomDiv dan WakomDiv

2. Apakah Program FM dan General kita masih berjalan???
Sub Divisi lebih dapat menjangkau tujuan itu..
Seperti istilah sensei pada game TNR (theninjarpg) Ketua SubDivisi diharapkan dapat membantu anggota pada SubDivisinya tsb naik ke pangkat yang lebih tinggi dalam artian membantu stok weapon, gift , WB dll.

Sempat terbersit memasukkan 1 orang anggota KOMA kedalam satu atau beberapa SubDivisi dalam hal kesiapan wellness, tapi hal ini pasti akan lebih rumit karena anggota KOMA sendiri pasti akan berperang dan akan menambah berat tugas anggota KOMA ybs karena dia harus bertanggungjawab pada beberapa orang, tidak freelance seperti sistem KOMA sekarang yang lebih fleksibel thx KOMA

Dan bukan tidak mungkin jika salah seorang anggota SubDivisi dapat mengajukan untuk membuat SubDivisi baru, dengan prosedur:
a. Mengajukan 3 orang nama sebagai anggota SubDivisi tsb (aktif) (sapi not recomended)
b. Mengajukan 1 orang nama sebagai pengganti pada SubDivisi sebelumnya (aktif) (sapi not recomended)

jika :
a. Dirasa salah satu anggota team susah/tidak bisa dihubungi dapat dimasukkan ke Divisi ATM seperti prosedur biasanya ( di-BKO-kan IRL)
b. Tidak ada lagi kecocokan antar anggota SubDivisi
c. Satu atau seluruh team terkena *permanently banned wakakakkaka

3. Konsep ini sama saja dengan menyatukan BAJA, CAPUNG, DALANG, dan ELIT dalam satu Unit sebab selama ini tiap-tiap Divisi terkesan selalu menjaga ke-EKsklusifanya, karena Dalam 1 SubDivisi diharapkan terdiri dari 1 orang ber-STR Elite, 1 Orang ber-STR Dalang , 1 Orang ber-STR CAPUNG dan 1 Orang ber-STR Baja.


4. Konsep klasik
Konsep ini mungkin mencatut dari konsep SD di BATIK, tapi coba kita lihat..bukankah kekalahan di WSR dapat menjadi pelajaran kita akan semakin kurangnya koordinasi dalam tubuh ABERI sendiri.CMIIW

Intinya : JarkOm Yang Efektif dan Simpel sehingga memudahkan Koordinasi Antar Anggota


MAJU TERUS INDONESIAKU !!!!!
*both


======================================== ==============================
keren gak tuh gw yang biasa ng'JUNK aja ampe bikin article wakakakkakaka

*ngakak guling2 AUTIS mode ON:

======================================== ==============================

Tambahan

5. SubDivisi bisa dipakai buat giliran ronda


lebih enak kita nyruh teman lewat sms/telepon dari pada kirim message yang entah ditanggapi atau tidak.

Kalau ada 30 SubDivisi, tanggal 1 SubDivisi A misalnya bisa ronda di irc, dan dia bisa mendapat giliran rondanya tanggal 1 bulan berikutnya...ingat Romania menyerang disaat kita terlelap bro'





 
Report comments
 
Phortoz
25
Phortoz Day 489, 04:13

pertamaxxx

 
ottidotraidub
14
ottidotraidub Day 489, 04:13

pertamaxxxx...

 
ottidotraidub
14
ottidotraidub Day 489, 04:13

aih ktigaxxx

 
YudhanizZzation
23
YudhanizZzation Day 489, 04:15

haiya....bebek !!!

 
ottidotraidub
14
ottidotraidub Day 489, 04:17

gw nubi...tapi ga tw harus berbuat apa!lah wong saya aja binun harus bgemana...kpada sesepuh2...ajarin gw ya maenin ginian...huhuhu

oia..voted plus bukmak dulu..masih bingung ma kata2nya...hahahaha

 
YudhanizZzation
23
YudhanizZzation Day 489, 04:18

@ otto : We need You, Indonesia need you...kami butuh pemain ori lebih buanyakkk, sanes kebo

