Ambient on/off

Sign up

 

Continue

Continue By creating an account you agree to the Terms of Service & Privacy Policy

[IPDN] MARI MENGULAS “IMPEACHMENT EFFECT” BULAN INI

Day 1,896, 22:41 Published in Indonesia Indonesia by Sang Jahus Jarzani


Hail eIndonesia...!!!

Selamat Siang, Sore, Malam dan ataupun Pagi untuk eIndonesia. . .

Artikel ini adalah bagian dari tugas kelompok sebagai siswa IPDN Januari 2013 pada kelas Politik.

Artikel ini merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya http://www.erepublik.com/id/article/-ipdn-kilas-balik-perihal-law-impeachment-2200564/1/20



Dilihat dari masa kepemerintahan bang def0 bulan ini, sepertinya proposal Law Impeachment atau Pemakzulan presiden menjadi sebuah hal yang mudah dilayangkan begitu saja, tanpa adanya penjelasan yang jelas bagi seluruh rakjat mengapa hal tersebut dilakukan. Oleh karena itu kami berusaha untuk menilai dan menganalisa dari beberapa poin utama yang menjadi sorotan rakjat eIndonesia, dalam hal ini kami membagi topik menjadi empat bagian. Berikut ulasannya, semoga dapat dinikmati dan dipahami.



1. Kondisi dari efek Impeachment Jilid 2 oleh Saudara/i Amareiya
Sejarah eIndonesia mencatat, pemerintahan kali ini telah dinodai oleh dua ‘aib’ atau ‘skenario’ (kami gak tau yg bener mana) dua Impeach dalam ±2 minggu masa pemerintahan def0.
Day 1,884 impeachment kembali bergulir dan (syukurnya/sayangnya) berakhir gagal. Impeachment II ini Menyisakan tanda tanya dalam benak rakyat eIndonesia. ada apa dengan cinta? Eh sorry maksud kami, ada apa dengan pemerintahan kali ini??

Diawali impeachment I dengan slogannya yang gak lucu “joke of the day”, menimbulkan keguncangan politik eIndonesia. Politik “Lempar batu sembunyi tangan” marak didengungkan oleh politisi eIndonesia. Dan disitulah terlihat seperti apakah sosok asli pemerintahan kali ini dalam merespon suara dari rakyat eIndo, yang sampai-sampai membuat empunya artikel ini Amareiya mewakili partainya. Menyatakan kekecewaannya dengan pemerintah. Impeach kali ini mengisyaratkan akan adanya hubungan yang tidak harmonis antara pemerintah dan kongress (diluar kemungkinan adanya beberapa congressman yang iseng).

2. Kondisi 1 minggu terakhir sebelum impeachment jilid 2 oleh Saudara/i Amareiya
Seperti telah diketahui Adanya Law Impeachment tersebut merupakan yang kedua kali-nya terjadi dalam masa Pemerintahan Pak def0 (baru-baru ini sudah terjadi untuk yang ketiga kalinya).

Law Impeachment pertama dilakukan oleh Anggota Kongres dari salah satu kader Partai Pengusung Presiden itu sendiri. Entah apa yang melatar-belakangi Law Impeachment tersebut, tapi nampaknya Pak Presiden terlihat santai dan tidak mau ambil pusing mengenai perihal tersebut, seolah membiarkan hal itu dikonsumsi publik secara mentah-mentah dan menanggapi dengan kepala dingin.

Yang kedua, Law Impeachment dilakukan oleh Anggota Kongres dari Partai Independent yang merupakan Koalisi Partai Frontal (Salah Satu Partai Pengusung Presiden) itu sendiri. Pembahasan kali ini akan menitikberatkan pada Law Impeachment Jilid 2 tersebut.

Tindakan politik yang dilakukan oleh Saudara/i Amareiya pelak membuat dunia perpolitikan eIndonesia semakin memanas. Menurut kami hal ini terjadi dilatarbelakangi akan ketidakpuasan dan kekecewaan dari pihak Saudara/i Amareiya yang notabene bernaung dibawah Partai Independent terhadap kepemimpinan ePresiden terpilih, walaupun merupakan salah satu dari 7 Partai Pengusung Presiden itu sendiri.



