Ambient on/off

Sign up

 

Continue

Continue By creating an account you agree to the Terms of Service & Privacy Policy

Ingat Pesanku Satu

Day 1,836, 15:50 Published in Indonesia Indonesia by threesecond

Ingat Pesanku Satu

(teruntuk para pemain erepublik dari Indonesia)
originally created by Andrias Harefa, dedicated to Sri Mulyani Indriyati, Agus Martowardoyo dan Mahfud MD dalam sebuah forum.



Jika kau saksikan ketimpangan sosial menganga
saat sedan mewah seharga lebih 500 juta berseliweran
dan anak anak jalanan mengemis dipersimpangan jalan
tanda kesetiakawanan sosial telah sekarat berat
Maka ingat pesanku satu : JANGAN BERHENTI MENCINTAI INDONESIA

Jika kau saksikan konglomerat berkolusi dengan pejabat
mengkapling-kapling tanah airmu demi keuntungan keluarga mereka
tanpa peduli hak hak rakyat yang katanya dijamin undang undang
Maka ingat pesanku satu : JANGAN BERHENTI MENCINTAI INDONESIA

Jika kau saksikan sarjana menganggur antri mencari kerja
dan kemiskinan dipermainkan sebagai angka-angka muslihat semata
nyatanya negeri kita tak banyak berubah dari tahun 1945
Maka ingat pesanku satu : JANGAN BERHENTI MENCINTAI INDONESIA

Jika kau saksikan elit politik membangun dinasti
saudara jadi menteri, suami jadi gubernur, istri jadi bupati
ipar anggota dewan, anak ingusan jadi sekjen partai atau ketua partai
sehingga rakyat bingung bedanya feodalisme dan demokrasi
Maka ingat pesanku satu : JANGAN BERHENTI MENCINTAI INDONESIA

Jika kau saksikan politisi rajin membohongi publik
dan dengan mudah menjilat ludahnya sendiri di televisi
seperti anjing yang tak punya harga diri
Maka ingat pesanku satu : JANGAN BERHENTI MENCINTAI INDONESIA

Jika kau saksikan korupsi masih beranak pinak
koruptor dikagumi kelihaiannya dan dikerumuni begundalnya
diujung sumatra, Jawa-bali-Nusa tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku hingga papua sama saja
dan upaya-upaya pemberantasannya seolah olah sia sia belaka
Maka ingat pesanku satu : JANGAN BERHENTI MENCINTAI INDONESIA

Jika kau saksikan hukum tak tegak bagi yang kaya dan berkuasa
namun kejam kepada yang miskin dan jelata
persis seperti sarang laba laba dirumah kita yang hanya menanngkap nyamuk dan lalat kecil yang tersangkut jaring
namun rusak jika dilewati anjing
Maka ingat pesanku satu : JANGAN BERHENTI MENCINTAI INDONESIA

Jika kau saksikan radikalisme atas nama agama meraja lela
rumah rumah ibadah disegel dan ditutup sesukanya
sementara rumah bordil dan panti pijat beroperasi leluasa
aparat negara clingak clinguk tak menjalankan fungsinya
dan petinggi negara sekedar prihatin di dalam batin
Maka ingat pesanku satu : JANGAN BERHENTI MENCINTAI INDONESIA

Jika kau adalah saksi dari semua yang memerihkan hati di negeri ini
negeri yang dibangun tetesan darah nenek moyangmu sendiri
dan kau mulai gamang memikirkan apa makna kemerdekaan bagi rakyat jelata
sampai sampai hilang gairahmu menaikkan merah putih pada 17 Agustus
Maka ingat pesanku satu : JANGAN BERHENTI MENCINTAI INDONESIA



Saya harap puisi ini menjadi renungan bagi kita semua
karena menurut saya ini relevan dengan kondisi kita di game ini
Maka ingat pesanku satu : JANGAN BERHENTI MENCINTAI eINDONESIA

 

Comments

threesecond
threesecond Day 1,836, 15:51

Maka ingat pesanku satu : JANGAN BERHENTI MENCINTAI eINDONESIA

si petung
si petung Day 1,836, 16:09

smi for 2014!

#eh

JoJack
JoJack Day 1,836, 16:12

o7

o0n3m00o
o0n3m00o Day 1,836, 16:13

yah begitulah...