trims buat komennya

 
silentrazgriz
36
silentrazgriz Day 489, 04:18

ikut aja dech.. yg penting punya temen banyakkk

 
Daizengar
31
Daizengar Day 489, 04:45

HIdup Indonesiaaa

 
anonreturns
25
anonreturns Day 489, 04:54

Saya jg masih nubi kk. Ajarin ya. :p

 
kibz
23
kibz Day 489, 05:01

ih waw, bebek pinterr uy

 
Redalert
20
Redalert Day 489, 05:08

koq bebek ??? heheeue kibz salah liat

 
anonreturns
25
anonreturns Day 489, 05:10

Ih waw

 
kibz
23
kibz Day 489, 05:13

wakakakak, iya nih. dudul.
*tersipu*

 
masduQ
24
masduQ Day 489, 05:14

kalo konsep sub-divisinya tu ko mirip batalyon yang ada sekarang ya bro? sebenernya batalyon(dengan 10 anggota dan 1 kombal) yang ada sekarang itu dah ideal bgt buat koordinasi, ga gemuk atau ramping2 amat. trus jalur koordinasi dr atas kebawah, mulai dari dephan sampai tingkat batalyon juga ga panjang2 amat. yang gw lihat si bentuk sekarang si dah ideal bgt , tp kadang2 kurang dioptimalkan gt. ya sekadar pendapat

 
allow
25
allow Day 489, 05:22

Divisi ATM is the best . . . .

 
ninja kun
7
ninja kun Day 489, 05:26

wahh usul bagus itu
saya juga nubie mau dibimbing

vote deh buat bro yg nulis

 
0asishead
23
0asishead Day 489, 07:35

alhamdulillah usaha sendiri juga bisa jadi colonel /gg

 
HcKidz
34
HcKidz Day 489, 10:09

Konsep dengan menyatukan BAJA, CAPUNG, DALANG, dan ELIT dalam satu Unit...

()V.O.T.E ™

 
KuBu
26
KuBu Day 489, 10:44

wah mantabs konsepnya
V&S

 
Trixi
22
Trixi Day 489, 11:25

munkin pake nama lain juga bagus.. "Program Anak Asuh"

 
Bukan Einstein
24
Bukan Einstein Day 489, 19:14

Kurang setuju dengan konsep menyatukan BAJA, CAPUNG, DALANG, dan ELIT dalam satu unit.

orang2 yang perkasa harus dikumpulkan dalam 1 pasukan, orang2 yang tangkas harus dikumpulkan dalam 1 pasukan, orang2 yang biasa dikumpulkan dalam 1 pasukan --> menurut Sun Tzu.

Menurut saya, divisi2 di atas diperjelas fungsi dan tugasnya serta persyaratan minimal rekrutmennya, dan dilakukan sistem rotasi antar divisi dengan memperhatikan batasan persyaratan minimal rekrutmen untuk masuk ke divisi tertentu.

Untuk jalur koordinasi dibagi 2, jalur koordinasi komando/perintah dan jalur koordinasi logistik. jalur komando dimulai dari atas ke bawah, jalur logistik dimulai dari permintaan di bawah diteruskan hingga ke atas. seperti tentara di RL. Pasukan tingkat terendah minta pasokan amunisi dan logistik ke komandan di atasnya dan diteruskan lagi ke tingkat yang tertinggi. sedangkan jalur komando diberikan dari tingkat tertinggi dan diteruskan ke tingkat kebawah.

 
cowox
34
cowox Day 490, 01:51

Kapan sayah jadi FM atuuh...?

 
YudhanizZzation
23
YudhanizZzation Day 490, 05:36

@ Bukan Einstein : saya tidak mengatakan kalau konsep ABERI sebelumnya jelek, sebenarnya bagus..ABERI mengklasifikasikan Divisi menurut STR dan Pangkat. Tapi saya ingin ingin saya tekankan dalam konsep SubDivisi ini adalah KE.EFEKTIF.AN KOMUNIKASI, kenapa???


seperti yang n3m0 tulis di grup FB mengenai usul saya
"ini bisa bikin anggota aktif mengenal anggota masing2x, ada keinginan untuk cari anggota baru atau ikut bantu bikin grup baru"

itu dia maksudnya, coba kalau ada anggota ELIT yang tiba2 musuhan sama anggota ELITE yang lain, jadinya dia gak pernah online IRC, gak pernah nyapa2 lagi, tapi kalau dia masuk SubDivisi dia hanya perlu kontek2 dengan sesama anggota 1 SubDivisi, Jarkom dia tetap dapat dari Kom.SubDiv, dan kalau dia gak betah di SubDivisi itu dia bisa leave dan SubDivisi atau Bikin SubDivisi lain dengan catatan dia harus mengajukan nama player aktif untuk menggantikan dia.