Flash back, seminggu sebelum dikeluarkannya Law Impeachment Jilid 2 oleh Saudara/i Amareiya, roda perpolitikan eIndonesia memang sedang bergejolak akibat dari Law Impeachment Jilid 1. Banyak pengamat politik yang menyayangkan kejadian tersebut (adanya Impeach di awal kepemimpinan Presiden yang baru Terpilih) dan nampaknya tidak sedikit juga adanya pihak-pihak yang mengambil keuntungan akan peristiwa tersebut.

Pro Kontra terjadi berlarut-larut, terjadi adu (perang) “mulut” dimana-mana, baik di media, shout maupun IRC. Yang sangat tampak jelas yakni bermunculannya para Kritisi di bidang perpolitikan eIndonesia, baik yang mengkritik maupun yang berusaha untuk bersifat netral dalam menyikapi permasalahan di awal Pemerintahan Pak def0. Terlihat permainan intrik dan gonjang ganjing di dunia politik semakin kontras terjadi di eIndonesia di saat itu bahkan hingga saat ini pun hal itu masih melekat erat.

Terjangan badai yang menggerogoti Presiden Terpilih Pak def0 dan Partai Pengusungnya (Frontal) semakin hangat, bahkan semakin panas untuk diperdebatkan perihal Law Impeachment Jilid 1 tersebut. Rakyat eIndonesia seperti memaksa pemerintah untuk ikut turun tangan dalam menyelesaikan problema intern government, yang berakibat fatal akan sedikit hilangnya rasa kepercayaan, baik terhadap Anggota Kongres maupun Government itu sendiri.

Bagaimana tidak, Law Impeachment Jilid 1 dilakukan tanpa adanya koordinasi, Law tersebut dilakukan secara pribadi begitu saja dan hingga saat ini pun tak ada penjelasan yang cukup memuaskan bagi sebagian pihak dari si Pemencet Tombol Impeach Jilid 1 tersebut. Wajar saja, rakyat gerah dan geram melihat kondisi tersebut.

Namun yang sangat disayangkan yakni timbulnya Kritik Negatif yang sifatnya malah menjatuhkan sebagian orang / golongan. Bukannya bersikap membangun (kritik positif), oknum-oknum tersebut dengan segala cara dan upaya seakan-akan malah menimbulkan kegaduhan yang sangat bising di mata dan di telinga sebagian pihak.

Bagaimana tidak, banyak timbulnya kritikan daripada solusi yang ditawarkan kepada Government membuat semuanya nampak jelas. Hal tersebut berlarut, tak sedikit malah ada yang saling mengkritik di media / korannya masing-masing. Hal inilah yang terjadi sebelum keluarnya Law Impeachment Jilid 2 yang dilakukan oleh Saudara/i Amareiya. Law Impeachment Jilid 2 malah seperti terlihat kekecewaaan / ketidakpuasan sepihak terhadap Pemerintah di era kepemimpinan Pak def0. Itu pun dilakukan layaknya Law Impeachment Jilid 1, tanpa adanya koordinasi, tanpa adanya suatu diskusi, malah seakan mementingkan kelompok / golongannya masing-masing.

Apakah itu yang disebut Demokrasi dalam berpolitik?
Apakah itu yang dinamakan koordinasi yang selama ini dikoar-koarkan?


Pastilah Anda mampu menebaknya sendiri apabila telah memahami tulisan di atas.

