Ambient on/off

Sign up

 

Continue

Continue By creating an account you agree to the Terms of Service & Privacy Policy

[KAMBINK-MENDIKNAS] TUTORIAL PEMBENTUKAN ROLEPLAY

Day 1,860, 22:31 by K A M B I N K




Menghilangnya saya belakangan ini disebabkan beberapa hal, namun alasan utama yang membuat saya menghilang yaitu pembungkaman langsung dari presiden Si Bujel. Gerakan "nyepi" ini didasari oleh dibukanya kampanye perang antara Indonesia melawan Croatia. Kondisi dalam negeri berangsur-berangsur menjadi kondusif selama masa pembungkaman ini, dan seluruh rakyat menjadi terfokus pada perang saja.

Namun ada harga yang harus dibayar dari tindakan diatas, yang paling terlihat adalah sepinya media. Pembungkaman dari presiden ke segala departemen ini juga menyebabkan Menko kehilangan wajahnya, dan juga Mendagri kehilangan kualitas menulisnya. Semoga kondisi ini tidak berlarut-larut dan menyebabkan penurunan intensitas bermain erep di segala pihak.



TUTORIAL PEMBENTUKAN ROLEPLAY

Ada beberapa kejadian menarik belakangan ini yang ingin saya jadikan untuk bahan pembelajaran kita semua. Berawal dari Kotak-Amal yang galau menentukan arah hidupnya, sampai munculnya KOM-BIT (Komunis-Karbit) yang kadang ada kadang ga ada, kadang komunis kadang ngga. Berikut beberapa tips agar anda tidak melakukan kesalahan yang sama.

1. TENTUKAN SIKAP DAN GAYA ANDA SEBAIK-BAIKNYA
Pembentukan roleplay dimulai dari cara anda bersikap terhadap sebuah masalah, yang tidak kalah penting adalah gaya anda menyampaikan sikap anda. Pikirkan dulu baik-baik dan tidak ada salahnya pada awalnya mencoba-coba roleplay yang berbeda-beda. Bila sudah menemukan yang cocok di hati, berpegang teguhlah pada roleplay tersebut.

CONTOH ROLEPLAY - BUJEL THE PUBLIC ENEMY, namun tiba-tiba berubah menjadi THE MELANCHOLIC.



Mempertahankan roleplay lebih sulit daripada mencari roleplay anda, jadi pilihlah dengan sebaik-baiknya.


2. PILIH KOTAK ANDA DENGAN TEPAT
Bagian ini sedikit sulit, karena disaat sekarang ini sulit menemukan komunitas (partai / MU) yang saling mendukung sesamanya. Carilah kotak dengan orang-orang yang TIDAK SUKA PENCITRAAN, karena biasanya orang-orang yang mencintai pencitraan tidak akan ragu untuk menjatuhkan atau menjelek-jelekkan temannya sendiri demi pencitraan untuk pribadinya.


Ini hanyalah contoh sekotak yang tidak kompak dan saling menjatuhkan

Bila akhirnya anda menemukan kotak yang tepat, salah maupun benar anda akan selalu dibela oleh mereka, dan itu yang membuat roleplay anda dan komunitas anda kuat.


3. KARAKTER ANDA ADALAH SEBAGIAN DARI ROLEPLAY ANDA
Bentuk fisik atau dalam hal ini yaitu karakter anda di erepublik ini adalah sebagian dari roleplay anda. Hargai karakter anda, gunakan sebaik-baiknya untuk pembentukan roleplay anda. Tidak masalah itu adalah karakter asli, reborn, maupun hibah, selama karakter anda masih bisa menunjukkan siapa anda sebenarnya.


Contoh diatas adalah bagaimana tidak dihargainya karakter utama, mungkin ada maksud dibalik penggunaan karakter orang lain tersebut, mungkin ingin menunjukkan kedekatannya dengan pemilik karakter, atau mungkin hanya ingin membuat pihak lain cemburu

Bangunlah citra karakter anda dengan roleplay anda, karena karakter anda adalah sebagian dari roleplay anda.


Semoga tutorial ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua. Semoga dapat membangun pribadi-pribadi baru yang akan menjadi tumpuan untuk kemajuan eIndonesia.



PROGRAM KAWAL-BUJEL MASIH BERJALAN
Program KAWAL-BUJEL masih berjalan, jangan ragu untuk memberikan komentar, kritik, saran, protes anda untuk presiden anda. Tiga artikel kritik terbaik akan mendapatkan hadiah yang menarik. Jangan anggap program KAWAL-BUJEL ini hanyalah sebuah lomba, namun adalah sebuah wadah untuk memajukan pemerintahan di bulan ini. Kawal lah pemerintahan bulan ini sebaik-baiknya.



