Ambient on/off

Sign up

 

Continue

Continue By creating an account you agree to the Terms of Service & Privacy Policy
Resend email   |  Can't find the email? confirmation@erepublik.com

Resend the confirmation email to this address

Resend email Can't find the email? confirmation@erepublik.com

[Opini] Menyingkapi Menteri Ekonomi eIndonesia yang itu-itu aja

Day 1,815, 00:05 by Arcelven


Ekonomi adalah salah satu elemen penting dalam bernegara, khususnya bernegara di Erepublik. Begitu pentingnya sampai menjadi suatu fitur dan menjadi nyawa dari permainan ini. Fitur ekonomi dalam permainan ini menarik perhatian khusus.

Modul Ekonomi di Erepublik sudah beberapa kali berubah. Modul ekonomi yang sekarang bukanlah modul seperti dahulu lagi, yang mempunyai fitur perbedaan mata uang, pasar emas/gold yang sebelumnya per negara menjadi mendunia, tidak diproduksi lagi tiket, bangunan pertahanan, rumah sakit, dan lain-lain serta ditambahnya beberapa benda-benda baru yang bisa dijual-belikan di pasar.

Ekonomi jika dihubungkan dengan negara, orang akan sering berpikir tentang pajak, kesejateraan rakyat dan lain-lain. Negara, sangatlah berperan dan bergantung pada ekonomi hingga dibutuhkan menteri untuk mengkomando dan mengurusi ekonomi di suatu negara tersebut.

Menteri Ekonomi atau akrab disebut MenKo atau juga MoF memegang suatu tanggung jawab penting untuk urusan ekonomi negara. Menteri Ekonomi memiliki kuasa untuk menjalankan sistem atau ramuan ekonomi yang ia akan bawa tentunya mengikuti sistem modul yang mimin ciptakan. Menteri Ekonomi bersama kongres membuat suatu kebijakan ekonomi tertentu misalnya. Oleh karena itu, jabatan Menteri Ekonomi dalam modul sekarang menjadi sangat vital, namun tetap saja tidak se-vital dengan modul ekonomi dahulu.

Kita bisa ambil contoh Bong. Ia pernah menjabat sebagai menteri ekonomi di periode entah kapan. Pengaruhnya pada rakyat terhadap ekonomi sangat besar. Sehingga Bong seringkali mendapat tawaran menduduki posisi Menteri Ekonomi. Selain Bong ada beberapa orang dari Partai Komunis eIndonesia yang menunjukkan bakat dan ketertarikannya di bagian ekonomi ini.



Namun kita tak bisa selalu bergantung pada mereka. Bosan sudah melihat hanya itu-itu saja yang jadi menteri ekonomi. Mereka sudah kenyang makan asam-garam perekonomian, sebentar lagi perut mereka jenuh dan pecah sehingga kita tidak punya lagi kader-kader untuk mengisi tempat duduk panas menteri ekonomi.

Bila kita meraba secara lebih luas, menyentuh posisi menteri yang lain seperti Menteri Pertahanan ataupun Menteri Luar Negeri. Kita bisa lihat program kerja mereka yang begitu apik dan tersusun. Saking diagung-agungkannya posisi mereka sehingga mereka membentuk yang namanya semacam akademi untuk menjadi penerus masa depan kementerian tersebut.

Menteri Pertahanan dengan SMiP-nya, Menteri Luar Negeri dengan Akademi MoFA-nya, lalu bagaimana dengan Menteri Ekonomi? Padahal posisi Menteri Ekonomi itu sama pentingnya dengan Menteri Pertahanan dan Menteri Luar Negeri.

Kita memang cukup puas dengan beberapa Menteri Ekonomi sebelumnya, Bong, XeparatTerhormat, dan lain-lain. Apakah kalian tidak tahu mereka tidak akan selamanya bisa bermain permainan ini?

Belakangan kita mendapat kabar bahwa Menteri Ekonomi dari kabinet Demon War, XeparatTerhormat mengundurkan diri. Lalu? Siapa yang akan mengisi posnya selain orang-orang lama yang sudah tua bangkotan dan sebentar lagi dijemput mimin? Mana orang-orang baru, mana kader-kadernya, mana mereka?

Kalau MoD dan MoFA punya akademi untuk generasi penerus, mengapa MoF tidak?

Regards,

Arcelven
 

Comments

Arcelven
Arcelven Day 1,815, 00:06

PERTAMAX CYN

adit 99
adit 99 Day 1,815, 00:13

Bong = Menteri Ekonomi selamanya :v

RyGnwn
RyGnwn Day 1,815, 00:15

menyingkapi?
rok siapa disingkap?

ilmimi
ilmimi Day 1,815, 00:27

yauda besok kasi DW posisi jadi menteri ekonomi dah.. pasti ntar dibikinin sekolah khususnya kok : )

aliy1
aliy1 Day 1,815, 00:44

si Faustin itu bagus juga coba dijadiin mof, kali

MRizky
MRizky Day 1,815, 00:52

tdnya mau lu arcelpen tp lu udh cong :p

Sliver Lithium
Sliver Lithium Day 1,815, 01:03

arselpen fens klap..

Eraclev
Eraclev Day 1,815, 01:18

nah tuh dia MRizky si arcelven-fansclubnya congress sih..

Arcelven
Arcelven Day 1,815, 01:31

Alhamdulillah, untung ane jadi cong.

t u 7 u h
t u 7 u h Day 1,815, 02:51

claussen \o/

riansya
riansya Day 1,815, 02:57

yauda besok kasi DW posisi jadi menteri ekonomi dah.. pasti ntar dibikinin sekolah khususnya kok : ) 2x
=========
wkwkwkwkwk

neldosaputra
neldosaputra Day 1,815, 17:20

baru kali ini gue baca koran yang kata2nya baku,

 
Post your comment

What is this?

You are reading an article written by a citizen of eRepublik, an immersive multiplayer strategy game based on real life countries. Create your own character and help your country achieve its glory while establishing yourself as a war hero, renowned publisher or finance guru.