3. Pasca Impeachment Jilid 2 oleh Saudara/i Amareiya
Paska Impeach jilid 2 yang dilakukan saudara/i Amareiya beserta penjelasan di artikelnya, ada beberapa hal menarik yang muncul paska kejadian itu, diantaranya:
A. ePresiden langsung menanggapi Law Impeach itu dengan menerbitkan koran istana, dan mengeluarkan beberapa “alasan” tidak war dan mengapa ekonomi eIndonesia terpuruk.
http://www.erepublik.com/id/article/-president-eri-sebuah-pernyataan-8-2195480/1/20

B. Muncul beberapa artikel yang sedikit menyinggung keputusan eGov sekarang mengenai diplomasi, dimana eGov dinilai hanya mengikuti aliansi tanpa memandang negara (hanya mengurus War luar dan tidak bisa menciptakan War di negeri sendiri, yang dimana membuat rakyat memunculkan slogan baru “YES MASTER”)
Korannya:
http://www.erepublik.com/en/article/-hanya-komik-curhatan-yes-master-2197342/1/20
http://www.erepublik.com/en/article/curhatan-orang-yang-ngga-bisa-move-on-2196937/1/20

C. Sedangkan yang ini menyatakan slogan eIndonesia itu dulunya “WE'RE NOT AFRAID!!, WE'RE INDONESIAN!!” mungkin sekarang harusnya “WE'RE NOT AFRAID??, WE'RE INDONESIAN??”
http://www.erepublik.com/en/article/jas-merah-2197408/1/20
http://www.erepublik.com/en/article/curhatan-orang-yang-ngga-bisa-move-on-2196937/1/20

D. Dan beberapa kritik mengenai ePresiden Def0
http://www.erepublik.com/en/article/balada-orang-pedalaman-2197978/1/20
http://www.erepublik.com/en/article/-n-i-c-a-leader-is-one-who-knows-the-way-2196981/1/20

Dan yang Terakhir, Pemerintah Juga mengeluarkan sebuah kebijakan Baru, yang diberi nama “Dewan Nasional” yang beranggotakan ketua partai.
http://www.erepublik.com/id/article/-president-eri-overhaul-9-2197999/1/20

Dan juga ePresiden langsung dikritik juga dengan kebijakan “Dewan Nasional” nya.
http://www.erepublik.com/id/article/hai-mr-presiden-terhormat-2198018/1/20

E. Selain itu masih belum adanya war, serta masih terpuruknya ekonomi eIndonesia masih mewarnai paska Impeach Jild 2 ini.
Bahkan sudah ada Impeach jild 3 yang dilakukan oleh Saudara Andifa Reborn dari partai PReI yang tanpa kejelasan, mengapa dilakukan kembali law impeachment propose, yang dimana seharusnya bang wandrip yang akan memencet tombol itu. Hehe...

4. Solusi yang mampu ditawarkan dari segi sosial, politik, ekonomi dan hubungan luar negeri
A. Sosial
Efek dari impeachment jilid tidak dapat dipandang sebelah mata bagi CP. hal ini berpengaruh terhadap mentalitas dan kepercayaan rakyat eIndonesia. efeknya lebih nyata adalah seakan-akan jabatan CP bukan sesuatu yang sakral lagi. CP haruslah menunjukkan mental seorang pemimpin bangsa. CP jangan hanya diam dan membisu melainkan mulai tunjukkan bahwasanya memang layak dipercaya dan mengemban amanah jabatan CP. mulai melanjutkan program yang direncanakan dari awal, laksanakan janji-janji kampanyemu dan mulai bersilaturahmi kepada rakyat. gunakan kekuasaanmu dan tekadmu untuk kembali menjawab kepercayaan rakyat.

B. Politik
Kalau ditinjau secara politik, tidak ada masalah diplomasi yang tidak dapat diselesaikan. bangun kembali komunikasi terhadap partai koalisi serta klarifikasi permasalahan yang ada. minta bantuan kepada partai pengusung untuk berdialog dengan partai koalisi atau membentuk koalisi baru untuk menjalankan pemerintahan. Dikarenakan momen pemilihan congman masih sudah lewat, opsi impeachtment jilid 3 sudah tepat karena menghindari impeachtment yang dilancarkan setelah pemilihan congman. lobby-lobby politik harus gencar lagi serta konsolidasi antara partai koalisi pun ditingkatkan.