Santalokans
Santalokans Day 1,836, 16:35

makasih om udh ngingetin lagi ane.. mungkin kualitas informasi media menurun, mungkin caci maki masih terus berlanjut, mungkin ekonomi berjalan menuju titik nadir, mungkin gairah bermain sudah terkikis, mungkin game ini makin arrrrrgghh sucks... but we've got something else here .. brotherhood and community which worth to fight for and for sure i am indonesian and always be.. o7

Celestial Angel
Celestial Angel Day 1,836, 16:41

LOve you Always

Jovidesky
Jovidesky Day 1,836, 17:08

Aku cinta,, kamu cinta,, semua cinta eIndonesia xD

neo_Ryan
neo_Ryan Day 1,836, 17:13

bencilah eIndonesia, maka kalian akan tau bagaimana cara kalian mencintai eIndonesia...

Shinemavi
Shinemavi Day 1,836, 17:23

dikala sarjana susah nyari kerja di suruh mencintai indonesia?
mending nyari kerja diluar om....wkkwkwk

orange day
orange day Day 1,836, 17:27

smi for 2014!

#eh x2

vosakz
vosakz Day 1,836, 17:44

smi for 2014?

def0
def0 Day 1,836, 17:47

kurangnya ikatan batin karena interaksi hanya dengan layar monitor membuat kita tak lebih dari individu2 egosentris;
ketidak jelasan kritik, saran, keluhan karena semua dianggap becandaan hanya memperjelas betapa jauhnya kita satu sama lain;
sudah tibakah waktunya untuk sebuah gathering dilaksanakan untuk dapat memperbaiki keretakan yang terjadi?

just my gopek

BetaX2
BetaX2 Day 1,836, 17:58

smi for 2014!

#gakpakeeh

x3

dewanakal lagi
dewanakal lagi Day 1,836, 18:12

Levels are just numbers,
In this eworld, strength is just an illusion,
There are more important things.
Let's meet in RL,
So we can be friends.
~Kirito, SAO~

S T R A N G E R S
S T R A N G E R S Day 1,836, 18:48

cinta itu semu, diucapkan tidak dipraktekan..
di sembah tapi di duakan..

mudah diucapkan, lebih mudah dilupakan..

bicara soal negara, semua pasti mengambil posisi paling depan..
tak beda dengan pahlawan kesiangan..

mengambil posisi strategis, sambil berucap menilai kebenaran..

Cinta itu ?? Omong kosong !!

kikiangkola
kikiangkola Day 1,836, 19:07

mantap sekali.... semoga semua tetap ingat itu walaupun harus jadi pahlawan kesiangan.......
1 pesan moral yang benar2 harus dinyatakan dalam aksi dalam diri masing2

Maximus Sammitto
Maximus Sammitto Day 1,836, 20:49

Jika engkau melihat gadis-gadis bule berkeliaran di erep
tatkala semua gadis erep di eIndonesia udah "full-booked"
sehingga kau mulai tergoda untuk melancarkan elamaran ke negeri seberang
Maka ingat pesanku satu : JANGAN BERHENTI MENCINTAI GADIS-GADIS eINDONESIA

Tung Desem Beringin
Tung Desem Beringin Day 1,836, 21:08

eIndonesia itu siapa ?

Eraclev
Eraclev Day 1,836, 21:12

Beneran, kalau baca tulisan ini setelah nonton video malaysia yang ngejek Indonesia (walau cuma ultras malayanya) pasti rasanya berkobar-kobar banget.. Bener om, kita sekarang di RL emang lagi ngalamin ini juga jadi suka produk luar, tergoda dan menghormati orang luar, menganggap orang luar lebih baik dari kita dan lain sebagainya..

Padahal mereka harusnya percaya sama bangsa sendiri, T_T
Perpecahan dalam negeri, perang antar agama, ras, suku, terjadi di Indonesia..

Eraclev
Eraclev Day 1,836, 21:13

Maka ingat pesanku satu : JANGAN BERHENTI MENCINTAI eINDONESIA

irvan permana
irvan permana Day 1,836, 22:32

cintaku hanya buat satu tempat aja di eworld

decwish

woodward354
woodward354 Day 1,836, 22:48

I LOVE eINDONESIA

akmalaputra
akmalaputra Day 1,836, 23:12

AKU BANGGA eINDONESIA TANAH AIRKU !

semoga pesan ini bisa menjadi renungan untuk kita semua, dan yg lebih utama kita bisa mempraktekan dari apa yg terkandung dalam pesan ini o7

Kucing Imut
Kucing Imut Day 1,836, 23:15

akyu.eCinta.kamyu...

ngacay
ngacay Day 1,837, 00:07

INDONESIA selalu menjadi rumahku
\m/

SilverF0X
SilverF0X Day 1,837, 00:53

Sekalipun berperang habis-habisan. Food habis, Weapon habis, bahkan uangpun habis.
Maka ingat pesanku satu : JANGAN BERHENTI MENGISI FORM BAKI SETIAP HARI!