Beredar isu adanya rencana reshuffle kabinet dan saya terancam di posisi saya sebagai mendiknas. Isu yang berkembang mengatakan posisi saya terancam karena saya terlalu sulit diatur, dan membahayakan pencitraan presiden dan kabinet yang lain saat ini. Terancamnya saya di posisi mendiknas tidak membuat saya gentar, saya tidak gila jabatan, bila memang nantinya isu tersebut menjadi kenyataan saya sudah siap dan sudah memberikan yang terbaik untuk eIndonesia di bulan ini.

Slogan DEPDIKNAS bulan ini,
"EMOSI MENINGKAT, KECERDASAN MENURUN"


SERUDUK ANTI-BODOH,



K A M B I N K

 

Comments

K A M B I N K
K A M B I N K Day 1,860, 22:31

KAMBINKMAXXX !!!

Dpamungkasz
Dpamungkasz Day 1,860, 22:38

KEDUAXXXXXXXXX

nubiunyu
nubiunyu Day 1,860, 22:46

om kambink, nubiunyu masih bingung soal roleplay. kalo nubiunyu sih daripada bingung2 mending komen asal sesuai mood aja. kadang unyu, kadang sok gahar, kadang sok tau, ya kadang2 gitu deh.

klo nubiunyu kok berasa roleplay nggak penting yah? minta penjelasan tambahan lagi donk soal roleplay seberapa pentingnya

Eraclev
Eraclev Day 1,860, 22:49

Yang bikin penasaran cuma 1 mbink, "mungkin ada maksud dibalik penggunaan karakter orang lain tersebut, mungkin ingin menunjukkan kedekatannya dengan pemilik karakter, atau mungkin hanya ingin membuat pihak lain cemburu"

Presiden eIndonesia
Presiden eIndonesia Day 1,861, 23:08

mungkin ada maksud dibalik penggunaan karakter orang lain tersebut, mungkin ingin menunjukkan kedekatannya dengan pemilik karakter, atau mungkin hanya ingin membuat pihak lain cemburu
==============
Dari segala kemungkinan, yg bener yg mana mbek?

Okit4
Okit4 Day 1,861, 23:26

Yang bikin penasaran cuma 1 mbink, "mungkin ada maksud dibalik penggunaan karakter orang lain tersebut, mungkin ingin menunjukkan kedekatannya dengan pemilik karakter, atau mungkin hanya ingin membuat pihak lain cemburu" 2x

neo_Ryan
neo_Ryan Day 1,861, 23:35

HELL YEAH..
1 KOTAK G HARUS 1 OTAK JUGA... INDAHNYA PERBEDAAN

S T R A N G E R S
S T R A N G E R S Day 1,861, 23:39

ANJING.. BAGUS BANGET NIH ARTIKEL, EMG GAK SALAH JEL LO PILIH MENTRI.. MANTAP BENER..

pandableduk
pandableduk Day 1,861, 23:43

mungkin ada maksud dibalik penggunaan karakter orang lain tersebut, mungkin ingin menunjukkan kedekatannya dengan pemilik karakter, atau mungkin hanya ingin membuat pihak lain cemburu

===============================

mungkin paling pas pake 'atau/dan' mbink... lebih pas pake 'dan' mungkin ya

K A M B I N K
K A M B I N K Day 1,861, 23:53

YANG BISA JAWAB PERTANYAAN NUBIUNYU GW KASIH 5 GOLD

K A M B I N K
K A M B I N K Day 1,861, 23:58

@NEO LERIAN
YAKIN SEMUA SEPENDAPAT SAMA LO??? MIAPAH???

j4k4rt4
j4k4rt4 Day 1,861, 00:16

kalo nubiunyu sih daripada bingung2 mending komen asal sesuai mood aja. kadang unyu, kadang sok gahar, kadang sok tau, ya kadang2 gitu deh.

klo nubiunyu kok berasa roleplay nggak penting yah? minta penjelasan tambahan lagi donk soal roleplay seberapa pentingnya
========

roleplay bukan sesuatu yg harus diucapkan/ dituliskan/ diakui, misalnya "iniloh roleplay gw", kalo yg kaya gitu emang ga penting banget.
tapi roleplay itu akan mengalir dengan sendirinya disetiap tarikan nafas, setiap tulisan, setiap sikap, ya kaya roleplay nya nubiunyu ini. itu yg lebih penting.
terbukti setiap komen nubiunyu, selalu membuat gw kesel, gregetan dan selalu pengen njitak ajah.