C. Ekonomi
Dari segi ekonomi, eIndonesia sedang merasakan kelesuan terhadap permintaan kebutuhan item untuk perang (food dan weapon). Hal ini dapat diatasi dengan menggunakan klinik tongfang. Eh, maaf…Hal ini dapat diatasi dengan cara, minimal mengadakan training war, syukur kalau kita membuka border untuk mengusir crot dari Asia, tentunya disepakati dengan diplomasi bersama Serbia. Ataupun bisa dilakukan dengan mengambil WA(Western Aussie) untuk menambah bonus resource untuk negara kita, sehingga permintaan barang dan produksi barang bisa meningkat.

D. Hubungan International
Sempat beberapa kali pemerintah mengajukan NE ke negeri kangguru, namun sepertinya kanguru ini menolak untuk perang dengan kita, dengan dalih bahwa mereka sedang berada masa orientasi siswa, eh maksud kami masa trial di COT sehingga NE tidak didukung juga oleh saudara-saudara terdekat eIndonesia. Setelah melihat dari peristiwa tersebut para cong dan governor merapat kembali untuk membahas road map yang akan dijalankan. Nah, seharusnya di awal kepemerintahan sudah direncanakan terlebih dahulu Road Map yang akan dijalankan, agar nantinya persiapan tidak terlalu lama sampai akhir kepengurusan.



Demikianlah beberapa penjelasan dan pembahasasn kami mengulas effect dari impeachment yang terjadi pada bulan ini.

Kurang dan lebihnya kami memohon maaf yang sebesar-besarnya, jika ada kesalahan sumber / informasi, dimohon koreksinya.

Sekian dan Terima Kasih.



Tim Penyusun
Sang Jahus Jarzani - NIM : 13001101


lus mv ky - NIM : 13001103


o0Sky Walker0o - NIM : 13001104


Vega Punk - NIM: 13001105


Mr Za. Jr. - NIM: 13001106




Pancasila Harga Mati !!!

 

Comments

Sang Jahus Jarzani
Sang Jahus Jarzani Day 1,896, 22:42

Tiada PERTAMAX Diantara Kita !

lus mv ky
lus mv ky Day 1,896, 22:50

keduax dahhh xD

Au Revoir
Au Revoir Day 1,896, 23:02

Apakah itu yang disebut Demokrasi dalam berpolitik?
Apakah itu yang dinamakan koordinasi yang selama ini dikoar-koarkan?

gk salah nanya ky gini?
25% posisi kongres diamankan pake sapi msh mempertanyakan tentang demokrasi & koordinasi.
gw dr dulu udah tutup mata klo menjelang pilcong & pilpres di eIndo, cukup tau aja apa yg tim sukses kalian kerjakan di belakang sana.

Satria Pandawa
Satria Pandawa Day 1,896, 23:15

saia termasuk yg tdk setuju impeachment tanpa penjelasan dan koordinasi dg sesama cong.

saia berharap def0 sbg CP dpt mengambil pelajaran dr 3x impeachment yg gagal tsb. tp apa lacur, hingga saat ini tidak ada yg berubah, pekerjaan tdk ada, perang tdk ada, ekonomi lesu..

ternyata harapan saia kosong belaka..

Demon Waria
Demon Waria Day 1,896, 23:46

KAMI FRONTAL KARENA KAMI BRUTAL
FENOMENA FRONTAL TAKKAN PERNAH MATI
FRONTAL CELALU DI NANTI. FRONTAL GAK PAKE "I" (PAKE L LOH YA)
KALO PAKE "I" JADINYA FRONTA*

~O~

Dick Kock
Dick Kock Day 1,896, 23:49

memang susah kalau congress tidak sehati

Mr. Za Jr
Mr. Za Jr Day 1,896, 23:55

terjebak dalam lingkaran setan.

giladahgua
giladahgua Day 1,897, 00:35

uhh yeahh o/

Galih Henyem
Galih Henyem Day 1,897, 00:37

Terlalu banyak org2 Busuk di eIndonesia !