menurut saya prajurit yang aktif adalah prajurit yang bisa berkomunikasi, dan bukan prajurit yang hanya mengejar STR & pangkat semata...gak pernah ngomong tiba2 dah FM General atau FM ^___^ whatta

 
sandygee
28
sandygee Day 490, 05:37

1. ttg sub divisi, skrg dibuat dalam bentuk batalyon (10 orang), tujuan utk bikin grup kecil yg sama bidang skill utk memudahkan penugasan wamil (dah jalan) dan lebih akrab = lebih kompak = rantai komando lebih jalan (ini blom jalan). nah ini butuh kombal yg aktif bisa koord bagus.
2. program jend & FM terpending, krn repot update data (selain fulus jg lg mepet). nah kalo ada yg bisa bikin application utk liat/sort tiap citizen berdasarkan total force...pliss.... soalnya asli update manual mah sengsara.

nah kalo ttg asuh2, setuju, mo pake konsep terkait aberi atau yg dibikin oleh wander_howard n silentrazgriz di #kelasnubi, gw sih dukung aja, yg penting berjalan.

so far ada 3 masukan bagus ttg aberi yaitu dari : kang cahyo, el comandante dan yudhanizzzation. blom tau kapan menhan rencanakan rapat, tp gw pribadi sih usul kalo bisa jadi bahan gath besok juga. skrg dirapatin via irc, dijalanin, ntar gath direview lagi.

 
YudhanizZzation
23
YudhanizZzation Day 490, 05:58

Bwt mamih yang baek banget udah balas sms saya hohohoho

mau komen lagi soal komen mamih

1. Kalau ada kesalahan tolong dikoreksi
Selama ini saya di batalyon 2 tidak tau yang namanya lebih akrab& lebih kompak, CMIIW. Dan soal jarkom...lebih enak kita menghubungi satu atau dua orang daripada harus menghubungi 9 orang dalam 1 batalyon Y___Y kan enak kalau udah dekat, jam 3 pagi bisa bangunin..."Bangun woy...kita diserang" trus dijawab " Sorry brur...inet gw gak konek" hahahah *jawaban gw banget kalau gak bisa rapat kongres believe me its true

2. Justru itu mih,jadi kita tidak sepenuhnya menggantungkan kepada negara untuk menaikkan ranking militer.

Intermezzo :
Kom.SubDiV A : "Eh anggota lu pangkatnya apa aja ?"
Kom.SubDiv B : "baru kapten 1, 2 letnan, elu?? "
Kom.SubDiV A : "hohohoh...anggot gw Jenderal semua, sedang gw Colonel"
Kom.SubDiv B : 0____________0"

Nah, tiggal KomSubDiv-nya saja yang melaporkan progress anggota2nya kepada KomDiv ybs ...lebih mengurangi birokrasi sepertinya hahahhaha

 
barbar
40
barbar Day 490, 06:09

mangstab
voted

 
Bukan Einstein
24
Bukan Einstein Day 490, 19:38

@bro yudha

Menurut saya, divisi sekarang sudah bagus, hanya saja, jika seseorang anggota anggota elit terlampau lama di satuan elit, maka akan timbul rasa "eksklusif" (gimana nulisnya ya...)

Untuk mencegah itu, saya rasa perlu dilakukan rotasi tiap anggota divisi, juga sistem promosi dari divisi dibawahnya ke divisi kelas I. Seperti tentara di RL, misalnya, tidak selamanya anggota Kopaska tetap di Kopaska, untuk pasukan tempur dibatasi usia maksimal adalah 35 tahun, kemudian dirotasi ke KRI2 atau pos2 armada TNI AL yang ada di seluruh Nusantara. Untuk jabatan komandan-nya diambil dari mantan2 pasukan tempur Kopaska yang sudah lewat dari 35 tahun.

Nah, saya rasa, untuk mencegah yang bro bilang, ada baiknya digunakan sistem rotasi. Jika ada anggota yang menolak untuk dirotasi, patut dipertanyakan ke ABeRI-annya. Tentara dilatih untuk menuruti perintah bukan mempertanyakannya.

 
YudhanizZzation
23
YudhanizZzation Day 490, 23:16

@ Bukan Einstein : sebenarnya saya tidak terlalu mempermasalahkan soal ke-ekslusifan tsb, yang ingin saya tekankan kalau begini, jika sebagian besar orang sudah berstandar ELITE. maka Divisi ELite tsb akan semakin gemuk, dan konsep Batalyon pun dirasa masih terlalu gemuk = 10 orang,10 orang tsb yang saya pikir menyulitkan untuk melakukan koordinasi antar anggota

 
YudhanizZzation
23
YudhanizZzation Day 491, 06:52

yah..gk ada yg komen lagi Y__Y