RaviMirza
RaviMirza Day 1,861, 00:46

gw sih yang penting tiap hari bisa makan aja udah cukup..

/me roleplay player kismin

Satria Pandawa
Satria Pandawa Day 1,861, 00:49

nah gini donk om, buat artikel bagus kyk gini..dr kemarin gara2 perang ga ada pejabat yg bikin artikel, paling cuma order dr vMoD..

oh ya tlg di ingat roleplay qt disini jng dibawa2 ke RL..klo dibawa itu namanya "EMOSI MENINGKAT, KECERDASAN MENURUN"

Cakradara
Cakradara Day 1,861, 01:03

Pentingnya roleplay? Bisa dijadikan sarana aktualisasi diri yang selama ini ga bisa terwujud di dunia nyata. Dalam game ini, kita bisa jadi siapa aja dengan kepribadiah yg mungkin berbeda dengan siapa kita sesungguhnya di kehidupan sehari2x. Kita juga bisa mewujudkan karakter ideal kita yg selama ini ga bisa keluar di RL krn berbagai kekangan yg ada (ie. norma sosial). Dengan roleplay, engagement kita di game ini akan meningkat dan partisipasi aktif para pemain akan mendorong kemajuan (kemunduran) eIndonesia.

ingat: eDUNIA INI PANGGUNG SANDIWARA

Canester
Canester Day 1,861, 01:26

WKWKWKWKW INI BARU ARTIKEL MANTEB!!

PILIHLAH ROLE PLAY MU DENGAN TELITI!!

def0
def0 Day 1,861, 02:53

roleplay itu penting keknya dimari, soale itu dipake oleh orang laen maupun diri kita sendiri melihat posisi char kita di dunia baru ini...apakah kita diposisi kanan, kiri, netral, extrim apapun itu

akmalaputra
akmalaputra Day 1,861, 02:55

plisss yg penting jangan ada roleplay maho : S

koeprets
koeprets Day 1,861, 03:50

ROLEPLAY ITU APAAN YA,?

SEJENIS NAMA BOYBAND KAH,?

Si Bujel
Si Bujel Day 1,861, 05:44

TAPI GUA LEBIH MENCINTAI NEGARA GUA DARIPADA SEKEDAR ROLEPLAY

HANYA BERSATU KITA BISA MENGALAHKAN CROATIA

DENGAN BERANTEM KITA BISA MERAMAIKAN MEDIA

DUA HAL YANG BERBANDING TERBALIK

Canester
Canester Day 1,861, 06:27

ANJRIT ATAS GW!!

EMANG SUNGGUH GW GAK SALAH MILIH CP!!

b e n z o
b e n z o Day 1,861, 07:02

^
^
^
wkwkwkwkwkwwk LOL

Charles_Charmichael
Charles_Charmichael Day 1,861, 07:19

itu cp bilang gitu karena lagi ngejabat atau emang gitu role playnya? jagan jangan beres ngejabat rebel lagi?

Phantom Pain
Phantom Pain Day 1,861, 07:32

serius amat maen pake role play, emg mau jadi artis y

GadjahMadaa
GadjahMadaa Day 1,861, 07:50

ini artikel serius, tapi ntah kenapa ane ngakak bacanya..

HIDUP LOLPLAY!!

si petung
si petung Day 1,861, 07:50

@charles: silakan cari komen dan artikel bujel waktu pertama jadi pres. jangan alesan blom lahir, gua juga blom lahir kok. belajar sejarah pake mata sendiri dan otak sendiri lebih asik ketimbang kata sepuh ini kata sepuh itu, emang kita kambink eh sapi yang dicocok idungnya? ; )

@nubiunyu: kalo gua jawab pertanyaan lu, lu bilang aja ngerti ya. bagi dua goldnya, jatah lu 3 dah.