First Aid Kit
First Aid Kit Day 1,897, 00:42

^
^
^
^
si busuk komen
/me nutup hidung.....wkwkwkwk

threesecond
threesecond Day 1,897, 00:42

sungguh kontradiktif membaca koran ini
wkwkwkwkwkwkwk

Ciyus Mi Apa
Ciyus Mi Apa Day 1,897, 00:45

neo_Ryan
neo_Ryan Day 1,897, 01:06

ini yg ikut IPDN cuman SJJ aja kah?

lus mv ky
lus mv ky Day 1,897, 01:07

@neo_Ryan: itu yang tim penyusunnya anak IPDN semua xD

Diego Tugiyo
Diego Tugiyo Day 1,897, 01:27

tldr

gw selalu bingung jika dalih impeachment law harus digagalkan karena tidak ada penjelasan dan koordinasi

apa gak ada yang mikir kalo CP juga punya antek2 cong dari partenya yang membela setengah matek apapun alasannya, trus apa guna koordinasi, unutuk mencapai kesepakatan kan?

mana bisa ente sepakat ama frontod soal impeachment CP usungan mereka sendiri

Tolak Peluru
Tolak Peluru Day 1,897, 02:11

Intinya apa? Ada yg bs ngerangkumin? Cuma sejenis kaleidoskop? Dampak sosial, ekonomi, politik, hubungan international pasca impeach itu penilaian pribadi apa rakyat?

*Sosial : emng drdlu cara eIndonesia bersosialisasi ya gini (baca : seneng adu argumen)

*Ekonomi : sapi dmn2, ekonomi selalu sulit bagi nubi

*Politik : ah ga ngerti... blm bs bedain sinetron berkualitas & mana yg ga.

*Hub Inter : Drlu ga ada yg WAH, malah akhir2 ini makin ancur krn ally udh bnyk yg kliatan belangnya, makedon & chile yg ga ngasih suara di CoT sehingga amrik & aussie bs msk

Vigoroth Punk
Vigoroth Punk Day 1,897, 02:12

@Diego ..secara matematik sih bisa aja, untuk proposal impeach dterima minimal 66%..sedangkan anggota kong lain minus frontal ada 75%

a h a s r a p
a h a s r a p Day 1,897, 02:16

Itu kok NIM nya kayak anak Tekim di kampus gw.

o0Sky Walker0o
o0Sky Walker0o Day 1,897, 02:37

@ahasrap : anu juga tekim, tapi D3 :p
@threesecond : mungkin terkesan kontradiktif dikarenakan artikel ini mengandung masing2 pandangan dari penyusunnya, dan gaya bahasa dari masing2 penyusun
@tolak peluru : itu adalah analisa pribadi kita, semoga bisa mewakili para rakjat eIndonesia, apabila ada masukan sangat kami terima
@alll : makasih buat dukungan, masukan, kritik dan sarannya teman2

✯ ✯ ✯ SKYMAX✯ ✯ ✯

Arcelven
Arcelven Day 1,897, 05:12

too long didnt read

Cakradara
Cakradara Day 1,897, 05:17

@Diego: bisa aja kl ada koordinasi antar partai (75:25). Selain itu, belum tentu anggota cong dr Frontal ga mau vote yes kl ada lobby. Liat aja si SJJ ( alow bro o/ ) yg nada artikelnya mulai berubah dr impeachment pertama ke yg ketiga kmrn.