http://tinyurl.com/form-BAKI

a h a s r a p
a h a s r a p Day 1,837, 01:04

emang beda tulisan om - om!!! :p

wakakakakakakaka

wandrip
wandrip Day 1,837, 02:07

simsimi 2014 \o/ \o/


#ehhh

FireStream
FireStream Day 1,837, 03:06

katanya 1 om, kok panjang bener isi nya ?
/me kaburr

Suitou A. Tenshi
Suitou A. Tenshi Day 1,837, 05:43

berantaem lagi yook :*

RaviMirza
RaviMirza Day 1,837, 06:40

i love Indonesia : )

m0stwant3d
m0stwant3d Day 1,837, 10:14

bagus puisinya..

aliy1
aliy1 Day 1,837, 10:26

Kentut itu bau
Kencing itu pesing
Tanpa mereka kita matek
Maka ingat pesanku satu : JANGAN BERHENTI MENCINTAI INDONESIA

Roses are red
Violets are blue
Kalau loe mencret
Pastilah bau
Maka ingat pesanku satu : JANGAN BERHENTI MENCINTAI INDONESIA

Bantuin maling di kampong
dengan alasan kemanusiaan
Jadi direktur di kota
jadi kaki tangan raja maling
Maka ingat pesanku satu : JANGAN BERHENTI MENCINTAI INDONESIA

how easy is that ha?

T R I V O
T R I V O Day 1,837, 11:30

I`m Indonesian
I`m not afraid

Sang Jahus Jarzani
Sang Jahus Jarzani Day 1,837, 13:57

dikala sarjana susah nyari kerja di suruh mencintai indonesia?
mending nyari kerja diluar om....wkkwkwk

x2

Buthek Kuchel
Buthek Kuchel Day 1,837, 15:48

voted

the4th
the4th Day 1,837, 15:48

semua makan sonice

Phantom Pain
Phantom Pain Day 1,837, 15:55

1. berbakti pada orang tua
2. berguna nusa bangsa
3. meninggal dalam keadaan soleh


tujuan hidupku

Jun
Jun Day 1,837, 16:05

ijin copas om

Raihan Tatuhey
Raihan Tatuhey Day 1,837, 16:31

dikala sarjana susah nyari kerja di suruh
mencintai indonesia?
mending nyari kerja diluar
om....wkkwkwk x2 :x

Altalis
Altalis Day 1,837, 17:51

nyari kerja susah? Waktu sekolah sama kuliah ngapain aja ya? Coba bertanyalah pada dirimu. Sudahkan kamu bekerja keras waktu sekolah dan kuliah demi nilai maksimal? Jujurkah waktu kamu bikin skripsi atau ujian? Ingat jangan cuma nuntut. Keraslah pada dirimu sendiri maka dunia akan melunak di bawah kakimu. Jika kamu lunak pada dirimu sendiri maka dunia akan keras terhadapmu

diad
diad Day 1,837, 18:00

JANGAN BERHENTI MENCINTAI INDONESIA

LieChenZhou
LieChenZhou Day 1,837, 18:08

gaji g naik naik, tapi temenmu naik terus? intropeksi.
kalo kerjamu kurang, giatlah, kalo sudah maksimal, pindah kerja pasti ada yang terima.

BTW : Artikel gini yang vote cuma 86? yang laen dah ga perduli Indonesia? ato sisanya mata mata Malingsia

C U P I
C U P I Day 1,837, 18:41

Bujang Lapeh
Bujang Lapeh Day 1,837, 19:09

Tiga bulan lamanya kau dalam penjara
Teman
Seratus butir telur ayam di pasar
Hilang engkau ganyang

Palu keras bapak hakim berbunyi tegas
Terbayang
Bibir sumbing gigi rompal dapat kupastikan
Malah engkau tawan

Tiga bulan lamanya kah tuan ditahan
Nikmat benar
Seratus juta uang negara terbang melayang
Masuk kantong tuan

Palu kayu bapak hakim berbunyi pelan
Terdengar sumbang
Dalam rumah dalam penjara tiada beda
Coba bayangkan teman

Bujang Lapeh
Bujang Lapeh Day 1,837, 19:10

JANGAN BERHENTI MENCINTAI INDONESIA

Bindz
Bindz Day 1,837, 20:04

and for sure i am indonesian and always be.. o7
x2

ekaazhar
ekaazhar Day 1,837, 22:37

Indonesia Hancur, karena birokrasinya HANCUR

Clara Jean
Clara Jean Day 1,838, 01:00

bursa capres dan cawapres 2014 semua...

 
Post your comment

What is this?

You are reading an article written by a citizen of eRepublik, an immersive multiplayer strategy game based on real life countries. Create your own character and help your country achieve its glory while establishing yourself as a war hero, renowned publisher or finance guru.