K A M B I N K
K A M B I N K Day 1,861, 07:51

YANG BISA JAWAB PERTANYAAN CHARLES CHARMICHAEL 5 GOLD

nubiunyu
nubiunyu Day 1,861, 09:11

om kambink, nubiunyu ngerti jawabannya om petung

@om petung: .donate

terlepas apa itu roleplay, nubiunyu merasa terharu dan tersentak oleh komen pak pres. walau nubiunyu masih unyu, komen pak pres telah menggelorakan bara api di dalam eHati nubiunyu untuk terus bersatu dan berkontribusi bagi bangsa ini. o7

K A M B I N K
K A M B I N K Day 1,861, 10:03

SI BUJEL GA CUMA DIBONEKAIN DW TERNYATA, GAYA BAHASANYA DAH MIRIP2 DW

Si Bujel
Si Bujel Day 1,861, 10:06

@PAK MENTRI, TOLONG FOKUS KEMATERI ARTIKELNYA

JANGAN MELEBER KEMANA MANA, APALAGI BIKIN ISU MURAHAN SEPERTI ITU

ravimalekinth15
ravimalekinth15 Day 1,861, 10:52

ah itu mah ngga seberapa om.
Roleplay yang lebih mantap, yang bisa menghentikan donatur tetap untuk eIndonesia. Wkwkwk

Clara Jean
Clara Jean Day 1,861, 11:18

roleplay mode : log in, wnt, DO, log out.

K A M B I N K
K A M B I N K Day 1,861, 11:51

JELAS SUBJEK YANG SAYA BAHAS TIDAK LARI DARI MATERI PAK PRESIDEN

j4k4rt4
j4k4rt4 Day 1,861, 17:57

Charles_Charmichael Day 1,861, 07:19 itu cp bilang gitu karena lagi ngejabat atau emang gitu role playnya? jagan jangan beres ngejabat rebel lagi?
==============
iya itu cuma semasa menjabat yg sekarang aja. ga cuma ngebungkam beberapa mentrinya, tapi juga agak membungkam dirinya sendiri.

meggy z
meggy z Day 1,861, 18:29

Wanjrot,, j4k4rt4 dapet 10G...

riandraaback
riandraaback Day 1,861, 19:13

Roleplay udah paham , sekarang foreplay doongg..

a h a s r a p
a h a s r a p Day 1,861, 20:11

Gelora menulis gw bangkit, tolong gw butuh penyaluran yg tepat.

f o b
f o b Day 1,861, 20:15

@meggy z

LOL
==========
kok roleplay di laptop gue ada garis merah di bawahnya pas ngetik?

August von Faizal
August von Faizal Day 1,861, 21:49

asik nih seru liat antara menteri sama pres gak singkron.. dipajang pula dimari hehe..

Admiral Oemdi
Admiral Oemdi Day 1,861, 22:21

Udah. pecat aja tuh mentri pak.pres..... klo kambing gak ada kan masih banyak sapi.....

Bora Stojsin
Bora Stojsin Day 1,862, 23:02

sampah ini artikel pasti isinya, dari kapan sih kambink bikin artikel yang beneran artikel ? sampah doang semua, alesannya: biar media rame, alesan sampah juga, terus, gw mau juga disampahin ini orang, andai saja ada fitur banned artikel orang dari ID, udah gw banned ini artikel

Jovidesky
Jovidesky Day 1,862, 23:38

ditunggu tutorial foreplaynya

Flick1234 ashikotech
Flick1234 ashikotech Day 1,862, 23:41

yoi di tunggu gan

icaks the man
icaks the man Day 1,862, 23:47

Terancamnya saya di posisi mendiknas tidak membuat saya gentar, saya tidak gila jabatan, bila memang nantinya isu tersebut menjadi kenyataan saya sudah siap dan sudah memberikan yang terbaik untuk eIndonesia di bulan ini.

wkwkwkkwkwk

nubiunyu
nubiunyu Day 1,862, 23:57

OM PETUNG MANA GOLDNYA? o7

Sang Jahus Jarzani
Sang Jahus Jarzani Day 1,862, 00:01

/nyimak..

Kotak Amal
Kotak Amal Day 1,862, 00:15

Weeeeehhhh, masuk koran \o/

Nurmillaty A.M
Nurmillaty A.M Day 1,862, 00:18

roleplay saia . .
log in, work, kena capcay, log out. log in, work, kena capcay, log out. log in, work, akhirnya gakena capcay, train, kena capcay, log out. log in . . .

pokoknya abis itu udah terlalu males buat komen._.

Nurmillaty A.M
Nurmillaty A.M Day 1,862, 00:20

catatan : kalau kena capcay, enggak bisa ngapa-ngapa selain log out, soalnya ol lewat hape dan fitur show image di disable. sekian dan terima kasih sayang.

T R I V O
T R I V O Day 1,862, 00:45

ROLEPLAY ITU APAAN YA,?

SEJENIS NAMA MAHOBAND KAH,?

 
Post your comment

What is this?

You are reading an article written by a citizen of eRepublik, an immersive multiplayer strategy game based on real life countries. Create your own character and help your country achieve its glory while establishing yourself as a war hero, renowned publisher or finance guru.