Boro-boro mau nego ama ally untuk kepentingan eIndo, nego internal cong u/impeach ePres yg notabene byk tdk disukai rakyat aja gagal... Mungkin kita (baca: rakyat eIndo) terlalu byk maen capslock en "roleplay" jd kurang ahli negosiasi n adu argumentasi secara sehat...dunno dehh

Yunus Suhendara
Yunus Suhendara Day 1,897, 06:16

mpoted . .

anto bgr
anto bgr Day 1,897, 10:34

@ahasrap, heeh mirip. cuma bedanya anak tekim di kampus situ banyak cewe yang unyu2. kalo disini..... >,<

T R I V O
T R I V O Day 1,897, 10:55

memang sudah tidak pantas memimpin eNegri ini,
bacod n planing doank... no action no visi,

Black Jackie
Black Jackie Day 1,897, 18:28

Voted Dude .

vosakz
vosakz Day 1,897, 19:58

Penyampaian data dan fakta cukup baik walau belum disajikan secara lengkap, Analisis masalah cukup komprehensif namun agak sedikit kontradiktif dengan solusi yang ditawarkan.

Keputusan, Kebijakan, dan realisasinya kurang tergambar dengan jelas. Solusi masih ngambang dan tidak "real" dalam bentuk aksi yang nyata untuk menanggulangi masalah yang ada. Namun Overall cukup baik dan layak untuk dibaca. Good Job!!!
(tp kok yg ngerjain cuma sebagian ya? yang lain g diajak?)

Hail eIndonesia \o/
Salam Perubahan... MERDEKA!!!

imobil
imobil Day 1,898, 00:18

gimana kami2 para cong yang lain mau vote yes, yg dukung kami ajak untuk diskusi di irc aja banyak ga datang dan alasan yang dipake BOng sudah siap untuk naik dan waktu ditanya apa solusi dari Bong....

GA TAHU jawabannya dan mungkin untuk beberapa hal harus di supirin... alamak... itu mah nanti sama aja dengan yang pertama so buat apa kami vote yes....

maka seperti yang saya bilang, untuk tekan tombol impeachment sebaiknya koordinasi dan lobi2 dulu semua cong biar pada jelas... kamikan bukan sapi yang seenaknya bisa kalian atur2.... jangan biasakan propose law dulu.....

nubiunyu
nubiunyu Day 1,898, 01:04

ngajak diskusi irc kan nggak bisa semuanya dateng di waktu yg sama. giliran diskusi di mass PM kongres, yg diskusi di irc nggak nyampein hasil diskus di rapatkongres.

tapi cong kemaren emang banyak yg huru-hara wara-wiri c lagian. baru nubiunyu komporin dikit buat impeach, dipencet beneran tombolna. _________/o/

plengeh.22
plengeh.22 Day 1,898, 01:19

impech lagi aje....
hehehehehe

nubiunyu
nubiunyu Day 1,898, 01:29

btw TS banyak amat duit buat beli sub
donate doong

woodward354
woodward354 Day 1,898, 02:48

Apaan pake nim segala, anak ITB yak?

Rosso Bianco
Rosso Bianco Day 1,898, 04:52

Anak Binus x, pake NIM segala. Emang mau UTS .....

CoachDimi
CoachDimi Day 1,898, 06:16

NIM di gunakan untuk Tracking Mahasiswa nantinya agar bisa dengan jelas kita cari ketika membutuhkan info mengenai Siswa itu... Ga bikin ribet kok, nim itu juga buat Absen

CoachDimi
CoachDimi Day 1,898, 06:17

eRepers Binus gath dong sini

si petung
si petung Day 1,898, 20:45

yang ipdn cuma berlima?

o0Sky Walker0o
o0Sky Walker0o Day 1,898, 22:48

@om si petung : yang ikut IPDN banyak kali om, itu kami kelas sosmedpol, nah kemarin saat ada kelas politik yang g berangkat g dapat tugas. Karena kecerobohan saya membagi jobdesk tugas ini langsung setelah kelas usai.

@nubiunyu : artikel ini g pakai voters kok, murni dari jempol ijo agan2 sekalian, termasuk nubiunyu

✯ ✯ ✯ SKYMAX✯ ✯ ✯

 
Post your comment

What is this?

You are reading an article written by a citizen of eRepublik, an immersive multiplayer strategy game based on real life countries. Create your own character and help your country achieve its glory while establishing yourself as a war hero, renowned publisher or finance guru.